Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Melemahkan Imunitas

Salah satu kewajiban yang harus Anda lakukan di masa pandemi ini ialah menjaga kesehatan, setuju kan, mitra K-LINK? Ya, menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh agar tubuh bisa bertahan melawan infeksi virus dan bakteri jahat.

Imunitas tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Layaknya seperti tameng yang harus dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas, seperti menerapkan pola hidup sehat, kelola stres dan mengonsumsi suplemen. Tak hanya itu, pola makan sehat juga perlu diperhatikan. Sebisa mungkin hindari konsumsi jenis makanan dan minuman yang bisa melemahkan imunitas seperti berikut:

1. Makanan Siap Saji

fastfood

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Makanan siap saji atau fastfood termasuk makanan tinggi kalori dan tidak baik dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Hal ini dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi, sehingga bisa dengan mudah terserang virus. Fastfood seperti nuggets, sosis dan camilan asin lainnya juga banyak mengandung MSG. Banyak penelitian juga menyebutkan mengonsumsi tinggi MSG bisa menyebabkan masalah pada sistem imun.

​2. Minuman Berkafein

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mengonsumsi minuman berkafein berlebihan ternyata mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kafein di dalam kopi dan teh bisa membuat Anda terjaga di malam hari, sehingga kualitas tidur pun berkurang. Jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin Anda jatuh sakit dan mengalami peradangan lambung, karena kafein juga bisa memicu kenaikan asam lambung.

​3. Camilan Manis

camilan-manis

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mengonsumsi camilan manis juga bisa melemahkan imunitas tubuh, lho. Penelitian menyebutkan, gula akan memperebutkan ruang dengan vitamin C di dalam tubuh. Saat Anda sering mengonsumsi camilan manis, tingkat vitamin C dalam tubuh akan menurun, begitu juga dengan imunitas tubuh. Camilan manis juga tidak baik untuk kulit karena rentan menimbulkan jerawat, memicu penuaan dini dan risiko penyakit jantung.

​4. Minuman Bersoda

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sama seperti camilan manis, minuman bersoda juga mengandung gula yang tinggi, dan tentu ini bisa melemahkan imunitas. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda juga dapat mengganggu fungsi pencernaan, menimbulkan gangguan asam lambung, hingga menyebabkan infeksi. Jika kondisinya begini, berbagai penyakit pun lebih mudah untuk menyerang tubuh.

Selain mengurangi beragam jenis makanan dan minuman di atas, terdapat berbagai cara untuk meningkatkan imunitas. Anda bisa meningkatkan imunitas dengan istirahat cukup, olahraga, mengelola stres dan jangan lupakan pola makan sehat ditambah dengan asupan nutrisi seperti K-Honey 5 in 1 dan Propolis Platinum.

Siapa sih yang tidak suka manisnya madu? Ya, K-Honey 5 in 1 merupakan madu murni yang diperkaya royal jellydan ekstrak buah, seperti kurma, anggur dan delima. Kandungan nutrisi yang lengkap, salah satunya flavonoid di dalamnya bersifat antioksidan untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda.

Menjadi salah satu produk propolis terbaik, Propolis Platinum hadir untuk Anda. Bersumber dari air liur lebah Brazil yang dikombinasi dengan getah pohon damar, dan berbagai ragam pohon lain di hutan Amazon Brazil. Kandungan bioflavonoid di dalamnya merupakan suatu senyawa alami yang terbukti bermanfaat sebagai antibiotik alami, serta berperan meningkatkan kinerja sel darah putih sebagai sistem pertahanan tubuh.

Jangan sampai jenis makanan dan minuman di atas melemahkan imunitas tubuh Anda. Yuk, lengkapi nutrisi harian Anda pola makan sehat ditambah K-Honey 5 in 1 dan Propolis Platinum. (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi