Elementor #6947

9763

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Namun, salah satu protokol kesehatan ini membuat kondisi kulit wajah memburuk. Masker yang menutupi sebagian area wajah dalam beberapa jam membuat sebagian orang mengeluh, lantaran munculnya jerawat di area yang tertutupi masker seperti pipi, dagu, dan hidung. Jerawat ini disebut mask-acne atau maskne.

Nah, untuk meminimalisir timbulnya maskne, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Berikut ulasannya:

1. Cuci Masker dengan Tepat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ketika beraktivitas, sebaiknya gunakan masker berbahan kain yang bisa dicuci ulang. Untuk mencuci masker kain pun tak boleh sembarangan, pastikan masker dicuci menggunakan detergen dengan benar-benar bersih dan aman untuk digunakan kembali. Caranya yaitu rendam masker dengan air panas selama 5 menit, kucek masker kain secara perlahan hingga kotorannya hilang, bilas masker dengan air mengalir, keringkan di bawah sinar matahari, lalu setrika dengan suhu panas terlebih dahulu agar tidak ada lagi kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada permukaan kain.

​2. Bawa Masker Cadangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Meski bisa dicuci dan dipakai kembali, pemerintah maupun petugas kesehatan mengimbau agar masyarakat mengganti masker kainnya setelah dipakai lebih dari 4 jam agar lebih efektif. Masker juga wajib diganti apabila sudah basah atau terlalu lembap agar tidak menumpuk kuman. Oleh sebab itu, Anda perlu membawa persediaan masker apabila harus pergi ke luar rumah.

​3. Rajin Membersihkan Wajah

Tidak hanya masker kain yang harus segera dicuci, kulit wajah juga harus langsung dibersihkan setelah menggunakan masker. Gunakan produk pembersih wajah yang cocok untuk kulit Anda dan optimal membantu meminimalisir timbulnya maskne. Anda dapat menggunakan rangkaian pembersihan wajah dari K-Care Olive Love.

K-Care Olive Love diperkaya dengan kandungan tea tree oil dan salisilic acid yang membantu mencegah timbulnya jerawat. Kandungan olive oil atau minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan kulit tanpa membuatnya berminyak. Lemon extract di dalamnya juga membantu mengurangi minyak pada wajah. Tak hanya itu, kandungan castor oil pada pembersih ini membantu melembapkan serta mengurangi kerutan.  Rangkaian K-Care Olive Love terdiri dari milk cleanser, facial wash, toner, moisturizer, hingga peel off mask. Untuk perawatan mingguan, Anda bisa menggunakan peel off mask yang digunakan dua kali dalam seminggu setelah mencuci wajah dengan facial wash dan sebelum menggunakan tonerPeel Off mask sendiri berfungsi untuk mengangkat komedo dan memperbaiki tekstur kulit.

​4. Kurangi Penggunaan Makeup yang Terlalu Tebal

Untuk menyempurnakan penampilan, Anda tidak harus selalu mengaplikasikan makeup yang terlalu tebal. Makeup yang minimalis akan terlihat lebih natural dan tetap cantik, serta membuat kulit wajah tetap bisa bernapas. Anda dapat menggunakan beberapa produk dari rangkaian D’Flora Cosmetics seperti CC Cream, Loose Powder serta lipstik. D’Flora Cosmetics ini diperkaya dengan kandungan vitamin dan nutrisi dari bahan alami, sehingga selain sebagai perias wajah, D’Flora Cosmetics ini dapat digunakan sebagai skincare yang membantu menyehatkan wajah dan menghindari masalah kulit dari penggunaan makeup.

Itulah beberapa cara untuk mencegah kulit dari maskne. Lebih baik mencegah daripada mengobati, lakukan 4 cara di atas untuk mencegah munculnya maskne! (Venny/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Wajah Berminyak dan Jerawatan, Bisa Jadi Salah Pilih Bedak!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi