5 Fakta Unik Tentang Mata yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Mata menjadi salah satu indera manusia yang tidak akan pernah tergantikan fungsinya. Walaupun bentuknya kecil, namun organ yang sangat kompleks ini selalu manusia libatkan dalam menjalankan rutinitas. So, sudahkah Anda menjaga kesehatan mata?

Pemahaman terbaru tentang mata pun kian hari semakin berkembang di tengah kemajuan pesat pengetahuan dan teknologi. Selain fungsinya yang tak tergantikan, terdapat juga fakta unik sekaligus menarik dari mata yang jarang diketahui banyak orang. Apa saja itu? Berikut ini fakta unik tentang mata seperti dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: https://k-link.co.id/computer-vision-syndrome-definisi-gejala-hingga-cara-mencegahnya/

1. Bayi Belum Memproduksi Air Mata

Sadarkah Anda ketika bayi menangis, namun uniknya bayi tidak bisa mengeluarkan air mata? Ya, anak bayi biasanya baru dapat memproduksi air mata pada usia kurang lebih 6 minggu atau 2 bulan. Lalu, ternyata semakin tua usia manusia, produksi air mata akan semakin sedikit.

2. Berkedip 20 Kali Per Menit

Melansir Healthline, rata-rata manusia berkedip 15 sampai 20 kali per menit. Berkedip membantu mata agar tetap sehat dengan menjaganya tetap teroksigenasi dan lembap, serta membersihkan kotoran. Setiap kali kelopak mata menutup, sekresi dari kelenjar air mata menyapu permukaan mata, membuang partikel debu kecil, dan melumasi bagian bola mata yang terbuka.

3. Otot Tercepat

Fakta unik dari Cleveland Clinic mengatakan, bahwa mata memiliki enam otot yang perlu Anda ketahui. Ya, semua otot ini merupakan otot tercepat di tubuh. Gerakan otot ini lebih cepat dibandingkan otot lain.

4. Mata Berwarna Cokelat yang Paling Umum

Melansir dari ADV Vision, diperkirakan sejumlah 10 sampai 79 persen orang di dunia memiliki mata berwarna cokelat. Sekitar 8-10 persen bermata biru, dan 2 persen memiliki mata berwarna hijau.

5. Punya Jutaan Komponen yang Kompleks

Adapun fakta unik yang terakhir adalah mata memiliki jutaan komponen. Setuju nggak jika mata memiliki komponen yang sangat kompleks dan membingungkan? Ya, mata memiliki lebih dari satu juta komponen berbeda-beda yang berada di dalamnya. Kondisi ini yang membuat mata mampu mengidentifikasi berbagai warna dan bentuk berjuta-juta objek.

Itulah 5 fakta unik tentang mata yang mungkin belum banyak orang tahu. Pastikan jaga selalu kesehatan mata agar fungsi penglihatan tetap optimal, terutama bagi Anda pengguna perangkat gadget. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan kacamata K-Ion Nano, K-Ion Nano Premium 5 dan K-Ion Nano Premium 7.

Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh pada ketiganya punya peran penting untuk membantu mata agar tidak mudah lelah, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mata. Lensanya dilengkapi tiga fitur unggulan, di antaranya Anti Sinar UV, Anti Fog dan tentu saja Anti Blue Ray untuk membantu menangkal efek sinar biru yang bisa merusak mata. Desain yang ergonomis menambah kenyamanan bagi pemakainya. Kacamata yang trendy dan stylish ini cocok digunakan di segala kondisi.

Semoga fakta unik di atas kian menambah pengetahuan Anda akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Punya mata sehat jadi lebih semangat mengeksplorasi, yuk ekspresikan diri Anda dengan K-Ion Nano, K-Ion Nano Premium 5 dan K-Ion Nano Premium 7!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/bahaya-sinar-biru-di-balik-kebiasaan-menggunakan-gadget/

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi