Tubuh Mudah Lemas saat Puasa? Cegah dan Atasi dengan Cara Ini

Tidak terasa kita semua sudah bertemu kembali dengan bulan Ramadan, tepatnya di Ramadan 2022 atau 1443 Hijriah. Bagaimana apakah puasa Anda lancar? Semoga lancar selalu sampai hari kemenangan tiba. Lemes-lemes sedikit itu sih biasa, ya! Tapi…

Kondisi mudah lemas saat puasa sebenarnya hal wajar karena tubuh berhenti sementara mengonsumsi makanan, mulai sejak subuh hingga bedug magrib tiba. Numun tak bisa dimungkiri, kondisi tubuh yang mudah lemas saat puasa terkadang bisa berpengaruh pada rutinitas, hingga bisa menyebabkan Anda tidak mood melakukan apa pun, termasuk saat sedang bekerja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini yang jadi penyebab tubuh mudah lemas saat puasa:

  • Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat
  • Buruknya kualitas tidur dan tidur di waktu yang salah
  • Kurang beraktivitas fisik
  • Tidak cukup kalori
  • Kurang asupan protein
  • Dehidrasi
  • Kondisi stres kronis

Pastikan hindari hal di atas. Ayo cegah dan atasi tubuh mudah lemas saat puasa Ramadan agar puasa lancar sampai hari kemenangan tiba. Simak ulasan lengkap di bawah ini:

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Untuk orang yang menjalankan puasa, sahur sama halnya dengan sarapan. Selain keberkahan puasa ada pada sahur, sahur juga bisa mencegah kondisi tubuh lemas di siang hari. Asupan gizi yang tepat saat sahur akan membuat tubuh lebih kuat dan berenergi.

2. Konsumsi Makanan Bergizi saat Berbuka dan Sahur

Catat, apa yang Anda konsumsi saat buka dan sahur berpengaruh pada kondis tubuh. Untuk itu, penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Saat buka puasa, kadar glukosa sedang dalam keadaan rendah, baiknya konsumsi makanan manis sebanyak 15%, 30% makanan besar, dan 15% makanan kecil.

3. Jaga Cairan Tubuh agar Tidak Dehidrasi

Hal yang menyebabkan tubuh mudah lemas saat puasa salah satunya adalah kurang asupan cairah alias dehidrasi. Untuk itu, aturlah asupan cairan dengan cara minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang mulai berbuka puasa hingga makan sahur. Atau gunakan pola 2-4-2, minum dua gelas air saat berbuka, empat gelas sepanjang malam dan dua gelas saat sahur.

4. Tidur Lebih Awal, Istirahat yang Cukup

Terkadang, yang membuat lemas saat puasa Ramadan tak hanya perkara makan dan minum, tapi tidur yang tidak cukup. Apalagi, mungkin Anda harus bangun lebih pagi dari biasanya untuk sahur. Untuk itu, tidurlah lebih awal selama bulan puasa agar kebutuhan istirahat tercukupi, sehingga terbebas dari lemas selama menjalankan ibadah puasa keesokan harinya.

5. Berolahraga Semampunya

Olahraga tetap bisa dilakukan selama puasa Ramadan. Namun, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda disarankan untuk menunda olahraga hingga tiba waktunya berbuka. Dengan begitu, tubuh akan berada dalam kondisi terbaik dan Anda juga bisa minum. Tunggu 2-3 jam setelah makan untuk mulai olahraga. Jangan lupa banyak minum air saat sedang atau setelah olahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Selain dengan cara di atas, Anda juga wajib menambahkan asupan serat saat sahur untuk menambah energi sepanjang hari selama puasa. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memenuhi asupan serat saat sahur dengan menambahkan Organic K-BioGreen dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant.

Organic K-BioGreen kaya akan serat larut maupun tidak larut. Suplemen makanan tambahan ini juga mengandung kebaikan alga dunaliella, serbuk chlorella hingga 51 jenis ekstrak tumbuhan, sayuran, buah-buahan serta biji-bijian. Ragam serat di dalamnya berperan penting membantu membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga rekomendasinya dikonsumsi saat sahur untuk memenuhi asupan serat dalam tubuh.

Rekomendasi suplemen makanan tambahan lainnya terdapat pada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kebaikan spirulina (ganggang hijau biru) di dalamnya tinggi akan protein yang membantu menciptakan rasa kenyang lebih lama. Adapun kandungan vitamin B kompleks-nya berperan penting membantu meningkatkan stamina dan energi untuk menjalankan rutinitas selama berpuasa. Selain kaya nutrisi, keduanya juga praktis dikonsumsi. Cukup siapkan 1 scope Organic K-BioGreen ditambah 1 sachet K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant, lalu larutkan dengan 250 ml air, dan keduanya siap diminum.

Yuk, optimalkan ibadah puasa Ramadan Anda tahun ini. Selalu sedia Organic K-BioGreen dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant saat sahur. Puasa lancar sampai hari kemenangan tiba! (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi