5 Langkah Menjaga Kesehatan Usus yang Perlu Diterapkan!

Tahukah Anda kondisi kulit yang berjerawat, rosacea, eksim, psoriasis serta dermatitis sering menjadi tanda suatu penyakit, terutama masalah kesehatan usus Anda. Dilansir dari Antaranews, seperti dikutip Indian Express, saluran pencernaan menampung miliaran mikroorganisme termasuk bakteri menguntungkan dan jamur yang menciptakan sistem mikro-bioma.


Sistem itu berpengaruh kuat mengurangi peradangan tubuh internal, penyakit, dan gangguan yang mengancam seperti kanker, asma, serta gangguan autoimun lainnya. Tidak hanya itu, sistem juga membantu mempertahankan nafsu makan, mengembangkan kulit dan rambut yang sehat, serta secara efektif membantu mengelola berat badan optimal.

Gaya hidup tidak sehat seperti kurang tidur, pola diet tidak tepat dan stres umumnya jadi faktor yang membuat Anda sulit mempertahankan kesehatan usus. Kondisi kulit dan kesehatan usus sebenarnya bisa Anda jaga supaya selalu sehat, lho. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Buat Jadwal

Buat jadwal dengan menyisipkan waktu kerja, olahraga, dan waktu untuk relaksasi termasuk waktu istirahat sesekali. Dengan begitu, Anda bisa secara drastis mengurangi komplikasi yang berkaitan dengan usus serta selangkah lebih dekat mencapai sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Waktu Tidur yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hati-hati, kurangnya waktu tidur berisiko membuat kekacauan dalam sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Kelola Stres

Meskipun Anda tidak dapat membatasi volume stres, ada langkah-langkah untuk membatasi kerusakan yang disebabkan olehnya. Anda bisa melakukan aktivitas latihan ringan atau meditasi secara teratur.

4. Batasi Makanan Siap Saji

Mengonsumsi makanan siap saji dalam jangka waktu panjang bisa merusak usus dan memengaruhi kesehatan usus secara keseluruhan.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Aneka buah-buahan segar, sayuran, ikan, makanan laut, lemak sehat telah terbukti sangat bermanfaat bagi mikro-bioma usus, serta memiliki dampak positif jangka panjang bagi kesehatan.

Selain dengan tips di atas, jika diperlukan, Anda juga bisa menjaga kesehatan usus atau sistem pencernaan dengan menambahkan food supplement sebagai pelengkap. Suplemen makanan seperti K-Liquid Chlorophyll, Riddance dan K-Ayurveda AyuLax bisa jadi rekomendasi yang tepat. K-Liquid Chlorophyll berperan penting membantu proses detoksifikasi dengan mengikat toksin dan lemak dari dalam tubuh. Kandungan serat di dalamnya juga bantu melancarkan BAB untuk menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Sementara itu, Riddance mengandung kebaikan akar manis (Radix Glycyrrhizae Glabra) yang memiliki kemampuan sebagai laxative, membantu merangsang gerak peristaltik usus secara alami, sehingga membantu membersihkan saluran cerna dan mencegah sembelit. Rekomendasi lainnya adalah K-Ayurveda AyuLax. Rangkaian produk Ayurveda dari India ini dibuat dari ekstrak tanaman herbal alami, lho. Kebaikan bahan alami Helicteres Isora dan Cassia Angustifolia di dalamnya bermanfaat membantu penyerapan kotoran di usus serta melancarkan pencernaan, sehingga bisa melancarkan BAB.

Yuk, jaga kondisi kulit dan kesehatan usus mulai sekarang. Lengkapi juga dengan nutrisi yang tepat pada K-Liquid Chlorophyll, Riddance dan K-Ayurveda AyuLax (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi