Ramadan Sebentar Lagi, Ini Sederet Manfaat Puasa yang Perlu Diketahui

Bulan Ramadan adalah bulan yang spesial karena selalu dinantikan kehadirannya, khususnya bagi umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya menahan lapar dan haus, bulan Ramadan juga membawa beragam kebaikan. Mulai dari melatih keimanan, bersedekah, meningkatkan silaturahmi, hingga mengejar ampunan dari sang pencipta.

Seperti diketahui, salah satu puasa yang umum dilaksanakan adalah puasa di bulan Ramadan. Umat muslim di Tanah Air pun akan mulai melaksanakannya dalam kurun waktu kurang dari seminggu saja. Memasuki bulan yang penuh berkah dan ampunan ini, tak ada salahnya untuk Anda mengetahui kembali manfaat puasa. Lantas, apa saja sih manfaat puasa? Simak penjelasan di bawah ini seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat puasa yang pertama ini berhubungan dengan aspek kesehatan. Dengan berpuasa, tubuh mampu mentoleransi gula jauh lebih baik, termasuk glukosa yang terkandung dalam karbohidrat. Dilansir dari Hellosehat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa bisa meningkatkan kemampuan insulin dalam mengirim sinyal ke sel tubuh untuk menyerap glukosa dari dalam darah. Dengan begitu, kondisi kadar gula darah di dalam tubuh bisa tetap terjaga.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Kondisi ini satu di antara manfaat puasa yang utama, terutama bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan terkait sindrom metabolik, yang memiliki banyak manfaat terhadap kardiovaskular secara langsung. Puasa di bulan Ramadan bisa meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah dan tekanan darah. Anda yang menderita diabetes tipe 2 atau kolesterol tinggi mungkin bisa menjalani puasa untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan terkait sesuai aturan.

3. Tingkatkan Fungsi Otak

Perubahan sumber energi untuk otak selama puasa, ternyata meningkatkan fungsi otak dalam menghantarkan sinyal-sinyal tertentu. Hal ini dibuktikan dengan dilepaskannya lemak sebagai keton ke dalam darah untuk energi. Puasa yang dikombinasikan dengan olahraga juga menunjukkan manfaat yang baik untuk otak. Keduanya dapat meningkatkan jumlah mitokondria dalam neuron. Mitokondria adalah organel sel yang menjadi tempat respirasi untuk menghasilkan energi.

4. Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal

Pembakaran tumpukan lemak menjadi energi untuk membantu mengurangi berat badan. Kondisi ini yang kemudian membuat puasa bisa memberi dampak berupa penurunan berat badan. Selain membantu mewujudkan berat badan yang ideal, penurunan berat badan juga baik untuk mengendalikan diabetes hingga tekanan darah.

5. Mengurangi Risiko Depresi

Melaksanakan ibadah puasa dapat membuat kesehatan menjadi lebih baik lagi. Hal ini tentunya akan menurunkan risiko depresi seseorang. Melansir dari Halodoc, menurut Web MD, banyak orang yang mengidap gangguan penyakit kronis mengalami depresi akibat penyakit yang dialami.

6. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat puasa di bulan Ramadan lainnya adalah bantu proses detoksifikasi tubuh. Perlu Anda ketahui, saat seseorang berpuasa sesungguhnya tubuh akan melakukan proses detoksifikasi, atau pembuangan zat-zat juga racun yang tidak diperlukan tubuh secara optimal.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ini manfaat puasa paling penting yang wajib diketahui agar senantiasa terhindar dari berbagai penyakit. Seperti dilansir dari laman resmi Kemenkes, dengan berpuasa, Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di mana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Itulah sederet manfaat puasa yang wajib Anda ketahui. Bulan Ramadan akan tiba, selain persiapan iman, pastikan juga siapkan persiapan imun. Selain menjaga pola hidup sehat, Anda juga bisa melengkapinya dengan asupan nutrisi seperti K-Liquid Chlorophyll dan K-Vit C Plus Teavigo. Keduanya bisa diandalkan untuk menjaga sisitem kekebalan tubuh selama berpuasa.

K-Liquid Chlorophyll berasal dari daun alfalfa yang mengandung air UIE (Universe Induced Energy), dan sari klorofil yang berperan membantu meningkatkan daya serap nutrisi serta energi. Sangat cocok untuk melengkapi nutrisi tubuh selama berpuasa. Sementara itu, kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau (teavigo) pada K-Vit C Plus Teavigo berperan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan, menjaga kadar radikal bebas tetap normal, dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain menyehatkan, suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut.

Yuk, lengkapi kebutuhan nutrisi selama berpuasa dengan K-Liquid Chlorophyll dan K-Vit C Plus Teavigo. Puasa lancar sampai Hari Kemenangan tiba! (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi