Ini Alasan Mengapa Susu Kental Manis Tak Dianjurkan Diseduh

Apa Anda rutin minum susu kental manis (SKM) dengan menyeduhnya dengan air? Jika iya, baiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu. Perlu Anda ketahui, susu kental manis adalah topping sajian makanan, dan tidak dianjurkan diseduh langsung karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.


Melansir dari Klikdokter, larangan menyeduh susu kental manis oleh BPOM didasari oleh kandungan di dalamnya. SKM mengandung gula cukup tinggi, sehingga tidak baik diminum dengan cara diseduh. Sayangnya, dengan berbagai alasan masih ada saja sebagian orang tua yang menjadikan SKM sebagai susu harian untuk anak. Padahal pemberian SKM sebagai pengganti ASI atau susu formula tidak dibenarkan, karena kandungannya tidak bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Sebenarnya, apa saja sih alasan susu kental manis tidak dianjurkan diseduh. Mengapa bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Tinggi Kandungan Gula

(Foto: https://www.freepik.com)

SKM mengandung gula sampai 40-50 persen. Catat, SKM bukanlah susu, tapi minuman yang terbuat dari gula dan susu. Oleh sebab itu, tidak diperuntukkan sebagai pengganti ASI, sehingga tidak boleh diberikan pada bayi hingga usia 1 tahun. Ingat bund, susu kental manis juga tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi, lho.

2. Risiko Diabetes dan Obesitas

(Foto: https://www.freepik.com)

Saat dikonsumsi berlebihan, SKM bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas karena tinggi kandungan gulanya. SKM memang bisa dijadikan sumber energi, tapi tidak tepat jika energi bersumber dari gula saja. Konsumsi gula lebih dari 10 persen energi total berisiko menurunkan sensitivitas insulin, meski tubuh memiliki batas toleransi tertentu. Hal tersebut bisa memicu hiperglikemia atau kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal dan memicu risiko diabetes.

3. Pengaruhi Kesehatan Gigi

(Foto: https://www.freepik.com)

Selain tidak bisa menjadi sumber utama gizi, asupan gula berlebih pada SKM juga berisiko merusak gigi anak-anak. Menurut piramida gizi seimbang, anak hanya diperbolehkan mengonsumsi gula sebanyak satu hingga dua sendok makan, atau setara dengan 26 gram. Terlebih, fungsi susu kental manis hanya sebagai penambah rasa pada makanan.

Itulah bahaya yang perkuat alasan SKM tidak dianjurkan diseduh. Memang dampaknya tidak instan, tetapi tak boleh disepelekan. Beralih ke yang benar-benar susu dengan nutrisi lengkap, K-C Susu Skim Bubuk bisa jadi salah satu rekomendasi yang tepat. Susu ini mengandung kebaikan kolostrum, skim bubuk dan omega-3 yang tinggi DHA. Sumber kolostrumnya berasal dari sapi New Zealand yang memiliki kualitas dan mutu terbaik.

Kolostrum pada K-C Susu Skim Bubuk berperan merangsang kelenjar getah bening (limfe) untuk menghasilkan lebih banyak sel B dan sel T. Kedua sel itu berperan memproduksi Imunoglobulin G (IgG) yang dikenal sebagai antibodi atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis patogen, termasuk bakteri dan virus. Kandungan vitamin A, E, B12 serta mineral seperti magnesium dan zinc pada kolostrum juga bermanfaat membantu perumbuhan tulang dan gigi, lho. Tenang, susu ini mengandung lemak kurang dari 1 persen saja, sehingga tidak menyebabkan risiko obesitas. Tentu saja aman dikonsumsi penderita diabetes.

Yuk, lengkapi asupan nutrisi harian dengan pilihan susu tepat, K-C Susu Skim Bubuk bisa Anda andalkan! (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi