Tren Bersepeda Meningkat, Ini 7 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi

Gowes sepeda nampaknya jadi tren yang sedang meningkat di kalangan masyarakat. Ya, bersepeda dinilai bisa menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi COVID-19. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, sepeda juga bisa dijadikan alternatif pengganti alat transportasi yang jumlahnya sedang dibatasi di masa PSBB Transisi.

Tentu saja olahraga di masa pandemi, termasuk bersepeda sangat disarankan guna meningkatkan kesehatan tubuh. Akan tetapi, kegiatan ini juga harus dilakukan dengan cara yang aman, supaya tidak ada penyebaran virus. Walaupun belum ada larangan bersepeda saat pandemi, namun tindakan pencegahan harus tetap dilaksanakan saat bersepeda. Oke ‘goweser’, supaya bersepeda di saat pandemi tetap aman, yuk simak 7 tips berikut:

Baca Juga: Tren Wisata saat New Normal, Perhatikan 5 Tips yang Perlu Dilakukan

1. ​Pastikan Kondisi ​​T​ubuh Sehat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebelum pergi untuk gowes sepeda, pastikan dulu kondisi tubuh Anda dalam keadaan yang sehat. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dari tertular atau menularkan penyakit. Jangan memasakan diri untuk bersepeda saat Anda kurang enak badan, apalagi saat sedang sakit, karena akan sangat berisiko. Virus Corona akan mudah menginfeksi saat dalam keadaan sakit, karena sistem imun sedang lemah.

2. ​Periksa Kelayakan Sepeda

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebelum bersepeda, pastikan dulu kondisi sepeda dalam keadaan layak gowes. Pastikan ban dan rem tidak aus. Jangan lupa lumasi rantai saat selesai digunakan. Bersihkan kerangka sepeda dari kotoran dan lumpur dengan sabun cuci. Ini penting, karena kotoran bisa membuat sepeda rusak. Anda bisa memperpanjang usia sepeda dengan merawat sepeda secara rutin.

3. ​Gunakan Perlengkapan Keamanan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Meskipun kecepatan bersepeda tidak setinggi motor dan mobil, namun bukan berarti Anda aman dari cedera atau kecelakaan. Pastikan gunakan helm, pelindung siku dan lutut, sepatu dan pakaian khusus bersepeda. Eits, jangan lupa juga untuk membawa masker, hand sanitizer dan tissue basah badan kering. Pastikan masker yang Anda gunakan tidak terlalu ketat ya, agar tetap ada sirkulasi udara.

​4. ​Patuhi Rambu Lalu Lintas

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Perlu Anda ingat, bersepeda juga ada aturannya, lho. Salah satunya patuh pada rambu lalu lintas. Ingat, meskipun kamu berkendara menggunakan sepeda, bukan berarti kamu terbebas dari wajib patuh lalu lintas. Yuk, patuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.

5. ​Lebih Baik Bersepeda Sendirian

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Untuk sementara, hindari dulu bergerombol saat bersepeda. Sama dengan physical distancing, Anda juga harus menerapkannya saat bersepeda. Jika Anda takut sendiri, ajak satu teman saja, namun usahakan untuk menjaga jarak aman selama bersepeda. Jaga jarak depan belakang antara sepeda dan kendaraan lain minimal 2 meter. Pastikan pilih jalur yang menghindari keramaian dan daerah zona merah COVID-19.

6. ​Hindari Mampir

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Siapkan bekal makanan dan minuman untuk mencukupi kebutuhan selama di perjalanan. Tujuannya, untuk memastikan Anda tidak mampir atau singgah ke suatu tempat untuk meminimalkan risiko paparan COVID-19.

7. ​Gunakan Sunglasses

​Memakai kacamata hitam tidak hanya untuk bergaya saja. Penggunaan kacamata hitam atau sunglasses saat bersepeda menjadi hal yang penting, berkaitan dengan fungsinya yang vital, seperti melindungi mata dari kotoran, debu, hingga paparan radiasi sinar matahari (UV).

Penelitian juga menyebutkan, paparan sinar matahari dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko katarak yang menjadi penyebab kebutaan total sebesar tiga kali lipat. Untuk itu, pemakaian sunglasses menjadi cara terbaik untuk mengurangi risikonya. 

Pastikan kacamata yang Anda pilih dilengkapi dengan fitur UV protection seperti K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses. Metode Vacuum Forming di dalamnya efektif melindungi mata dari bahaya negatif sinar UV. Lensa polarisasi pada kacamata ini dilengkapi teknologi REVO yang efektif memblokir sinar UV.

Minimalisir gangguan kesehatan mata saat bersepeda dengan K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses. Tersedia dalam dua model Half-Rim Frames dan Wayfarer Frames. Ekspresikan diri Anda dengan 5 pilihan warna menarik, di antaranya Dark Black Gold, Dark Café, Dark Red, Shine Tortoise dan Dark Black Mirror. Yuk, gowes aman dan sehat dengan K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses! (Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi