Skip to content Skip to footer

Hi Parents! Ini Pedoman Mengatur Screen Time untuk Si Kecil

“Screen time” menjadi istilah yang dikenal sebagian besar pengguna gadget. Melansir dari MedlinePlus, screen time adalah waktu yang dilakukan di depan layar, seperti menonton TV, bekerja di depan komputer, atau bermain video game. Sementara itu menurut laman Yankes Kementerian Kesehatan, mendefinisikan screen time sebagai waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi, menggunakan komputer, bermain video game, dan gawai.

Nyatanya, di era modern ini penggunaan gadget untuk anak sudah tidak asing. Si Kecil tak jarang memanfaatkannya untuk belajar online, mencari hiburan, hingga memperoleh informasi. Tapi perlu Anda ketahui, screen time berlebihan pada usia terlalu dini tentu tidak baik, bahkan dikhawatirkan berpotensi memunculkan pengaruh buruk bagi anak-anak. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui pedoman screen time bagi Si Kecil.

Dear parents, pemakaian gadget untuk anak harus dibatasi. Selain menjadi kecanduan gadget, Si Kecil juga berpotensi menjadi malas belajar dan hanya ingin bermain gadget seharian. Simak tips membatasi screen time untuk Si Kecil berikut ini:

1. Batasi pemakaian gadget

Cara paling mudah untuk mengurangi screen time anak-anak memakai gadget tentunya adalah dengan membatasinya, walaupun kenyataanya memang tidak semudah itu. Si kecil pasti merengek, namun lama-kelamaan mereka akan terbiasa dengan aturan yang Anda buat. Sebagai Golden Rule: 45 menit setiap hari sudah cukup.

2. Ajak anak perbanyak lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan di luar rumah selain menjauhi anak dari gadget juga dapat memberikan banyak benefit kesehatan. Dari tubuh yang lebih sehat, hingga mental yang lebih segar.

3. Atur jadwal Si Kecil agar lebih produktif

Tidak bisa keluar rumah? Tetap isi waktu anak dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Dari mengaji, membaca buku bersama, memasak bersama, dan lain lain.

4. Memakai perlindungan mata

Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa membelikan kacamata untuk anak tercinta. Kacamata yang baik adalah yang dapat melindungi mata dalam aktivitas apapun, tanpa mengorbankan kenyamanan.

Nah, kacamata mana yang tepat? Sekarang telah hadir K-ION NANO PREMIUM X, model paling modern dari barisan kacamata kesehatan nan stylish, K-Ion Nano Series. Dengan frame hitam elegan berbahan TR90 ultra-light yang fleksibel, kokoh, mengundang perhatian, dan nyaman dipakai, K-Ion Nano Premium X menjadi perlindungan kesehatan mata yang bisa Anda pakai di semua momen tanpa mengkompromikan style dan kenyamanan.

Itu dia beberapa tips agar mata anak selalu terjaga saat bermain gadget. Ingin mata si buah hari terus terlindungi? Yuk pakaikan K-Ion Nano Premium X!

Pesan Online: K-Net & DNM Mobile

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email