Kesehatan Paru-paru Terjaga dengan Puasa, Ketahui Manfaatnya!

Tahukah Anda, manfaat puasa tidak hanya mengajarkan orang untuk bersabar, ikhlas dan menjauhi perbuatan dosa. Ternyata, dengan berpuasa tubuh manusia juga bisa menjadi sehat, lho. 

Banyak penelitian mengaitkan ibadah puasa Ramadan dengan meningkatnya kesehatan, salah satunya baik untuk organ tubuh seperti paru-paru. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa puasa identik dengan menurunkan bobot tubuh. Tapi, nyatanya ibadah menahan lapar dan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari ini juga baik untuk kesehatan organ paru-paru.

Lantas, apa saja manfaatnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat puasa untuk kesehatan paru-paru:

1. Membantu Perbaikan Volume Paru

(Foto: https://www.freepik.com)

Berbagai penelitian menunjukkan, faal atau fungsi paru dan pernapasan tidak memiliki perbedaan sebelum atau sesudah Ramadan. Akan tetapi, ada satu penelitian di Arab yang menunjukkan adanya perbaikan volume paru pada saat puasa Ramadan, hal ini diduga karena perbaikan berat badan.

2. Detoksifikasi

(Foto: https://www.freepik.com)

Tubuh bisa terpapar racun saat menghirup udara atau ketika mengonsumsi makanan. Beberapa racun seperti fluoride, timbal dan klorin bisa saja hinggap di dalam tubuh. Umumnya, racun ini bisa berada di timbunan lemak dan tentu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Dengan berpuasa tubuh dapat memecah timbunan lemak dan mampu mengeluarkan racun dari tubuh secara otomatis. Proses ini tentunya berdampak positif pada kesehatan paru-paru.

3. Waktu yang Tepat untuk Menghindari Kebiasaan Merokok

(Foto: https://www.freepik.com)

Puasa Ramadan bisa menjadi waktu yang tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok, lho. Tentu, hasilnya bisa berdampak baik bagi kesehatan paru-paru. Kebiasaan baik ini jangan berhenti saat berpuasa saja, tapi juga malam hari dan sesudah Lebaran. Alternatifnya, Anda melakukan kegiatan yang mampu mengalihkan keinginanmu untuk merokok.

4. Mengurangi Risiko Tuberkulosis (TB)

(Foto: https://www.freepik.com)

Menurut penelitian di Universitas Brawijaya yang dipublikasi secara internasional menemukan, puasa Ramadan pada orang sehat menyebabkan sistem imun terhadap penyakit tuberkulosis melalui peran makrofag dan sel mononuklear darah tepi untuk mengatasi penurunan kemampuan serum membunuh bakteri tuberkulosis.

Tips Perkuat Paru-paru saat Puasa Ramadan dan Pandemi

Di bulan puasa Ramadan sekaligus masa pandemi ini, semua orang masih menyimpan rasa khawatir akan Virus Corona. Untuk itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi penting dilakukan. Berikut ini tipsnya:

Di bulan puasa Ramadan sekaligus masa pandemi ini, semua orang masih menyimpan rasa khawatir akan Virus Corona. Untuk itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi penting dilakukan. Berikut ini tipsnya:

  • Berhenti merokok
  • Melakukan latihan pernapasan
  • Hindari paparan polutan
  • Olahraga ringan
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan air putih
  • Mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa melengkapinya dengan food supplement seperti K-Ayurveda AyuAsmo. Suplemen dengan ekstrak tanaman herbal India yang sudah digunakan ratusan tahun ini membantu menyediakan nutrisi pendukung bagi saluran pernapasan. K-Ayurveda AyuAsmo berperan sebagai bronkodilator (melegakan saluran pernapasan). Selain itu, suplemen ini juga bersifat ekspektoran serta berperan sebagai antivirus alami untuk membantu memperkuat sistem pernapasan, terutama paru-paru.

Kebaikan nutrisi pada K-Ayurveda AyuAsmo juga bermanfaat untuk membantu mencegah batuk, hidung tersumbat hingga menjadi nutrisi pilihan yang disarankan untuk perokok. Yuk, sayangi paru-paru Anda mulai sekarang. Lengkapi nutrisinya dengan K-Ayurveda AyuAsmo. Paru-paru sehat, puasa lancar terus sampai hari kemenangan tiba! (Dedi/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi