Skip to content Skip to footer

Badan Sakit Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Badan sakit setelah olahraga, kok bisa? Padahal rutinitas olahraga begitu menyehatkan. Melansir Halodoc, badan sakit atau terasa nyeri merupakan hal wajar. Tak hanya dialami orang yang baru mulai olahraga saja, tapi bisa terjadi pada orang yang sering olahraga juga.

Lantas, apa penyebab badan sakit setelah olahraga? Dilansir dari Good Doctor, badan sakit atau pegal-pegal setelah olahraga kerap disebut Delayed-onset muscle soreness (DOMS). Pada umumnya terjadi setelah olahraga atau beraktivitas fisik yang berbeda dengan rutinitas yang biasa dilakukan. DOMS berpotensi muncul karena berolahraga lebih sering dari biasanya, latihan dengan intensitas tinggi, hingga melakukan jenis olahraga baru yang belum pernah dicoba.

Menurut American College of Sports Medicine, badan sakit atau pegal-pegal biasanya mulai terasa 12 hingga 24 jam setelah olahraga. Kondisi tersebut bisa bertahan hingga 72 jam atau tiga hari. Meski bisa mereda sendiri, namun Anda bisa mengatasi penyebab badan sakit setelah olahraga dengan cara ini seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Jangan Lupa Pemanasan dan Peregangan

Pemanasan menjadi tips olahraga yang tak boleh terlewatkan. Ya, selain bisa membantu otot Anda lebih ‘siap’ saat berolahraga, pemanasan juga dapat mencegah terjadinya masalah cedera. Setelah pemanasan, jangan lupa lakukan peregangan. Lakukan pada setiap otot tubuh Anda selama setidaknya 20-30 detik.

2. Atur Waktu Olahraga dan Istirahat

Tips olahraga yang bisa dilakukan adalah hindari untuk berolahraga berat setiap hari. Saat berlatih, kombinasikan olahraga ringan dan berat dalam waktu seminggu. Contohnya, jika hari ini berolahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan di hari berikutnya untuk mengurangi rasa nyeri. Lalu, istirahat di hari ketiga untuk memulihkan energi tubuh.

3. Lakukan Pijatan

Nyeri otot ringan bisa diredakan dengan melakukan pijatan. Beberapa teknik pijatan bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otot yang terdampak, sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan.

4. Kompres Dingin

Lakukan tindakan kompres dingin sekitar 10-15 menit pada area badan yang nyeri dan muncul pembengkakan. Cukup dengan membungkus es batu menggunakan kain bersih, kemudian letakkan pada tubuh yang terasa nyeri dan bengkak.

5. Mandi Air Hangat

Sudah tak perlu diragukan, jika guyuran air hangat dapat bekerja membantu meredakan nyeri otot dan memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini dapat meringankan rasa sakit setidaknya untuk sementara.

6. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Tanpa asupan cairan yang mencukupi, tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dehidrasi berpotensi membuat otot Anda kram, bahkan membuat masalah badan sakit atau nyeri otot semakin parah. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih setiap harinya.

Itulah penyebab dan cara mengatasi badan sakit setelah olahraga. Selain menerapkan cara di atas, Anda juga sebaiknya menambahkan asupan kebaikan suplemen makanan tinggi vitamin C seperti K-Vit C Plus Teavigo. Siap bantu penuhi kebutuhan vitamin C harian, suplemen makanan ini mengandung kebaikan vitamin C dalam bentuk kalsium askorbat yang lebih aman di lambung.

Diperkaya ekstrak teh hijau murni yang dikenal dengan nama teavigo. Selain menjaga daya tahan tubuh, kombinasi keduanya juga bisa diandalkan sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan jaringan hingga menjaga kadar radikal bebas tetap normal. Suplemen tablet effervescent ini memiliki rasa yang enak dan segar di mulut. Bentuk tablet effervescent pada K-Vit C Plus Teavigo membuat kebaikan nutrisi di dalamnya mudah diserap oleh tubuh. Jangan sampai niat sehat jadi berantakan gara-gara badan sakit setelah olahraga. Yuk, tetap aktif bergerak, selalu sedia K-Vit C Plus Teavigo apa pun momen berharga Anda!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email