Skip to content Skip to footer

Aktivitas Fisik Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Ayo Rajin Gerak!

Kaum rebahan wajib tahu, timbulnya penyakit akibat malas bergerak bukan sekadar mitos. Ternyata, kebiasaan ini berisiko mendatangkan penyakit, seperti kardiovaskular, obesitas, osteoporosis, hingga gangguan fungsi kognitif. Padahal, risiko tersebut bisa dicegah dengan manfaat aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari laman WHO, aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Hebatnya, manfaat aktivitas fisik juga bisa Anda rasakan saat memasuki usia lansia. Jadi, sudahkah Anda mulai untuk rutin olahraga meski itu hanya sekadar olahraga ringan? Ayo rajin gerak, buang jauh-jauh kebiasaan malas bergerak karena hal ini bisa membuat Anda sadar akan kesehatan tubuh!

1. Mencegah Risiko Berbagai Penyakit

Menurut laman Centers for Disease Control and Prevention, manfaat aktivitas fisik tak hanya menjaga kebugaran tapi bisa mencegah berbagai penyakit. Seperti bersepeda, berlari kecil, atau berjalan cepat setidaknya 150 menit seminggu, berisiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, hingga kecemasan.

2. Perkuat Tulang dan Otot

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan otot harus ekstra dijaga untuk menopang dan membantu Anda bergerak. Anda bisa mencoba yoga untuk membantu melatih kelenturan dan kekuatan tulang. Selain itu, jalan kaki dan jogging juga bisa bantu mengencangkan tulang dan otot, hingga bantu cegah trauma serta cedera.

3. Meningkatkan Mood

Menurut Mayo Clinic, sesi gym atau jalan cepat dapat membantu mengatasi stres Anda. Aktivitas fisik jenis ini merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan tidak terlalu cemas. Makin percaya diri, mood pun meningkat.

4. Peningkatan Energi

Aktivitas fisik seperti olahraga bantu memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Lalu, ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda meningkat, Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

5. Tingkatkan Kualitas Tidur

Menurut Journal of Adolescent Health menyebutkan, rutin melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki secara teratur di pagi hari, menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak. Olahraga diketahui memicu peningkatan suhu tubuh serta penurunan suhu setelah olahraga dapat menyebabkan tertidur. Rutin olahraga lari juga akan membuat Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

6. Mengontrol Berat Badan

Melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga bantu tingkatkan kadar oksigen dalam darah, sehingga dapat meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Semakin tinggi frekuensi olahraga, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Tak perlu pergi ke tempat fitnes, lebih memilih tangga daripada lift juga sudah cukup. Yang terpenting adalah konsistensi Anda untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengontrol berat badan.

Hindari kebiasaan malas bergerak dan mulai perbanyak aktivitas fisik. Pastikan pola makan sehat Anda juga terpenuhi. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan K-C Susu Skim Bubuk sebagai nutrisi pendamping saat melakukan aktivitas fisik. K-C Susu Skim Bubuk mengandung kebaikan kolostrum, skim bubuk dan omega-3 yang tinggi DHA.

Kolostrum pada susu ini mengandung kebaikan mineral kalsium yang berperan penting membantu mendukung pertumbuhan tulang, hingga membantu mencegah risiko osteoporosis. Yang tak kalah penting, kandungan omega-3 yang tinggi DHA di dalamnya juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung serta sistem saraf. Kabar baiknya, susu ini dibuat tanpa pemanis gula dan rendah lemak, sehingga bisa direkomendasikan sebagai susu pendamping diet. Yuk, atasi rasa malas bergerak biar manfaatnya dapat segera dirasakan. Selalu sedia K-C Susu Skim Bubuk untuk temani rutinitas Anda!

Artikel Rekomendasi : Diet Rendah Lemah dengan Minum Susu

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email