Kerap Jadi Penyebab Wasir, Baiknya Hindari Jenis Makanan Ini

Wasir atau ambeien merupakan salah satu penyakit yang bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian. Bagaimana tidak, baru duduk sebentar saja rasanya sudah sangat nyeri. Ups, apa Anda juga pernah mengalaminya?


Penyakit yang dalam bahasa medis disebut hemoroid ini terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Dilansir dari Hellosehat, penyebab wasir biasanya terjadi saat kondisi duduk terlalu lama hingga mengejan saat sulit BAB. Sampai ada juga yang menganggap terdapat beberapa makanan penyebab wasir. Faktanya makanan tidak menjadi penyebab ambeien secara langsung. Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa memperparah gejalanya sampai memicu risiko ambeien kambuh.

Jadi, Anda perlu memperhatikan menu makanan yang baik dikonsumsi, terlebih jika Anda punya riwayat penyakit wasir. Ini dia beberapa makanan penyebab wasir yang sebaiknya dihindari:

1. Makanan Kurang Serat

Makanan penyebab wasir yang pertama adalah makanan kurang serat. Kandungan serat yang rendah menyebabkan Anda mudah sembelit, sehingga bisa memperburuk kondisi wasir atau ambeien. Mulai sekarang, hindari makanan kurang serat seperti daging, roti putih, susu, keju, telur serta produk olahan lainnya.

2. Makanan Pedas

Pada saat ambeien kambuh dan bengkak, makanan pedas ada di daftar teratas untuk dihindari sampai rasa sakitnya berkurang. Kondisi ini terjadi karena makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung serta membuat rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

3. Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan berlemak menjadi jenis makanan yang sulit dicerna dibangingkan dengan makanan lain. Proses pencernaan yang lama membuat makanan semakin mengeras di perut sebelum dikeluarkan. Tak heran bila konsumsi terlalu banyak makanan berminyak dan berlemak berisiko lebih tinggi terhadap masalah pencernaan, termasuk wasir. Untuk itu, Anda perlu mengurangi makanan yang digoreng dan penggunaan minyak serta mentega. Batasi dulu makanan seperti daging dan gorengan, ya!

4. Terlalu Banyak Garam

Makanan penyebab wasir lainnya adalah makanan yang terlalu banyak garam. Makanan jenis ini bisa memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Penumpukan garam dalam darah juga bisa menyebabkan kembung, yang berpotensi membuat wasir bengkak dan lebih sensitif. Hindari dulu makanan seperti mie instan, seafood kalengan dan makanan dengan bumbu instan.

Untuk mencegah ambeien atau hemoroid agar tidak cepat kambuh, perbanyak asupan cairan dengan air putih minimal 8 gelas per hari. Pastikan pilih menu makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah dan kacang-kacangan. Ganti juga asupan karbohidrat dengan nasi merah, roti gandum serta oatmeal. Anda juga bisa menambahkan asupan food supplement seperti K-Ayurveda AyuRhoids.

K-Ayurveda AyuRhoids merupakan kombinasi herbal dari ekstrak tumbuhan seperti mimosa pudica dan corriandum sativum. Keduanya berperan sebagai anti inflamasi dan antiseptik untuk membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan wasir. Kebaikan herbal pada suplemen ini bekerja membantu mengurangi jaringan yang membengkak serta pendarahan di sekitar anus, sehingga mengurangi risiko tindakan operasi. Yuk, segera lengkapi pola makan sehat Anda dan kombinasikan dengan K-Ayurveda AyuRhoids(Dedi/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi