Cemas Efek Samping Vaksinasi? Atasi Segera dengan Langkah Ini!

Upaya pencegahan COVID-19 terus digencarkan, salah satunya dengan pemberian vaksinasi. Akan tetapi, tidak sedikit masyarakat yang masih cemas untuk melakukannya. Ditambah dengan berbagai peristiwa yang terjadi pada sebagian orang pasca vaksinasi. 

Perlu Anda ketahui, berbagai efek samping seperti rasa pegal, nyeri, pusing, menggigil hingga demam wajar terjadi saat sudah menjalani vaksinasi COVID-19. Efek samping itu normalnya terjadi dalam kurun waktu 1 – 3 hari setelah vaksin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini langkah untuk mencegah efek samping vaksinasi Virus Corona, jangan panik dulu, ya!

1. Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang optimal bisa meminimalisir efek samping, lho. Sebaiknya, hindari begadang saat sehari sebelum vaksin. Pastikan tubuh Anda punya waktu yang cukup untuk istirahat, sehingga mampu membentuk antibodi yang baik untuk menghadang Virus Corona.

2. Penuhi Cairan Tubuh dengan Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih memang hal yang sederhana, namun tak bisa diabaikan. Langkah ini terbukti efektif untuk mencegah timbulnya gejala yang tak diinginkan. Minumlah air putih yang cukup sejak sebelum berangkat menuju lokasi vaksin hingga setidaknya dua hari setelah vaksin.

3. Kompres

Untuk mengurangi rasa sakit atau bengkak pada bagian lengan yang disuntik, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin. Gunakan handuk kecil yang dicelupkan pada air dingin, kemudian tempelkan ke lengan yang sudah disuntik selama beberapa menit.

4. Tetap Aktif Bergerak

Meski sudah divaksin, tubuh harus tetap aktif bergerak, ya. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan. Hindari bermalas-malasan, karena tidak bergerak sama sekali bisa membuat otot terutama lengan menjadi kaku. Saat otot lengan menjadi kaku, lengan akan terasa sakit.

5. Minum Obat

Memang tidak direkomendasikan untuk minum obat penahan sakit sebelum vaksin. Namun, menyediakannya di rumah sebagai persiapan jika ada tanda-tanda mengalami efek samping, tetap bisa Anda lakukan.

Selain dengan langkah di atas, Anda juga bisa mencegah risiko efek samping vaksinasi dengan meningkatkan imun tubuh. K-Liquid Chlorophyll, K-Sauda VCO dan K-C Susu Skim Bubuk, ketiganya bisa Anda tambahkan sebagai penambah nutrisi untuk meningkatkan imun tubuh saat sebelum dan pasca vaksinasi. Kandungan klorofilpada K-Liquid Chlorophyll memiliki rumus struktur mirip dengan hemoglobin yang berperan penting meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh menjadikan tubuh lebih berstamina.

Sementara itu, K-Sauda VCO mengandung kebaikan thymoquinone dalam habbatussauda yang bersifat antiinflamasi. Hal ini berperan penting untuk membantu mengurangi reaksi peradangan setelah proses vaksinasi. Terakhir yang tak kalah penting adalah K-C Susu Skim Bubuk. Kebaikan kolostrumnya bekerja membantu merangsang kelenjar getah bening (limfe) untuk menghasilkan sel B dan sel T yang memproduksi Immunoglobulin G (IgG) sebagai antibodi alami untuk meningkatkan imun tubuh. Kekebalan tubuh jadi optimal, kerja vaskin pun jadi maksimal.

Itu lah langkah yang bisa Anda laukukan untuk mencegah efek samping vaksinasi Virus Corona. Hindari panik berlebihan, pastikan lengkapi nutrisi yang tepat untuk meningkatkan imun tubuh dengan K-Liquid Chlorophyll, K-Sauda VCO dan K-C Susu Skim Bubuk! (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi