Skip to content Skip to footer

Tips Mengajarkan Table Manner pada Anak-Anak, Terapkan Kebiasaan Baik Ini

Table manner atau pelajaran tata krama di meja makan wajib diketahui anak-anak untuk bekal di masa depannya. Dengan belajar kebiasaan baik ini, si kecil akan terbiasa menghadapi interaksi sosial dengan menunjukkan sikap sopan santun.


Walaupun terdengar sepele, nyatanya table manner akan sangat berguna saat anak-anak beranjak dewasa. Saat dewasa nanti, tentu saja si kecil akan menghadapi berbagai pertemuan dengan orang lain, termasuk momen makan bersama. Meski tak semudah yang dibayangkan, sebagai orang tua Anda wajib mengajarkannya. Tenang, ada tips sederhananya, kok. Yuk, ajarkan anak-anak tata krama di meja makan dengan menerapkan kebiasaan baik berikut ini.

1. Sebelum Makan Harus Rapi dan Bersih

(Foto: https://www.freepik.com)

Penting bagi si kecil untuk selalu datang dengan keadaan bersih dan rapi ketika hendak makan. Baik itu makan pagi, makan malam, maupun makan siang. Hal ini menjadi langkah utama dalam mengajari anak soal table manner, Bun. Contohnya, ajari anak untuk selalu mandi sebelum makan malam atau cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini tidak hanya sekadar menandakan rasa hormat pada orang yang menyiapkan makan atau siapa saja yang hadir dalam meja makan tersebut. Namun, juga penting dilakukan agar menjadi kebiasaan baik bagi si kecil agar selalu mengingat bahwa kebersihan itu sangat penting.

2. Jangan Lupa Berdoa

(Foto: https://www.freepik.com)

Berikan pengertian kepada anak-anak bahwa berdoa adalah kebiasaan baik yang harus dilalui dengan khidmat. Jadi saat seseorang memimpin doa makan bersama, ajari anak-anak untuk menunduk dan tidak berisik. Selain itu, penting juga untuk mengajarinya agar tidak buru-buru makan sebelum semua orang duduk di kursi dan dipersilakan.

3. Tidak Bicara saat Mulut Penuh

(Foto: https://www.freepik.com)

Ya, meja makan sering menjadi momen komunikasi bagi orangtua dan anak. Momen ini juga bisa mengajarkan anak untuk menjawab pertanyaan ketika mulut sudah kosong dari makanan. Jelaskan dengan lembut bahwa tidak ada yang mau melihat makanan di mulutnya saat si kecil makan, serta mengobrol dengan mulut yang masih penuh makanan bisa berisiko menyemburkan makanan ke mana pun.

4.Latih Keterampilan Berbicara

(Foto: https://www.freepik.com)

Pada saat mengajari anak soal table manner, Bunda juga perlu memerhatikan keterampilan berbicara. Bisa saja, anak berbicara hal yang buruk yang biasanya terjadi ketika si kecil mulai memasuki usia sekolah. Untuk itu, Bunda bisa menjelaskan serta melatih pembicaraan apa yang cocok dan jawaban yang dapat diberikan. Biasakan anak berlatih seni percakapan dan mendengarkan secara aktif di rumah. Hal ini akan membantu melatih si kecil untuk mengembangkan keterampilan berbicaranya.

5. Stop Main Gadget di Waktu Makan

(Foto: https://www.freepik.com)

Momen makan bersama harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berkumpul dengan keluarga. Demi pengalaman makan yang baik, Bunda harus mengajari anak untuk fokus makan tanpa gadget. Cobalah buat game sederhana. Seperti, orang yang mengeluarkan gadget paling pertama di meja makan dapat hukuman harus mencuci piring.

6. Terus Latihan dan Berikan Apresiasi

(Foto: https://www.freepik.com)

Bagi anak-anak usia sekolah, suka memilih makanan, menghabiskan makanan dengan lambat, serta suka mencari perhatian adalah hal biasa. Dalam hal ini, kunci untuk menanamkan tata krama di meja makan yang baik adalah latihan. Saat si kecil lupa, Bunda bisa mengingatkannya untuk menerapkan table manner yang sudah diajari. Lalu, ketika anak melakukan table manner dengan benar sesuai dengan yang telah diajarkan, jangan lupa puji dan ucapkan terima kasih, ya. Bunda juga bisa memberi penghargaan, contohnya seperti memasak makanan favorit untuknya.

Supaya semakin fokus mempelajari kebiasaan baik dan hal baru dalam hidupnya, pastikan penuhi juga nutrisnya. Selain dengan makanan bergizi, jika perlu, Anda juga bisa menambahkan kebaikan multivitamin seperti K-Kids dan K-Trecious Botanical Beverages Mix Blackcurrant. K-Kids mengandung kabaikan multinutrisi yang diformulasikan untuk anak. Kandungan minyak hati ikan kod, omega-3, vitamin A dan D di dalamnya berperan membantu tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh buah hati Anda.

Rekomendasi lainnya ada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Minuman kesehatan ini mengandung spirulina yang tinggi kandungan vitamin. Salah satunya adalah kebaikan vitamin B6 untuk membantu meningkatkan produksi antibodi. Kandungan vitamin A, C, E dan beta karoten di dalamnya juga bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel sehat dari radikal bebas yang bisa melemahkan imunitas. Yuk, ajarkan anak kebiasaan baik sejak dini. Selalu sedia K-Kids dan K-Trecious Botanical Beverages Mix Blackcurrantuntuk melengkapi asupan nutrisinya! (Angga/Jody) 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email