Skip to content Skip to footer

Detoks Kolesterol dengan Cara Alami, Begini Caranya

Detoks kolesterol sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cara alami. Seperti diketahui, kolesterol yang mengendap di dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan. Faktor gaya hidup tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi kerap mendominasi.

Kondisi tersebut juga diyakini National Heart, Lung, and Blood Institute, bahwa faktor gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab utama kolesterol tinggi. Disusul oleh faktor genetika, kondisi medis tertentu, hingga obat-obatan. Berbagai cara alami kerap direkomendasikan untuk turunkan masalah kolesterol tinggi, salah satunya detoks kolesterol. Melansir dari Medical News Today dan sumber lainnya, berikut ini cara alami detoks kolesterol. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Batasi Gula dan Makanan Olahan

Gula dan makanan olahan dianggap pemicu utama penyakit kronis. Sering mengonsumsi makanan bergula dan olahan telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, kanker, hingga diabetes. Penyakit tersebut berpotensi hambat kemampuan tubuh untuk melakukan detoks alami dengan merusak organ-organ yang berperan penting, seperti hati dan ginjal.

2. Hindari Lemak Trans

Detoks kolesterol selanjutnya adalah menghindari lemak trans. Ya, lemak trans mengalami proses industri yang disebut hidrogenasi yang membuatnya padat pada suhu kamar. Contoh lemak trans seperti margarin. Lemak trans perlu Anda hindari karena berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Jika LDL menumpuk di arteri, berpotensi tingkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Rutin Konsumsi Sayur dan Ikan

Lemak jenuh tunggal pada sayuran, kacang-kacangan, dan ikan sangat tinggi, dan ini baik untuk tubuh Anda. Ya, lemak jenis ini malah memberi manfaat. Secara detail, berikut lemak baik yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kestabilan kolesterol baik yang tetap dibutuhkan tubuh, di antaranya alpukat, kacang-kacangan, hingga minyak zaitun.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih berperan membantu menyaring kotoran yang mengendap di ginjal, hati, usus, dan hasil getah bening. Air juga berfungsi meningkatkan sirkulasi tubuh. Limbah yang tersaring tersebut, lalu dikeluarkan melalui proses buang air kecil, napas, atau keringat. Pastikan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari, ya.

5. Tetap Aktif dan Tidur Cukup

Keduanya bisa diandalkan untuk membantu detoks kolesterol. Aktif bergerak akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori, meningkatkan metabolisme tubuh, dan terbukti mampu menurunkan kolesterol. Anda bisa memilih olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda dan lainnya. Selain itu, Anda wajib mencukupi kebutuhan tidur selama 6-7 jam per malam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Detoks Kolesterol dengan Makanan Kaya Serat

Serat membantu tubuh untuk melawan kolesterol jahat. Serat bekerja di dalam tubuh dengan menyerap air untuk membuat semacam gel di saluran pencernaan. Serat tersebut yang kemudian bisa meluruhkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Kebaikan serat bisa ditemukan di buah-buahan, sayuran, oatmeal, hingga kacang polong.

Itu dia cara alami detoks kolesterol yang bisa Anda lakukan. Selain dengan cara di atas, jika perlu, proses detoks alami juga bisa dibantu dengan menambahkan suplemen makanan tambahan seperti K-Liquid Chlorophyll. Tidak hanya kaya akan serat, minuman kesehatan dari daun alfalfa K-Liquid Chlorophyll ini juga bermanfaat bantu mengurangi kadar kolesterol.

Klorofil berperan membantu turunkan kadar renin dan dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Yuk, mulai tinggalkan gaya hidup tidak sehat yang merugikan. Segera beralih ke pola hidup sehat bebas kolesterol jahat. Jangan lupa, optimalkan kebaikan nutrisinya dengan K-Liquid Chlorophyll!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email