KELAS WA MARKETING DIGIPRENEUR

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp dengan Mudah
 
Mau mengirim pesan langsung ke banyak orang? Kalian bisa menggunakan fitur Broadcast pada aplikasi WhatsApp. Yup, Broadcast merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim satu pesan langsung ke banyak orang. Broadcast pada aplikasi WhatsApp hampir mirip dengan Broadcast pada SMS dan BBM.
 
Jika kalian ingin mengirim pesan yang sama ke 2 – 5 kontak mungkin bisa dengan cara copy paste pesan tersebut lalu langsung dikirim satu persatu ke kontak tujuan. Namun bagaimana jika pesan tersebut harus dikirim ke 200 kontak? Disinilah kalian harus menggunakan fitur Broadcast yang sudah tersedia di Whatsapp. Dengan fitur ini kalian cukup menandai siapa saja kontak yang akan menerima pesan kalian, lalu cukup sekali kirim kalian langsung mengirimkan pesan tersebut ke banyak kontak.
 
Namun ternyata masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mengirim Broadcast. Untuk kalian yang belum tau, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengirim pesan Broadcast melalui Whtsapp.
 
 
Syarat mengirim broadcast
Sebelum kita masuk ke caranya, ada tiga syarat untuk bisa mengirimkan siaran ke banyak kontak kita di whatsapp. Syarat ini sudah dijelaskan di laman https://faq.whatsapp.com/en/30046788/?lang=id
 
Pastikan semua kontak yang akan dikirimi broadcast sudah menyimpan nomor telepon kalian di daftar kontak mereka.
Tidak ada batasan atas banyaknya broadcast yang bisa dibuat.
Kalian bisa memilih hingga 256 kontak di setiap kali broadcast.
Untuk memastikan agar semua pesan dapat terkirim, disarankan untuk tidak menyiarkan sejumlah besar pesan broadcast dalam waktu singkat.
Cara broadcast Whatsapp ke semua kontak
Kalian bisa mengirim broadcast ke seluruh kontak kalian, selama persyaratan diatas terpenuhi, misalnya setiap broadcast maksimum hanya 256 kontak. Jadi, selama kontak yang ingin kalian hubungin dibawah 256, kalian bisa mengirimnya dalam 1 kali broadcast. Kalau lebih dari 256 berarti harus dipisah dalam beberapa kali broadcast.
 
Ok, langsung saja, berikut cara broadcast di whatsapp, simak dibawah.
 
1. Masuk kehalaman chat whatsapp, tap “titik tiga” dibagian atas. pilih titik tiga
2. Pilih menu “siaran baru”. Pilih Siaran
3. Pilih orang orang yang akan kalian kirimkan pesan broadcast. pilih kontak
4. Kalian akan masuk ke halaman chat seperti biasa. Tampilan Broadcast
5. Jika kalian kirim pesan, maka pesan yang kalian kirim akan masuk ke kontak yang kalian pilih sebelumnya. kirim pesan broadcast
6. Selesai.
Mudah bukan?
 
Bisakah broadcast pesan tanpa simpan nomor ?
Ada banyak pertanyaan serupa, intinya yang ingin ditanyakan disini adalah bagaimana caranya mengirim pesan broadcast ke nomor yang tidak disave di kontak ponsel kita. Iya kan?
 
Setau kami hal ini tidak bisa dilakukan. Ini karena saat kamu akan broadcast, kamu perlu pilih daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Jadi jika nomor tidak ada dikontak, seharusnya tidak bisa dikirimi broadcast.
 
Walaupun ada cara untuk mengirim pesan chat biasa tanpa simpan kontak, tapi untuk broadcast, sepertinya tidak ada. Setidaknya, di aplikasi resmi whatsapp, opsi ini tidak ada.
 
Penyebab pesan broadcast tidak terkirim
Ini salah satu masalah yang sering muncul dan juga ditanyakan terkait hal ini. Dari yang aku tau, kemungkinan terbesarnya pesan siaran tsbt tidak terkirim adalah “nomor kalian belum disimpan di ponsel orang tsbt”.
 
Ini sudah ditekankan berapa kali di situs resmi whatsapp, berikut aku kutip.
 
Hanya kontak yang telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka yang akan menerima pesan siaran Anda. Jika kontak Anda tidak menerima pesan siaran, harap memastikan bahwa mereka telah menambahkan Anda ke buku alamat telepon mereka……
 
Pastikan semua kontak di Daftar Siaran Anda telah menyimpan nomor telepon Anda di buku alamat mereka.
 
Selain itu di laman resmi whatsapp juga disarankan untuk tidak mengirimkan pesan broadcast dalam jumlah banyak dalam satu waktu untuk memastikan semua pesan terkirim semua tanpa kendala.
 
8 STEP POWER CLOSING
  1. Data Base – untuk follow up dan retargeting
  2. Rappor / Perkenalan – fleksible, ramah, asyik
  3. Hot button (cari sumber motivasi) – masalah
  4. Deep (Tekan Hot button)- libatkan emosi
  5. Solusi & Testimony – detail
  6. Harga – beri promo dan hadiah/penawaran menarik
  7. Data – alamat kirim, HP, warna,jenis yg dipesan
  8. Account Bank (Closing)
 
Database 100.000 database = we are the king
cara membuat database
Ion XXYYZZ (tgl leads masuk) nama-alamat Contoh : ION 300619 BEJO-TUBAN
 
FOLLOW UP leads, kelompokkan berdasar alasan dan tahapan closing misal : izin suami, nunggu uang, nunggu transfer, mahal
 
“Salam Kenal Kak..perkenalkan saya_______dari (FP) Terimakasih Telah menghubungi kami.. Maaf kak, boleh tahu nama kakak dan tinggal dimana?”
 
Hot button – masalah Kita adalah konsultan yang memberikan solusi Solusi => kita harus tahu masalahnya “Mohon Maaf Kak Kalau Boleh tahu, Apa Yang Menjadi Masalah Kakak Terkait Mata? Apakah Mata Kabur/Minus/Plus/Silinder atau masalah mata yang lain ? Supaya saya bisa Bantu berikan SOLUSI MATA TERBAIK buat kakak”
 
Deep (Tekan Hot button)- libatkan emosi Beri penekanan pada masalah untuk membangkitkan emosi calon pembeli
 
Masalah Mata Kakak Sudah Brapa Lama? Saya Doakan Semoga Mata Kakak Bisa Lebih Sehat, Aamiin 🙏😇——- Ok Kak.. Jangan biarkan lama-lama kak, Nanti Semakin mengganggu aktifitas kakak 🙏Kakak, Ingin Memiliki Mata yang lebih sehat kan? Saya Bantu Kakak ya? Saya berikan info solusi lengkap dengan Kacamata K-Ion Nano, Semoga bisa membantu mengatasi Masalah mata Kakak..
 
Solusi & Testimony – detail
Penjelasan tentang produk
Penguatan produk (artis dan dokter masuk) Manfaat, cara pakai, apa yang didapat customer Testimoni semua keluhan : minus kasih minus (minimal 5) Video rekomendasi dokter Doakan customer
 
BEBERAPA CONTOH POWER CLOSING
berikut link nya (klik utk masuk link telegram) :
Database, yaitu proses mengumpulkan data calon pelanggan dan menyimpannya di database. Kita bisa mendapatkan target konsumen melalui berbagai flatform online. Misalnya facebook, web iklan, instagram, tripadvisor, group WA dan yang lainnya.
Membuat daftar nama adalah versi ooffline dari memiliki database. Semakin banyak database, maka potensi bisnis semakin besar. Database versi online bisa berupa data pelanggan/konsumen, data kontak di WA, teman di FB, subscriber YT, follower IG dst. Database ini nantinya akan diolah dengan melakukan langkah berikutnya dengan melakukan presentasi dan penawaran.
Penggolongan database versi online juga ada pembagiannya dengan 3 type market Pada dasarnya calon customer dibagi menjadi 3 golongan (Cold Market, Warm Market & Hot Market). Setiap tipe market ini sebetulnya punya cara pendekatan yang berbeda-beda. Sayangnya banyak orang yang seringkali mengabaikan hal ini. So, terus gimana donk caranya?
1. COLD MARKET
Cold Market maksudnya adalah market anda belum mengenal anda & tugas anda adalah mengubah yang belum tau jadi minimal tau dulu. Nah cara jualan di market ini biasa disebut TESTING. Goal anda bukan untuk dapat penjualan dulu, melainkan untuk membuat orang itu “SADAR” dulu dengan keberadaan anda. Oleh sebab itu cara yang bisa anda lakukan, setiap anda menulis caption, akhiri dengan kalimat yang dapat memancing orang dulu untuk berinteraksi dengan anda
Contoh:
– artikel bermanfaat
– artikel humor
– bagi konten gratisan
– artikel berita
– pertanyaan
– tutorial dll
2. WARM MARKET
Tipe market ini adalah orang yang sudah tau siapa kita, namun belum pernah membeli produk yang kita tawarkan. Disinilah anda sudah bisa mulai jualan secara halus, misalnya menunjukkan testimoni foto & video dari customer yang puas, mulai menjelaskan keunggulan & keunikan dari produk kita dsbnya.
3. HOT MARKET
Tipe market ini adalah orang yang sudah kenal produk anda & sudah siap membeli produk anda. Disinilah anda sudah bisa mulai HARD SELLING. Disarankan berikan dulu harga terbaik anda untuk market yang sudah mulai masuk ke fase ini. Tujuannya agar mereka mau repeat order dulu & sebagai penjual kita pecah telor dulu.
yuk mulai sekarang :
– kumpulkan data (no whatsapp) sebanyak banyaknya, dia beli atau engga, jgn pedulikan, karena suatu saat, semua pasti akan beli.
– post rutin di status wa testi / bukti transfer (untuk meyakinkan warm market anda ), konten humor / info / berita (untuk mendekati cold market anda).
– sesekali broadcast ucapan, free konten (jika kita memberikan sesuatu secara gratis, biasanya orang merasa berhutang dan ingin membalas kebaikan kita).
pastikan save nomor whatsapp sebanyak-banyaknya, agar post anda tersebar lebih ke lebih banyak orang. dan kita akan selalu bagikan bahan untuk di post setiap minggunya. sudah berapa banyak kontak whatsapp kamu sekarang?
 
CARA MEMBERBANYAK DATABASE DI WA
 
Berikut adalah beberapa tips mendapatkan database dengan menggunakan pencarian group di google dan facebook:

Ketikkan keyword di google dengan format sebagai berikut:

  • link group whatsapp +  nama kota
  • link group whatsapp + kata kunci
  • link group whatsapp + kata kunci + nama kota
  • Contoh: link group whatsapp + Denpasar
Atau bisa juga ketikkan pola keyword seperti ini:
  • chat.whatsapp.com + nama kota
  • chat.whatsapp.com + kata kunci
  • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci
  • Contoh: chat.whatsapp.com + Denpasar
Melakukan pencarian group di facebook bisa dilakukan dengan login ke facebook terlebih dahulu, kemudian Ketikkan kata kunci di kolom pencarian facebook
  • chat.whatsapp.com + nama kota
  • chat.whatsapp.com + kata kunci
  • chat.whatsapp.com + nama kota + kata kunci
Setelah mendapatkan link group yang diinginkan, berikutnya pastikan join di group itu. Dengan bergabung dalam sebuah group tentu kita akan bisa mendapatkan nomor wa anggotanya sebagai target pemasaran.

TUTORIAL STATUS WA

TUTORIAL MEMBUAT BALAS CEPAT DI WA BISNIS

TUTORIAL AUTOTEXT aplikasi SELLY

Akademi Inspiradzi