Tubuh Anda Mudah Memar? Ini penyebab yang Perlu Diketahui!

Memar di tubuh umumnya terjadi karena benturan benda keras atau terjatuh dalam kondisi tertentu. Namun, jika tubuh mudah memar secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas, hal ini perlu diwaspadai.

Kondisi memar terjadi saat pembuluh darah di bawah kulit pecah, menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya. Darah yang keluar dari pembuluh darah akan menumpuk di dekat permukaan kulit dan menimbulkan bercak memar. Kondisi yang sering disebut lebam ini ditandai dengan bercak biru keungunan. Bisa terasa lunak atau bengkak saat muncul pertama kalinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penyebab tubuh mudah memar:

1. Usia Menua

Bertambahnya usia membuat kulit dan pembuluh darah menjadi lebih rapuh lantaran produksi kolagen, elastin dan beberapa lemak subkutan yang kian hari kian menurun. Akibatnya, saat sedikit saja benturan maupun cedera ringan, maka akan mudah sekali timbul memar di kulit.

​2. Sering Terpapar Sinar Matahari

Kulit yang sering terpapar sinar matahari terus menerus akan melemah dan menipis, sehingga kulit pun kehilangan kemampuannya untuk melindungi pembuluh darah Anda. Hal ini yang kemudian menjadikan Anda lebih mudah memar.

​3. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga dengan intensitas tinggi seperti angkat beban atau maraton akan mendorong kontraksi otot-otot sedemikian rupa. Pada akhirnya, hal ini dapat mencederai pembuluh darah. Anda bisa mencegah hal ini dengan melakukan pendinginan yang cukup atau mengurangi intensitas latihan.

​4. Pengaruh Obat-obatan

Obat-obatan pengencer darah bisa membuat seseorang rentan mengalami luka memar atau pendarahan. Jenis obat yang dimaksud di antaranya seperti warfarin, heparin, rivaroxaban, dan aspirin. Baiknya, konsultasikan segera dengan dokter ahli jika mendapati efek samping demikian.

​5. Kurang Asupan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi, salah satunya vitamin C bisa membuat Anda mudah memar dan dapat berpengaruh pada produksi kolagen. Saat kekurangan kolagen, maka perlindungan kulit pun berkurang. Produksi kolagen yang kurang juga membuat pembuluh darah lemah.

Tips Sederhana untuk Mengatasi Tubuh Mudah Memar 

 Minimalisir tubuh dari kondisi mudah memar. Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Hindari benturan keras yang menimbulkan cedera
  • Selalu sedia tabir surya saat melakukan aktivitas di bawah terik matahari 
  • Olahraga sesuai kemampuan, jangan berlebihan
  • Jangan sembarangan konsumsi obat-obatan, harus ada resep dokter
  • Diet sehat agar sirkulasi darah menjadi lancar
  • Penuhi asupan nutrisi sehat

Ayo, penuhi asupan nutrisi sehat untuk meminimlisir kodisi tubuh mudah memar dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kebaikan vitamin C dengan K-Vit C Plus Teavigo. Suplemen ini siap lengkapi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan membantu meningkatkan imun tubuh. Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut. Bentuk tablet effervescent membuat kebaikan nutrisi di dalamnya mudah diserap oleh tubuh. Jadi, suplemen ini cocok banget menemani aktivitas keseharian Anda dan keluarga.

Jangan sampai kekurangan asupan nutrisi vitamin C membuat tubuh Anda mudah memar. Yuk, lengkapi asupan vitamin C harian Anda dengan kebaikan K-Vit C Plus Teavigo yang segar dan menyehatkan! (Jabbar/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi