Mau Mata Sehat Sampai Tua? Begini Cara Merawatnya!

Seiring bertambahnya usia dan pola hidup yang tidak sehat, mata bisa mengalami penurunan kemampuannya. Jadi jika Anda mau punya mata sehat sampai tua, tentu saja harus dirawat selagi muda, ya!


Penurunan kemampuan terkait usia merupakan hal yang wajar terjadi. Menurut Webmd, beberapa gangguan mata yang umum terjadi di usia tua seperti presbyopia, mata kering, katarak, dan glaukoma. Biasanya gangguan mata tersebut mulai mengincar Anda yang berusia 40 tahun ke atas. Lantas, bagaimana cara merawat mata supaya mata sehat sampai tua? Yuk, terapkan tips berikut ini:

1. Makanan Sehat

Merawat mata agar mata sehat sampai tua bisa dimulai dari memilih makanan sehat. Menurut beberapa studi, makanan kaya omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E bisa membantu menjauhkan dari masalah yang berkaitan dengan mata seperti degenerasi makula dan katarak. Rutin konsumsi sayuran hijau seperti kale, bayam, dan sawi. Ikan seperti salmon dan tuna, serta kacang-kacangan.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Demi kesehatan mata, sekaligus kesehatan tubuh keseluruhan berhentilah menghisap tembakau. Kebiasaan merokok membuat Anda lebih berisiko terkena katarak, kerusakan saraf-safat optik, serta degenarasi pada mata.

3. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Terlalu lama menatap layar komputer dan gadget lainnya bisa mengakibatkan pandangan jadi kabur, mata kering, mata sulit fokus, nyeri punggung, leher dan bahu. Untuk menjaga mata tetap sehat saat bekerja di depan layar komputer, pastikan jarak 35 cm dari layar komputer, duduklah di kursi nyaman, setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Setiap dua jam sekali istirahat selama 15 menit.

4. Rutin Periksa ke Dokter Mata

Periksa mata dilakukan tak hanya saat ada keluhan, mata sebaiknya diperiksa sejak anak-anak. Selain mengetahui mengenai kondisi rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder pemeriksaan mata juga dapat untuk mengetahui lebih awal penyakit mata glukoma yang tidak memiliki gejala. Menemukan penyakit ini pada awal akan lebih mudah diobati.

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dilengkapi dengan lapisan pelindung dari radiasi ataupun sinar UV. Ini adalah cara untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Mata terlalu banyak mendapatkan paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Kacamata anti radiasi ini cukup mudah didapatkan, namun Anda harus selektif memilihnya. Sebagai rekomendasi ada kacamata K-Ion Nano Premium 8 yang bisa diandalkan sebagai kacamata anti radiasi. Kacamata ini memiliki fitur lengkap dalam satu lensa, yaitu Anti Sinar UV, Anti Blue Ray dan Anti Fog. Ketiga fitur lensanya bisa Anda gunakan saat beraktivitas di dalam atau di luar ruangan.

Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh di dalamnya punya peran penting untuk membantu mata agar tidak mudah lelah, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mata. Kacamata ini mengusung desain ergonomis menambah kenyamanan bagi pemakainya dan tentu saja cocok digunakan di segala kondisi. Ada 5 varian model serta warna yang bisa dipilih, di antaranya Black Red, Black Matte, Black Gold, White Matte dan Tri Color (for kids/petite). Pastikan Anda merawat mata dengan tepat. Selalu sedia K-Ion Nano Premium 8 saat menjalani rutinitas, kondisi mata sehat sampai tua bisa Anda wujudkan! (Dedi/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi