Skip to content Skip to footer

10 Tanda yang Mengindikasikan Mata Anda Sehat, Apa Saja?

Semua rutinitas yang dilakukan sehari-hari tidak bisa terlepas dari peran mata sebagai indera penglihatan. Ya, perannya sangat vital dalam kehidupan, begitu pun dengan macam-macam bentuk mata yang seakan memiliki pesona tersendiri.

Sudah memerhatikan kesehatan mata, namun yakin mata Anda sudah terbilang sehat? Coba cari tahu dan selidiki dulu, ya. Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa Anda memiliki mata yang sehat? Ini lho 10 tanda yang mengindikasikannya seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan dan sumber lainnya. Tanda-tanda ini umumnya bisa terlihat secara kasatmata.

Baca Juga: https://k-link.co.id/tips-ampuh-menjaga-kesehatan-mata-buat-yang-hobi-maraton-film/

1. Kelopak Mata Membuka dan Menutup dengan Baik

Selain membuka dengan mudah, kelopak mata yang sehat juga bisa menutup seluruh bagian mata dengan sempurna. Adanya gangguan saraf akibat stroke atau kelainan Bell’s palsy bisa membuat kelopak mata sulit ditutup. Sebaliknya, kelainan autoimun seperti myasthenia gravis atau adanya gangguan saraf yang menyebabkan otot sekitar mata terus-menerus berkontraksi membuat kelopak mata sulit dibuka.

2. Bulu Mata Teratur dan Mengarah ke Luar

Bulu mata normal memiliki pertumbuhan ke arah luar, hal ini menjadi salah satu tanda mata sehat. Jika tumbuh ke arah sebaliknya (trikiasis), dapat menandakan adanya berbagai kelainan mata. Bulu mata yang tumbuh ke arah dalam akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan berisiko alami iritasi pada kornea.

3. Kornea atau Selaput Bening Benar-benar Jernih

Kondisi kornea normal akan tampak jernih serta rata. Luka atau infeksi pada kornea akan menyebabkan mata terasa pedih dan berisiko membuat penglihatan buram. Sedangkan permukaan kornea yang tidak rata dapat menyebabkan objek yang dilihat tampak berbayang.

4. Sklera atau Bagian yang Putih Benar-Benar Putih

Sklera berwarna putih mengindikasikan mata dalam kondisi sehat. Bagian ini dilapisi oleh selaput bening mata. Hati-hati, sklera yang menjadi kekuningan berisiko menandakan adanya pertumbuhan jaringan pada mata, seperti pterigium atau pinguekula, atau adanya peradangan hati (hepatitis).

5. Pupil atau Orang-orangan Mata Benar-Benar Jernih

Pupil merupakan lubang tempat cahaya masuk ke retina. Bagian mata ini berwarna hitam karena cahaya yang masuk langsung diserap oleh jaringan di dalam mata. Jika berwarna putih, dapat mengindikasikan adanya tumor pada mata (retinoblastoma), yang kerap menyerang bayi dan anak balita. Pupil mata sehat juga memiliki diameter yang sama atau simetris.  Jika besar keduanya tak sama, dapat menandakan adanya kelainan mata seperti glaukoma atau gangguan yang lebih serius.

6. Mata Tidak Merah

Selaput bening mata (konjungtiva) merupakan bagian yang tidak berwarna dan tampak jernih. Kondisi kemerahan bisa mengindikasikan adanya iritasi, alergi, atau perdarahan.

7. Mengeluarkan Air Mata

Mata dilengkapi dengan kelenjar air mata dan minyak yang membuatnya lembap serta tidak mudah iritasi. Gangguan pada keduanya berpotensi menyebabkan mata kering dan terasa perih.

8. Kedipan Mata

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa mata yang sehat berkedip 10-15 kali setiap menit. Kedipan normal berlangsung cepat, kurang lebih 1/3 detik atau 300-400 milidetik.

9. Kelopak Mata Tidak Alami Bengkak

Bukan hanya berperan menutup dan membuka mata dengan baik, melainkan kelopak mata yang sehat juga tidak tampak bengkak.

10. Mata Tidak Tampak Seperti Menonjol

Kondisi mata normal tidak tampak menonjol atau seperti melotot. Jika ada, kondisi yang disebut proptosis ini umumnya disebabkan oleh penyakit graves akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Itulah beberapa tanda-tanda mata sehat yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, apa kondisi mata Anda termasuk yang sehat atau sebaliknya? Untuk memastikannya lebih akurat, baiknya rutin lakukan pemeriksaan mata ke dokter, ya. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan mengistirahatkan mata, rutin olahraga, hindari merokok, dan mengonsumsi makanan sehat. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan suplemen khusus mata seperti iBRIGHT.

Hadir dengan nutrisi yang lengkap, iBRIGHT mengandung kebaikan blackcurrant, black sesame seeds, dan black prune yang berperan penting membantu mengurangi risiko kerusakan mata, menjaga fungsi penglihatan, mencegah mata kering, serta antioksidan tinggi di dalamnya bekerja menyerap nutrisi secara optimal berkat dukungan teknologi fermentasi Enzyme 2.0 Blackzyme dan double nutrisi. Kabar baiknya, suplemen khusus mata ini menghadirkan sensasi rasa blueberry yang manis sekaligus menyegarkan.

Tak perlu sulit pakai sendok karena kemasan sachet-nya memudahkan Anda untuk langsung dikonsumsi atau bisa dilarutkan ke dalam 150ml air. Yuk, lengkapi asupan nutrisi mata Anda dengan iBRIGHT 1-2 sachet per hari. iBRIGHT what eye need!

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/7-penyebab-mata-kering-hindari-kebiasaan-yang-menjadi-pemicunya/

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email