Ajarkan Anak-anak Kebiasaan Cuci Tangan yang Benar, Begini Tipsnya

Aktivitas cuci tangan menggunakan sabun terbukti bisa mencegah beberapa penyakit menular, seperti diare, typhoid bahkan hingga ke penularan COVID-19. Terlebih di masa pandemi ini, setiap orang wajib menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.


Perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya cuci tangan menggunakan sabun wajib diajarkan kepada buah hati Anda. Mengingat sebagian besar anak-anak juga sudah memulai rutinitas pembelajar tatap muka di sekolah. Bukan hal mudah memang untuk mengajarkan anak-anak rajin cuci tangan. Anda harus lebih kreatif membujuk anak untuk memulai kebiasaan ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips mengajarkan anak-anak kebiasaan cuci tangan yang benar. Simak ulasan lengkap di bawah ini:

1. Jelaskan Alasan di Balik Pentingnya Cuci Tangan

Berikan informasi dasar yang harus diketahui dan diajarkan kepada si kecil agar menjadi kebiasaan sehat. Beri tahu alasan di balik pentingnya cuci tangan. Jelaskan bahwa cuci tangan bisa menghilangkan kuman yang membuatnya sakit.

2. Buat Proses yang Menyenangkan

Buat proses mengajarkan cuci tangan dengan menyenangkan. Sediakan sabun kemasan dengan warna yang menarik atau yang memiliki aroma buah. Pastikan wastafel wajib bisa diakses oleh anak-anak. Jika wastafel terlalu tinggi untuk anak, sediakan anak bangku kecil agar ia bisa meraih keran dan sabun.

3. Berikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Tunjukkan pada anak-anak cara menggosok tangan dengan benar. Cuci sela-sela jari, bagian atas tangan, dan di bawah kuku (bukan di telapak tangan saja). Beritahu tentang bagaimana dan berapa lama mencuci tangan yang benar. Tunjukkan pada si kecil teknik menggunakan air dan jumlah sabun yang tepat.

4. Tunjukkan Bahwa Anda Juga Rajin Cuci Tangan

Anak-anak sangat pandai meniru. Dengan begitu, orang tua harus memberikan contoh dan teladan yang baik agar si kecil belajar. Dengan rutin mencuci tangan di depan si kecil, itu tidak hanya menunjukkan teknik mencuci tangan yang tepat, tapi juga menunjukkan betapa itu kebiasaan sehat yang penting.

5. Sambil Bernyanyi

Sembari cuci tangan menggunakan sabun, Anda boleh coba berikan sentuhan nada-nada agar menciptakan suasana yang nyaman bagi anak-anak. Lagu-lagu yang disukai oleh si kecil akan membangkitkan mood jadi lebih bahagia. Ciptakan irama dengan pola yang sama dan mudah diikuti oleh anak-anak, sehingga semakin menyenangkan.

Itulah 5 tips mengajarkan anak-anak kebiasaan cuci tangan yang benar. Ingatkan selalu si kecil untuk cuci tangan sebelum dan setelah melakukan beragam aktivitas, ya! Selain mengajarkan kebiasaan baik cuci tangan pada anak-anak, pastikan juga nutrisinya terpenuhi dengan makanan begizi tinggi serta lengkapi dengan kebaikan nutrisi pada K-Kids dan K-Ion Nano Kids.

Kebaikan omega-3, minyak hati ikan kod, vitamin A dan D pada K-Kids membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga imunitas, sehingga tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Kandungan omega-3 di dalamnya membantu meningkatkan kinerja otak dan pembentuk sel mata dan syaraf. Selain itu, kandungan vitamin A baik untuk kesehatan mata si kecil serta kaya antioksidan.

Lindungi juga penglihatan anak dengan K-Ion Nano Kids. Kacamata ini dilengkapi ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh untuk membantu mengurangi ketegangan mata akibat sinar radiasi gadget. So, kacamata ini siap membantu menjaga kesehatan mata si kecil. Yuk, terapkan kedisiplinan pola hidup bersih dan sehat pada anak dengan langkah yang tepat! (Dedi/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi