Bahaya Sinar Biru di Balik Kebiasaan Menggunakan Gadget

Disadari atau tidak, hampir setiap hari mata kita terpapar oleh sinar biru atau blue light. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Ya, sebagian di antara kita seakan-akan tak mau lepas dari canggihnya perangkat gadget.


Pada umumnya, perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, layar laptop atau komputer, televisi serta lampu LED mengandung sinar biru. Tak hanya di perangkat elektronik, nyatanya sinar biru juga terdapat pada matahari. Namun menurut penelitian, blue light pada sinar matahari tidak berbahaya. Sedangkan, blue light di perangkat elektronik bisa berdampak negatif bagi kesehatan, lho.

Meskipun kadar energi yang dipancarkan tidak sebesar sinar biru dari matahari, sinar biru pada gadget bisa berdampak buruk secara jangka panjang, salah satunya bagi mata Anda. Lantas, apa saja sih dampak buruk sinar biru bagi kesehatan. Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

1. Kerusakan Retina dan Kornea Mata

Sinar biru termasuk sinar yang paling berbahaya bagi retina karena bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina. Akibat paparan sinar biru yang berlebih, seseorang mungkin saja mengalami degenerasi makula, glaukoma, penyakit retina degeneratif bahkan kebutaan. Terpapar sinar biru secara terus-menerus juga bisa membuat kornea dan lensa mata tidak berdaya dalam memblokir atau memantulkannya.

2. Menyebabkan Kelelahan Mata

Perangkat digital seperti gadget sebenarnya tidak merusak mata. Namun, terlalu lama saat menggunakannya bisa menyebabkan ketegangan pada mata yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mata. Alasannya, karena bermain gadget bisa menurunkan jumlah kedipan mata yang memicu kelelahan pada mata. Ketegangan mata ini disebut dengan computer vision syndrome.

3. Merusak Siklus Tidur Alami

Sinar biru mengganggu produksi hormone melatonin yang membantu mengatur siklus tidur. Otak seseorang mulai memproduksi melatonin ketika ia siap tidur dan sinar biru dari gadget mengganggu proses produksi tersebut. Itulah sebabnya mengapa perangkat gadget merusak siklus tidur alami. Siklus tidur yang terganggu bisa menyebabkan gangguan kesehatan, mulai dari obesitas, gangguan genetik dan masalah memori lainnya.

Tips Lindungi Mata dari Bahaya Sinar Biru Gadget

Untuk menghindari masalah yang serius, baiknya segera selamatkan mata Anda dari paparan blue light. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan: 

  1. Istirahatkan Mata Sejenak 
    Lakukan praktik 20-20-20. Yaitu, setiap 20 menit menjauhlah dari layar dan fokuskan pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.
  2. Pastikan Mata Terhidrasi
    Jika mata lelah disebabkan oleh terlalu banyak waktu menatap gadget, solusi sederhananya adalah sering berkedip atau menggunakan obat tetes mata serta lebih banyak minum air putih.
  3. Layar Tak Lebih Terang dari Ruangan
    Melihat layar yang terlalu cerah di ruangan yang terlalu redup dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Manfaatkan juga setelan dark mode pada ponsel untuk mengurangi kecerahan dan radiasi layar.
  4. Beri Jarak
    Berilah jarak setidaknya 16-18 inci dari mata.
  5. Gunakan Kacamata Khusus
    Kacamata anti radiasi bisa menjadi salah satu solusi. Sebab, salah satu fungsi kacamata anti radiasi adalah menangkal efek sinar biru yang berpotensi merusak mata.

Kacamata anti radiasi dikenal juga dengan kacamata baca komputer. Kacamata ini dibuat khusus untuk mengurangi ketegangan pada mata saat melihat layar komputer. K-Ion Nano Premium 8 bisa jadi rekomendasi kacamata anti radiasi untuk membantu menangkal efek sinar biru yang berpotensi merusak mata. Kacamata ini memiliki fitur lengkap dalam satu lensa, yaitu Anti Sinar UV, Anti Fog dan tentu saja Anti Blue Ray untuk membantu menangkal efek sinar biru yang bisa merusak mata.

premium8

Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh di dalamnya punya peran penting untuk membantu mata agar tidak mudah lelah, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan mata. Desain ergonomis dan ringan, menambah kenyamanan bagi pemakainya. Kacamata yang trendy dan stylish ini cocok digunakan di segala kondisi. K-Ion Nano Premium 8 memiliki 5 varian model serta warna yang bisa dipilih, di antaranya Tri Color (for kids/petite), Black Red, Black Matte, Black Gold, dan White Matte(Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi