Ciri-ciri Madu Asli dan Palsu, Begini Tips Membedakannya

Madu menjadi salah satu produk lebah yang dikonsumsi banyak orang untuk menjaga kesehatan. Wajar saja, selain memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, madu juga bisa menjadi alternatif pengganti gula pasir. Rasanya tak kalah manis dan punya segudang manfaat, lho.

Cairan berwarna keemasan yang satu ini sudah sejak lama dipercaya banyak orang untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kadar kolesterol, mencegah kanker hingga pencegahan penyakit lainnya. Namun, Anda harus cermat memilih produk madu karena ada saja beredar madu palsu. Perlu Anda ketahui, tidak semua madu yang beredar di pasaran adalah madu asli, lho.

Lantas bagaimana ciri-ciri dari madu asli dan madu palsu? Dilansir dari klikdokter, berikut ini tips membedakannya. Jangan sampai keliru!

1. Tes Air

Dokter Devia Irine Putri dari klikdokter mengatakan, “kalau dicampur dengan air, madu asli akan lebih sulit menyatu. Sedangkan madu yang palsu akan lebih mudah bercampur dengan air”. Untuk meraciknya dengan cairan, madu asli perlu diaduk agar bisa larut. Sebaliknya, madu palsu cenderung larut begitu saja dalam air meski tidak diaduk.

​2. Tes Kertas

Selanjutnya Anda bisa mencoba metode tes kertas. Cukup tempatkan beberapa tetes sampel madu yang Anda uji di atas tisu atau serbet. Madu yang murni akan tetap padat dan tidak meresap. Sementara madu palsu lebih mudah meresap layaknya seperti air biasa.

​3. Tes Microwave

Langkah ini bisa dilakukan dengan menuangkan 2 sendok makan madu ke dalam mangkuk, tahan microwave dan panaskan dengan daya tinggi selama 45 hingga 60 detik. Madu alami atau madu asli akan membentuk karamel, sedangkan madu palsu umumnya akan berbusa dan berbuih.

​4. Tes Roti

Pada uji coba kali ini Anda hanya harus menyiapkan sepotong roti. Cukup Oleskan madu di atas roti. Jika itu adalah madu asli, bagian atas roti akan menjadi renyah dalam beberapa menit. Jika madu palsu, roti akan menjadi lembek. Hal ini karena kadar airnya berbeda.

​5. Uji Kristalisasi

Anda bisa mencoba cara ini dengan menuangkan madu ke dalam wadah kaca, lalu masukan ke dalam kulkas. Madu asli yang dimasukkan ke dalam kulkas akan terlihat mengkristal dan menjadi keputihan karena sifat zat di dalamnya. Sebaliknya, madu palsu atau campuran sama sekali tidak akan membuat endapan kristal, bahkan cenderung menjadi cair.

Itu lah tips membedakan madu asli dan palsu. Jangan sampai Anda salah pilih, karena madu palsu bisa menimbulkan masalah kesehatan serta tidak memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Madu murni tanpa pemanis buatan bisa Anda temukan pada K-Honey 5 in 1 yang tentunya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Kebaikan madu murninya berasal dari kombinasi bibit lebah Apis Melifera (Itali dan Australia) dan Apis Dorsata (lebah asli Indonesia).

Proses pengolahan tanpa pemanasan menghasilkan madu murni yang berkualitas (Raw Honey), tentu saja aman untuk dikonsumsi. K-Honey 5 in 1 juga diperkaya royal jelly dan ekstrak buah-buahan, seperti anggur, delima dan kurma. Kandungan nutrisi lengkap, seperti ragam vitamin, mineral magnesiumzincseleniumflavonoid dan kebaikan lainnya berperan membantu meningkatkan sistem imun tubuh, memelihara kesehatan tubuh hingga menghambat perkembangan mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

K-Honey 5 in 1 sudah terdaftar resmi di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Jadi jangan keliru pilih produk madu ya. Kebaikan madu asli bisa Anda dapatkan pada K-Honey 5 in 1(Angga/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi