Skip to content Skip to footer

Mengenal Serba-serbi Makanan Sehat Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Membiasakan untuk konsumsi makanan sehat wajib diterapkan setiap orang, khususnya bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Lantas, makanan sehat apa yang dapat menurunkan kolesterol? Yuk, cari tahu supaya nggak keliru!

Menurut laman Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, selain ada pantangan makanan, ada juga anjuran makanan sehat penurun kolesterol yang bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Beberapa makanan seperti fast food, telur, jeroan, keju dan susu, hingga makanan laut tentu harus mulai dihindari karena bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Sebaliknya, Anda bisa lebih akrab dengan serba-serbi makanan sehat penurun kolesterol berikut ini seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

Menurut Mayo Clinic, oatmeal mengandung serat larut untuk mengurangi kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Makanan berserat larut juga bisa ditemukan pada kacang merah, kubis brussel, apel dan pir. Makanan berserat tinggi bekerja membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk mencerna lemak.

2. Kacang-kacangan

Punya kolestrol tinggi? Kacang-kacangan bisa Anda masukan ke menu harian. Melansir dari Alodokter, kandungan fitosterol pada kacang-kacangan mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, gandum, dan chia seed termasuk dalam jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi. Jenis makanan sehat ini tinggi vitamin, mineral, protein, lemak sehat, antioksidan, serta serat larut yang disebut beta-glukan. Berkat beragam nutrisi dan serat di dalamnya, biji-bijian baik dikonsumsi untuk penurun kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam saluran cerna.

4. Kedelai beserta Olahannya

Kedelai beserta olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, hingga susu kedelai merupakan makanan sehat penurun kolesterol yang ampuh. Menurut Halodoc, kedelai dengan olahannya mengandung kebaikan isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

5. Sayuran Hijau

Kandungan antioksidan pada sayuran hijau seperti pada bayam, arugula dan kangkung mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Kondisi ini bisa membantu mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

6. Ikan Berlemak

Makanan sehat penurun kolesterol yang tak boleh ketinggalan adalah ikan. Baiknya, pilih ikan berlemak yang mengandung omega-3 untuk melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan mackerel, dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Itulah serba-serbi makanan sehat penurun kolesterol. Mulai pola hidup sehat secara menyeluruh, seperti menjaga berat badan, rutin berolahraga sampai konsumsi makanan bergizi. Jika perlu, kebaikan food supplement seperti K-Liquid Chlorophyll dan K-OmegaSqua Plus bisa diandalkan untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman.

Minuman kesehatan K-Liquid Chlorophyll berbahan utama sari klorofil dari daun Alfalfa yang memiliki nilai nutrisi yang baik. Klorofil berperan membantu turunkan kadar renin dan dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Terakhir yang tak kalah penting ada kombinasi omega-3, squalance dan vitamin D3 dari K-OmegaSqua Plus. Kebaikan omega-3 pada suplemen ini bermanfaat membantu menurunkan kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, serta membantu mengurangi peradangan.

Selain membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman, kedua food supplement ini juga bisa diandalkan untuk membantu menjaga imun tubuh, serta memelihara kesehatan secara keseluruhan. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat dengan makanan sehat penurun kolesterol di atas. Lengkapi kebaikan nutrisinya dengan K-Liquid Chlorophyll dan K-OmegaSqua Plus.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email