Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Buat yang Hobi Maraton Film

Rutinitas menonton film kerap digandrungi banyak orang dari berbagai generasi. Mulai dari generasi milenial sampai gen Z, semua ramai-ramai berlangganan aplikasi streaming berbayar sebagai alternatif menonton film. Kebiasaan maraton film pun sulit dihindari hingga berisiko mengganggu kesehatan mata.

Maraton film atau binge watching merupakan rutinitas menonton film atau serial dalam waktu lama secara terus-menerus.  Ya, kegiatan ini dianggap mengasyikan bagi banyak orang, bahkan hingga menimbulkan kecanduan. Namun tahukan Anda, bahwa binge watching bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Terutama bisa mengganggu kesehatan mata. Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, kebiasaan menonton dalam waktu lama, tidak hanya mengganggu pola tidur saja, tapi berpengaruh pada kesehatan mata.

Supaya mata tetap sehat saat maraton film, berikut tips menjaga kesehatan mata seperti dilansir dari berbagai sumber. Ingat, mata Anda perlu istirahat juga!

Baca Juga: https://k-link.co.id/ternyata-buah-goji-berry-baik-untuk-kesehatan-mata-lho/

1. Beri Jeda Menonton

Istirahatkan sejenak mata dengan memberikan jeda menonton, setidaknya beri jeda 10-20 menit untuk istirahatkan mata. Cukup dengan pejamkan mata Anda sebentar atau meninggalkan tontonan dan melakukan aktivitas yang lain.

2. Metode 20-20-20 + 3D (Distance, Direction, Duration)

Metode ini mengharuskan Anda memberi satu kali jeda setiap 20 menit, dan memandang objek lain dengan jarak 20 feet (sekitar 6,1 meter) selama 20 detik. Ingat, hindari menatap layar dengan posisi sembarangan. Usahakan untuk menonton searah lurus dengan layar monitor. Jaraknya sekitar lima kali jumlah lebar layar. Contohnya TV 32 inci dikali 5, maka jarak idealnya 160 inci (sekitar 4 meter). Sementara untuk durasinya kurang lebih sama dengan metode 20-20-20. Selalu ambil jeda setiap 20 menit sekali.

3. Atur Frekuensi Kedipan

Tanpa Anda sadari, fokus menonton film berpotensi membuat refleks berkedip menjadi menurun. Melansir dari Klikdokter, usahakan untuk lebih sering berkedip meskipun Anda sedang ada dalam konsisi fokus mengikuti cerita yang sedang disaksikan.

4. Hindari Menonton di Kondisi Gelap

Maraton film sambil tiduran di kondisi gelap memang seru layaknya bioskop pribadi. Namun hal ini berisiko menyebabkan sakit kepala dan mata tegang. Walaupun tidak membuat kerusakan mata permanen, namun hal ini sebaiknya tidak sering dilakukan. Baiknya, segera istirahatkan mata dangan memejamkannya atau menempelkan irisan timun dingin agar mata lebih segar.

5. Tidur yang Cukup

Tidur dengan cukup pun baik bagi kesehatan mata, lho. Saat kurang tidur, tidak hanya badan saja yang terasa lemah namun mata pun menjadi sayu, kering, dan lelah. Untuk itu, tidur yang cukup berperan penting membantu merehatkan mata sejenak setelah dipaksa untuk seharian maraton film.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Selain dengan tips di atas, asupan makanan sehat untuk menunjang kesehatan mata pun diperlukan. Anda juga bisa menambahkan suplemen khusus mata seperti iBRIGHT. Minuman konsentrat berperisa blueberry ini mengandung kebaikan blackcurrant, black sesame seeds, dan black prune yang tinggi antioksidan.

Antioksidan yang terkandung dalam blackcurrant baik untuk membantu tingkatkan aliran darah melalui saraf optik. Sedangkan black sesame seeds tinggi kandungan vitamin E untuk membantu mengurangi kadar radikal bebas, terutama pada mata. Sementara itu, black prune kaya akan vitamin A yang berperan penting membantu menjaga kesehatan dan kelembapan mata.

Satu yang tak kalah penting, iBRIGHT didukung teknologi fermentasi Enzyme 2.0 Blackzyme dan double nutrisi, sehingga ukuran partikelnya sangat kecil, yaitu 1-3 micro level yang membuat nutrisinya akan mudah terserap secara optimal oleh tubuh. Yuk, bantu cegah risiko kerusakan mata dengan konsumsi iBRIGHT 1-2 sachet per hari. Mudah dan praktis, bukan? Menonton film sebenarnya sah-sah saja. Yang penting Anda harus sadar akan kesehatan mata. Mulai sekarang, sayangi mata Anda dan lengkapi kebutuhan nutrisinya. iBRIGHT what eye need!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/jangan-biarkan-ketagihan-nonton-drakor-mengganggu-kesehatan-mata-anda/

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi