Waktu Tidur Ideal untuk Anak Berdasarkan Tahapan Usia, Catat Bund!

Tidur merupakan kebutuhan setiap indvidu, tak terkecuali bagi anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, tidur sangat berperan penting untuk tumbuh kembang serta aktivitas regenerasi sel tubuh si kecil. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh anak bekerja saat sedang kondisi tidur.


Sebagai orang tua, tentu saja Anda perlu memperhatikan kebutuhan waktu tidur ideal bagi anak-anak. Jangan hanya menyuruh anak-anak tidur pada jam yang sudah ditentukan saja. Anda juga perlu memastikan si kecil bisa tertidur dengan cepat, tetap tertidur sepanjang malam, dan terbangun dengan suasana yang sudah segar di pagi harinya. Ya, kebutuhan waktu tidur ideal anak juga berbeda-beda setiap usianya, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kebutuhan waktu tidur ideal anak berdasarkan tahapan usia, catat ya bund!

1. Tahapan Usia 0 – 3 Bulan

Bayi yang baru lahir umumnya belum memiliki jam biologis untuk tidur. Dalam sehari mereka bisa menghabiskan waktu tidur selama 15 sampai 16 jam.  Periode tidurnya pun berbeda-beda. Mulai dari beberapa menit hingga berjam-jam setiap harinya.

2. Tahapan Usia 4 – 11 Bulan

Periode yang penting untuk membentuk pola tidur sehat. Kini, pola tidur si kecil sudah lebih mirip orang dewasa. Idealnya, anak tidur 15 jam sehari. Tidur siang yang semula 3 kali sehari bisa berkurang menjadi 2 kali saat anak berusia 6 bulan. Durasi tidur singkat biasanya 30 menit hingga 2 jam tiap sesinya. Biasanya, mulai usia 9 bulan, kebanyakan bayi mulai bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun.

3. Tahapan Usia 1 – 2 Tahun

Di periode ini, waktu tidur yang dibutuhkan anak-anak berkisar 11 sampai 14 jam. Sesi tidur singkat juga berkurang menjadi satu kali saja dengan durasi 1 hingga 3 jam. Hindari tidur singkat yang terlalu dekat dengan waktu tidur malamnya. Ini bisa menggeser waktu tidur si kecil pada malam hari. Anda juga harus waspada karena anak akan mulai mengalami sulit tidur atau terbangun akibat mimpi buruk.

4. Tahapan Usia 3 – 5 Tahun

Anak-anak pada usia ini biasanya tidur selama 11-13 jam setiap malam. Umumnya setelah menginjak usia 5 tahun, sebagian besar anak tak pernah lagi tidur singkat di siang hari. Pada periode ini, daya imajinasi anak semakin berkembang. Hal ini menyebabkan ia mudah mengalami mimpi buruk.

5. Tahapan Usia 6 – 13 Tahun

Pada tahapan usia ini, anak-anak wajib membagi waktunya dengan beragam kegiatan. Seperti sekolah, pekerjaan rumah sampai bermain bersama teman. Pastikan anak-anak mendapatkan waktu tidur ideal 9-11 jam agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Catatan penting bagi orang tua, batasi ketertarikan si kecil pada tayangan televisi dan game yang bisa membuatnya susah tidur.

Mulai sekarang, pastikan anak-anak Anda mendapatkan waktu tidur ideal. Selain itu, Bunda juga bisa mengandalkan K-Kids, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-COCO untuk membantu menjaga kekebalan tubuh si kecil. K-Kids mengandung kabaikan multinutrisi yang diformulasikan untuk anak. Kandungan minyak hati ikan kod, omega-3, vitamin A dan D di dalamya berperan membantu tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh buah hati Anda.

Selanjutnya ada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Makanan kesehatan ini mengandung spirulina yang tinggi kandungan vitamin. Salah satunya adalah kebaikan vitamin B6 untuk membantu meningkatkan produksi antibodi. Kandungan vitamin A, C, E dan betakaroten di dalamnya juga bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel sehat dari radikal bebas yang bisa melemahkan imunitas.

Terakhir yang tak kalah penting ada kombinasi susu kambing etawa, dark chocolate dan gula aren pada K-COCO. Susu ini kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk tumbuh kembang anak. Antioksidan proantosianidin di dalamnya berperan membantu meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Yuk, lengkapi asupan makanan bergizi si kecil dengan kebaikan nutrisi pada K-Kids, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-COCO (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi