5 Tips Menjaga Pola Makan Sehat Usai Lebaran

Peringatan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1442 H telah usai. Bagaimana, sudah puas makan hidangan khas Lebarannya? Ya, selain momen saling memaafkan, Lebaran juga identik dengan hidangan legendaris yang sangat lezat. Mulai dari rendang, gulai hingga opor ayam, belum lagi ditambah kue-kue khasnya. 

Meski sangat lezat, Anda juga harus tetap berhati-hati dan tidak mengonsumsi berlebihan. Karena makanan bersantan, berlemak dan manis bisa meningkatkan kolesterol dan naiknya gula darah yang membuat rawan terkena obesitas, darah tinggi dan juga diabetes. Untuk itu, setelah Lebaran Anda wajib kembali menjaga pola makan sehat. Yuk, jaga pola makan sehat usai lebaran dengan 5 tips berikut ini:

1. Batasi Makanan Berlemak dan Manis

(Foto: https://www.freepik.com)

Hidangan Ramadan dan Lebaran yang tinggi lemak dan gula berisiko membuat badan makin melar serta mendatangakan risiko penyakit. Sebisa mungkin hindari makanan berlemak, bersantan dan manis. Ayo mulai perhatikan pola makan sehat yang bisa menetralkan kembali tubuh dari terlalu banyak lemak saat Lebaran.

2. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

(Foto: https://www.freepik.com)

Imbangi dengan sayuran dan buah-buahan setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan bersantan. Ya, kedua makanan ini mengandung banyak serat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran dan buah-buahan juga bisa memperbaiki sekaligus melancarkan sistem pencernaan dan siklus tubuh.

3. Mengonsumsi Banyak Air Putih

(Foto: https://www.freepik.com)

Saat puasa dan Lebaran, tubuh banyak kekurangan asupan cairan. Ditambah kebiasaan mengonsumsi minuman manis yang tidak baik bagi kesehatan. Sebisa mungkin minum air putih minimal 8 gelas sehari dalam upaya mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang saat beraktivitas. Tentunya lebih utama untuk menghindari minuman manis yang berdampak buruk bagi pencernaan.

4. Ganti Daging dengan Ikan

(Foto: https://www.freepik.com)

Jika selama Lebaran kemarin Anda terlalu banyak mengonsumsi daging, kini beralih sejenak ke ikan sebagai lauknya. Tenang tak perlu khawatir, hal ini hanya bersifat sementara menunggu sampai pencernaan Anda kembali seperti semula.

5. Lakukan Aktivitas Fisik yang Ringan

(Foto: https://www.freepik.com)

Selain menjaga pola makan sehat, ada baiknya buang juga kalori berlebih dalam tubuh Anda dengan aktivitas fisik yang ringan. Anda bisa mencobanya dengan berjalan kaki. Olahraga ringan seperti ini dapat membantu membakar kalori berlebih tanpa membuat Anda merasa terlalu lelah dan mual.

Itu lah 5 tips menjaga pola makan sehat usai lebaran yang bisa Anda terapkan. Tips di atas juga bisa Anda lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin tambahan seperti K-C Susu Skim BubukK-Sauda VCO dan K-OmegaSqua Plus. Ketiganya siap lengkapi pola makan sehat serta menjaga daya tahan tubuh Anda di masa pandemi COVID-19 ini.

Selain nutrisinya yang lengkap, K-C Susu Skim Bubuk juga mengandung kebaikan kolostrum yang berperan dalam produksi Imunoglobulin G (IgG), ini dikenal sebagai antibodi atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis patogen, termasuk bakteri dan virus. Selanjutnya ada kombinasi virgin coconut oilhabbatussauda dan vitamin E dalam K-Sauda VCO. Kandungan thymoquinone dalam habbatussauda serta asam laurat di dalamnya berperan membantu melawan virus, bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

Keunggulan ekstrak omega-3 dari ikan salmon Norwegia pada K-OmegaSqua Plus jangan terlewatkan. Kebaikan nutrisi di dalamnya siap membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Suplemen ini kaya vitamin D3 yang mampu mengaktifkan sel T untuk mendeteksi dan menghancurkan patogen asing dalam tubuh seperti virus. Jangan tunda lagi, ayo mulai pola makan sehat Anda dan lengkapi kebaikan nutrisinya dengan K-C Susu Skim Bubuk, K-Sauda VCO dan K-OmegaSqua Plus(Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi