Faktor Penyebab Munculnya Flek Hitam dan Cara Mencegahnya

Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita diatas usia 30 tahun. Namun tahukah kamu, flek hitam sebenarnya juga bisa terjadi di segala usia dan tidak hanya di area wajah, lho. Meskipun masalah kulit ini tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit, namun jika dibiarkan tentu akan mengganggu penampilan.

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan penampilan flek hitam atau dalam dunia medis disebut dengan ephelis. Ya, flek hitam membuat warna kulit wajah seseorang berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik hitam. Kondisi ini biasanya terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Berikut penjelasan beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam di wajah.

  • Paparan sinar matahari berlebih

(Foto: https://www.freepik.com)

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik yaitu flek hitam.

  • Bekas jerawat

(Foto: https://www.freepik.com)

Bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat tersebut sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang.

  • Kurang asupan vitamin

(Foto: https://www.freepik.com)

Vitamin menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan kulit wajah. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah noda hitam di wajah. Jika Anda tidak mengonsumsinya, maka jangan heran jika pigmentasi pada wajah terlihat jelas.

  • Perubahan hormon tubuh

(Foto: https://www.freepik.com)

Perubahan hormon juga bisa membuat perubahan pada kulit. Misalnya wanita hamil, sering mengalami perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di wajah. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya.

  • Faktor keturunan

(Foto: https://www.freepik.com)

​Pada sebagian orang, kulit wajah bisa tetap selalu mulus walaupun sudah tua. Namun sebagian lainnya bahkan mulai mendapatkan flek hitam ketika masih muda. Dalam hal ini, Anda bisa memerhatikan kondisi kulit kedua orang tua Anda, terutama ibu. Apabila ia tampak mengalami flek hitam, maka ada kemungkinan flek hitam juga akan muncul pada kulit Anda.

​Adapun untuk mencegah timbulnya flek hitam di antaranya yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan waktu yang lama, menggunakan topi dan tabir surya jika akan berpergian di bawah sinar matahari. Selain itu, lakukanlah perawatan wajah secara rutin. K-Beaucareline Whitening Series menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah flek hitam. Produk ini terdiri dari lima rangkaian yaitu facial wash, serum, toner, day cream dan night cream.

  • K-Beaucareline Whitening Series Facial Wash

Facial wash yang mengandung Niacinamade (Vit B3) ini dapat memperkuat perlindungan kulit, membantu menghilangkan bekas noda, menjaga agar kulit tetap terhidrasi serta menyeimbangkan kondisi kulit yang disebabkan oleh age spot.

  • K-Beaucareline Whitening SeriesToner

Toner ini memiliki kandungan Hamamelis Virginia Extract dan Microcitus Australasica Extract yang membantu mengembalikan kelenturan kulit wajah dan membantu mengontrol efek negatif yang ditimbulkan oleh stress oksidatif pada kulit seperti kemerahan dan garis-garis halus.

  • K-Beaucareline Whitening SeriesSerum

Serum ini yang diformulasikan dengan plankton extract yang dapat mencerahkan kulit wajah. Kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan menghambat sinar UV. Selain itu, kandungan collagen di dialamnya dapat menjaga dan mengembalikan keelastisan kulit.

  • K-Beaucareline Whitening SeriesDay Cream

Day cream ini dapat melindungi kulit saat beraktivitas di siang hari, serta merawat kulit menjadi lebih cerah, halus dan sehat. Formula chromabright di dalamnya berfungsi untuk memperbaiki elastisitas kulit, menghilangkan kerutan, melembapkan kulit, dan menghambat pembentukan kerutan di wajah. Day cream ini juga mengandung SPF 15 yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

  • K-Beaucareline Whitening SeriesNight Cream

​Night cream ini diformulasikan dengan argan oil untuk memberi nutrisi optimal pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dan Niacinamide di dalamnya dapat mencerahkan, mengencangkan, sebagai anti-aging dan juga anti-inflamasi.

Lakukan perawatan serangkaian K-Beaucareline Whitening Series demi mencegah munculnya flek hitam pada diri Anda sejak dini. (Venny/Isti/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi