Skip to content Skip to footer

Meski Pahit, Beragam Makanan Ini Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Pada dunia kuliner, makanan dengan citarasa pahit tentu saja kurang diminati banyak orang. Tapi, siapa yang menduga bahwa beberapa makanan pahit memiliki khasiat tersendiri. Salah satunya untuk daya tahan tubuh. 

Menurut Healthline, makanan pahit mengandung kebaikan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari pencegahan untuk penyakit kanker, jantung, diabetes, dan penyakit lainnya ternyata bisa didapatkan saat Anda mengonsumsi makanan pahit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beragam makanan pahit untuk daya tahan tubuh. Sayang banget jika terlewatkan, semua demi menjaga kesehatan! 

1. Pare

Penggemar siomay pasti tidak asing dengan makanan yang sangat pahit ini. Banyak ditemui di Asia dan Afrika, pare dikemas dengan fitokimia seperti triterpenoidpolifenol, dan flavonoid yang berperan ampuh memperlambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Selain itu, pare juga digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Senyawa antioksidan di dalamnya bermanfaat bantu cegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

2. Sayuran Silangan

Menurut WebMD, yang termasuk cruciferous vegetables atau sayuran silangan di antaranya brokoli, kol bunga, kecambah brussel, bayam hingga kubis. Senyawa glukosinolat di dalam sayuran silang baik untuk menjaga kesehatan. Seperti memperlambat pertumbuhan sel kanker, hingga bantu enzim hati melawan racun lebih efektif.

3. Daun Pepaya

Selain buahnya baik untuk pencernaan, ternyata daunnya juga bermanfaat. Ya, daun pepaya termasuk ke dalam makanan pahit untuk daya tahan tubuh. Menurut Halodoc, kandungan nutrisi dalam daun pepaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah berbagai penyakit dan infeksi. Selain itu, daun pepaya juga dipercaya sebagai anti peradangan karena kandungan papainflavonoid, dan vitamin E.

4. Bubuk Kakao

Meski pahit, bubuk kakao yang terbuat dari biji kakao memiliki manfaat baik sebagai makanan pahit untuk daya tahan tubuh. Menurut SehatQ, kandungan antioksidan pada biji kakao dinilai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, biji kakao terbukti dapat melindungi tubuh dari efek bahaya akibat alergi makanan.

Pahitnya tidak sebanding dengan khasiatnya yang melimpah. Itu lah beragam makanan pahit untuk daya tahan tubuh sekaligus baik untuk menjaga kesehatan. Untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh, pola hidup sehat juga wajib Anda terapkan. Jika perlu, Anda juga bisa melengkapinya dengan asupan food supplement seperti K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSqua Plus dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant.

Ketiga suplemen makanan tambahan ini mengandung kebaikan nutrisi lengkap untuk membantu mendongkrak daya tahan tubuh, terlebih di musim pancaroba tubuh jadi lebih mudah drop. Ya, ketiga suplemen ini berperan penting membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Tubuh jadi lebih fit, siap menjalankan rutinitas sehari-hari. Selalu sedia K-Liquid ChlorophyllK-OmegaSqua Plus dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant untuk dongkrak daya tahan tubuh! 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email