Skip to content Skip to footer

Bulan Peduli Kanker Payudara, Sadari dan Deteksi Sejak Dini Ladies!

Bulan peduli kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month) diperingati setiap tahunnya pada bulan Oktober. Melansir dari ICCC (Indonesia Cancer Care Community), gerakan yang identik dengan pita merah muda ini sudah dimulai sejak 1985 oleh American Cancer Society.

Gerakan bulan peduli kanker payudara, yang banyak menginspirasi banyak orang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu kanker payudara yang bisa menyerang siapa saja. Kemenkes RI (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) pun sudah sejak lama mengingatkan akan hal ini. Masyarakat diimbau untuk tingkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara melalui SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Melansir dari P2PTM Kemenkes, berikut ini langkah dari Yayasan Kanker Indonesia yang bisa Ladies ikuti saat melakukan SADARI 7-10 hari setelah menstruasi:

  1. Amati Sambil Berdiri Tegak

Cermati jika ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris? Jangan cemas, itu biasa.

  1. Cermati dengan Gerakan Ini (Bagian 1)

Angkat kedua bagian lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara, dan dorong siku ke belakang serta cermati bentuk maupun ukuran payudara.

  1. Cermati dengan Gerakan Ini (Bagian 2)

Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, serta dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

  1. Cermati dengan Gerakan Ini (Bagian 3)

Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

  1. Gerakan Mencubit

Cubit kedua putting payudara. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter jika seandainya kondisi ini terjadi.

  1. Gerakan pada Posisi Tiduran

Pada posisi tiduran, coba letakkan bantal di bawah pundak kanan Anda. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Segera SADARI dan lakukan pencegahan risiko kanker payudara. Mulai dengan gaya hidup sehat, mengatur pola makan, serta kelola stres. Selain itu, meningkatkan asupan gizi, antioksidan dan suplementasi produk dengan bahan yang alami dapat membantu menurunkan risiko terhadap kanker. Seperti produk-produk suplemen dari K-Link Indonesia yang berkualitas, di antaranya:

  • Propolis Platinum, merupakan minuman kesehatan yang mengandung senyawa resin yang dihasilkan oleh air liur lebah Brazil, yang memiliki daya antibiotik alami karena mengandung senyawa aktif bioflavonoid. Propolis juga dikenal sebagai anti kanker.
  • K-Sauda VCO, formulasi unik VCO, minyak habbatussauda, serta vitamin E memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan sebagai anti bakteri, anti virus, serta anti parasit.
  • K-Ayurveda AyuVita, merupakan kombinasi herbal alami yang diformulasikan untuk wanita sebagai tonik, dan berfungsi untuk membantu menstabilkan hormon serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  • K-Perfect Energy Vibration Bra, bra berteknologi tinggi dengan dilengkapi chip-chip ion negatif dan infra merah, serta chip getar yang memberikan pijatan pada payudara, berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dan sistem limfatik pada payudara. Sehingga membantu untuk menghindarkan payudara dari benjolan tumor ataupun kanker payudara. Selain itu dapat membentuk payudara menjadi lebih indah dan kencang.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email