Rutin Minum Kopi Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Buktinya!

Bukan sekedar minuman penghilang rasa kantuk, sekarang minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Sebenarnya, sudah sejak lama kopi menjadi minuman favorit di Tanah Air. Minuman “keren” yang satu ini juga sudah banyak disajikan di kafe, coffee shop, bahkan es kopi susu kemasan kini digemari setiap generasi. 

Dilansir dari laman klikdokter, sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer, lho. Supaya gak penasaran langsung saja, berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin. Simak ulasan di bawah ini!

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut sebuah teori, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap diabetes mellitus tipe 2. Manfaat ini sangat penting bagi kesehatan, mengingat diabetes adalah suatu penyakit yang hanya bisa dikendalikan dan tidak dapat disembuhkan total. Untuk dapat terhindar dari risiko diabetes, batasi atau jangan gunakan gula ke dalam campuran kopi Anda, ya!

2. Baik untuk Kesehatan Hati

Dilansir dari One Medical, kopi ternyata bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan hati. Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi kopi setiap hari dengan penurunan risiko sirosis hingga 20 persen. Ini bisa terjadi karena kandungan yang ada di dalam kopi bisa menurunkan enzim hati yang mampu menyebabkan inflamasi di organ tersebut.

3. Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Kronis Lainnya

Menurut The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson, demensia, sampai penyakit hati. Dengan sederet manfaatnya tersebut, sejumlah ahli menyebut minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Hal yang perlu diingat, jenis minuman kopi paling menyehatkan adalah kopi hitam tanpa krim, susu serta gula.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kafein pada kopi mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh keseluruhan. Proses tersebut esensial untuk membakar lemak ekstra. Menurut Healthline, studi pada tahun 2004 menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan pembakaran lemak. Proses tersebut akan meningkat sebanyak 10 persen pada orang yang obesitas dan 29 persen pada orang dengan berat badan normal.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Sudah bukan rahasia jika kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan kerja otak. Dilansir dari jurnal Frontiers in Neuroscience, zat bernama phenylindanes dalam kopi bisa memproteksi otak dari protein beracun penyebab penyakit otak. Hal ini akan menghindarkan Anda dari alzheimer, parkinson serta penyakit degeneratif lainnya.

6. Memicu Perasaan Bahagia

Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi kopi berhubungan dengan hadirnya emosi positif, seperti kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang dan kebahagiaan. Ditemukan juga bahwa tidak ada emosi negatif yang berhubungan dengan konsumsi kopi. Bahkan, menurut studi dari Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan, mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko depresi.

Perlu Anda ketahui, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit, menurut European Food Safety Authority adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman bersoda, atau 2 kaleng minuman berenergi. Jumlah tersebut aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, jika Anda termasuk dalam kategori berat badan kurang, maka jumlah kafein yang bisa Anda konsumsi lebih kecil dari itu.

Jadi selama tidak berlebihan, kopi masih aman untuk dikonsumsi. Bosan dengan rasa kopi yang itu-itu saja? Anda bisa coba K-Coffee Durian. Sedikit berbeda dari kopi pada umumnya, selain kadar kafein yang lebih rendah, kopi ini juga dilengkapi dengan ekstrak buah durian yang kaya antioksidan. Kombinasi unik dari “the king of fruit” alias buah durian ini punya cita rasa yang khas. Minuman yang nikmat, bergizi sekaligus menyegarkan ini cocok dikonsumsi setiap hari. Yuk, hangatkan suasana ngopi bareng dengan K-Coffee Durian! (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi