Macam-macam Bentuk Mata Lengkap, Anda Termasuk yang Mana?

Semua rutinitas yang dilakukan sehari-hari tidak bisa terlepas dari peran mata sebagai indera penglihatan. Ya, perannya sangat vital dalam kehidupan, begitu pun dengan macam-macam bentuk mata yang seakan memiliki pesona tersendiri.

Menjaga kesehatan mata itu penting dilakukan setiap orang, supaya fungsi penglihatan bisa tetap terjaga sampai lanjut usia. Selain itu, mata juga kerap dihubungkan dengan dunia kecantikan karena bisa memengaruhi cara wanita mengaplikasikan riasan mata. Faktanya, setiap orang memiliki bentuk mata yang berbeda-beda, lho. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti ras, usia, dan faktor lainnya.

Dilansir dari laman theAsianparent dan sumber lainnya, berikut ini macam-macam bentuk mata, Anda termasuk yang mana?

Baca Juga: https://k-link.co.id/tips-ampuh-menjaga-kesehatan-mata-buat-yang-hobi-maraton-film/  

1. Bentuk Mata Monoloid

Perlu Anda ketahui, bentuk mata ini dapat dilihat dari kelopak mata yang tidak memiliki lipatan sehingga terlihat datar. Umumnya, banyak ditemukan pada ras Asia dan kerap disebut mata dangkal atau shallow eyes.

2. Round Eyes

Round eyes atau mata bulat memiliki bentuk mata yang cenderung lebih bulat. Bagian bola mata lebih terlihat dan bagian putihnya lebih jelas.

3. Double Eyelid

Jenis bentuk mata double eyelid tandanya memiliki lipatan mata yang jelas dan tegas. Kerap dianggap bentuk mata ideal khususnya bagi orang di Korea Selatan.

4. Bentuk Mata Upturned

Sering disebut mata kucing karena bentuknya yang unik. Mata upturned punya sudut luar yang mengarah ke atas lebih tinggi dari sudut dalam mata.

5. Mata Almond

Memiliki kelopak mata yang biasanya lebih kecil dengan bentuk sedikit memanjang menyerupai kacang almond. Jenis mata ini terlihat mengecil ke satu titik oleh saluran air mata dan mata pada bagian luar.

6. Mata Dalam

Bentuk mata yang membuat tulang alis tampak lebih menonjol, karena bola mata terlihat lebih dalam serta lebih besar di bagian tengkorak.

7. Mata Menonjol

Bentuk mata menonjol membuat bagian kelopak mata nampak maju ke luar area rongga mata. Meski menyerupai mata yang melotot, namun jenis mata yang satu ini masih terbilang normal.

8. Mata Lebar

Mata yang berbentuk wide-set ini memiliki jarak antara kedua mata lebih dari satu bola mata. Pada umumnya hal ini terjadi salah satunya dipengaruhi faktor gen.

9. Bentuk Mata Close-Set

Berbanding terbalik dengan wide-set, close-set atau mata dekat karakteristiknya bisa dilihat dengan jarak kedua bola mata kurang dari satu bola mata atau lebih sempit.

Macam-macam bentuk mata di atas tidak memengaruhi kualitas penglihatan. Sebagai rekomendasi, semuanya bisa Anda jadikan patokan untuk mengaplikasikan riasan mata sesuai keinginan. Yang terpenting, apa pun bentuk mata Anda, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mata. Mulai dengan periksakan mata ke dokter, bijak menggunakan gadget, dan konsumsi makanan bergizi yang baik untuk mata. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan suplemen khusus mata seperti iBRIGHT.

Kebaikan nutrisi unggulan di dalamnya siap bantu menjaga kesehatan mata Anda. Mulai dari blackcurrant, black sesame seeds, black prune, dan kandungan lainnya bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko kerusakan mata, menjaga fungsi penglihatan, mencegah mata kering, serta antioksidan tinggi di dalamnya bekerja menyerap nutrisi secara optimal berkat dukungan teknologi fermentasi Enzyme 2.0 Blackzyme. Apa pun bentuk mata Anda, pastikan kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi agar fungsi penglihatan bisa tetap terjaga sampai lanjut usia. iBRIGHT what eye need, tunjukkan pesona mata sehat Anda!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/ternyata-buah-goji-berry-baik-untuk-kesehatan-mata-lho/

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi