Apa Benar Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Makanan? Cek Dulu Faktanya!

Penyebaran Virus Corona varian Delta dan jenis lainnya sedang menjadi sorotan di Tanah Air. Seiring melonjaknya kasus sekaligus diterapkannya PPKM Darurat oleh pemerintah, banyak masyarakat khawatir akan penularan yang begitu cepat. Tak sedikit orang bertanya-tanya tentang penyebaran COVID-19 melalui makanan. Lantas, apa benar hal itu bisa terjadi? 

Sumber dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), WHO, dan covid-19.go.id menyebutkan, virus penyebab COVID-19 belum terbukti bisa menyebar melalui makanan. Laman Instagram resmi @lawancovid19_id Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menguatkan hal tersebut. “Virus butuh inang atau jaringan hidup untuk bisa berkembang biak” ungkapnya pada Minggu (25/7/2021).

Penyebaran utama COVID-19 adalah melalui droplet yang dihasilkan saat orang berbicara, batuk, atau bersin, yang masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Meski begitu, akun resmi @lawancovid19_id juga berpesan agar bisa menerapkan cara konsumsi makanan yang lebih aman, sehingga bisa menghindari penularan penyakit. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Cuci Tangan

Mencuci-Tangan

Anda harus mencuci tangan yang bersih sebelum menyentuh makanan, memastikan makanan disajikan dengan penutup, serta mengelola makanan dengan aman.

2. Masak Makanan sampai Matang

Layaknya seperti virus dan bakteri lainnya, virus penyebab COVID-19 juga tidak tahan panas, jadi pastikan memasak makanan hingga matang (setidaknya mencapai 70°C) dan atau panaskan kembali makanan bila diperlukan.

3. Protokol Kesehatan

Disiplin 3M + Vaksinasi COVID-19 tetap menjadi ikhtiar bersama untuk hentikan penularan COVID-19.

Akun resmi @lawancovid19_id juga menambahkan, penularan penyakit akibat pangan dapat terjadi bila tidak mencuci tangan ketika hendak makan, makanan disajikan tanpa penutup serta makanan tidak dikelola secara aman. Untuk itu, pastikan lima kunci keamanan pangan berikut ini bisa diterapkan:

  • Menjaga kebersihan alat masak dan makan
  • Pisahkan pangan matang dan pangan mentah
  • Masak hingga benar-benar matang
  • Jaga pangan di suhu aman
  • Gunakan air bersih dan bahan baku yang aman.

Selain dengan tips di atas, imunitas tubuh juga perlu dijaga, lho. Penuhi kebutuhan nutrisi baik dalam tubuh Anda serta lengkapi dengan Propolis Platinum dan K-Epicor. Kedua food supplement ini bisa diandalkan untuk meningkatkan imunitas tubuh tetap optimal, khususnya di masa pandemi ini.

propolis platinum

Propolis Platinum merupakan produk lebah yang kaya akan senyawa bioflavonoid. Kandungan bioflavonoid, seperti quercetin dan artepilin C di dalamnya menjadikannya salah satu bahan alami yang penting dikonsumsi untuk membantu memperkuat imunitas tubuh. Saat tubuh ngedrop dan imunitas tubuh menurun, Anda perlu menyeimbangkannya dengan K-Epicor. Kandungan bahan aktif complex epicor dan vitamin C di dalamnya siap membantu mengoptimalkan imunitas tubuh Anda.

K-EPICOR

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan lindungi diri Anda dan keluarga dari ancaman Virus Corona. Tingkatkan imunitas tubuh serta lengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan Propolis Platinum dan K-Epicor. Kedua food supplement ini siap diandalkan! (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi