Tips Aman Naik Kendaraan Umum saat New Normal

Penyebaran COVID-19 tetap harus diwaspadai semua orang di masa tatanan hidup baru atau new normal. Terlebih saat terpaksa harus naik kendaraan umum, tentu saja Anda harus lebih berhati-hati. Karena besar kemungkinan untuk Anda bersentuhan dengan orang yang tidak diketahui kebersihannya.

Mengingat jumlah kasus yang masih tinggi, pemerintah terus mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya saat naik kendaraan umum. Ya, naik kendaraan umum seperti kereta, bus atau pesawat terbang dinilai lebih berisiko dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tak perlu khawatir berlebihan, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips aman naik kendaraan umum yang bisa Anda terapkan saat new normal:

1. Gunakan Masker dan Hand Sanitizer

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk selalu menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut. Sebab, saat berada di ruang publik, bisa saja ada droplet dari batuk atau bersin yang tak terlihat dan berpotensi mengenai Anda. Bersihkan juga tangan sebelum dan sesudah keluar dari kendaraan umum dengan hand sanitizer. Jadi, kedua item itu wajib Anda bawa ya.

2. ​Hindari Menyentuh Pintu atau Pegangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Virus Corona diketahui bisa menular melalui droplet yang tertinggal di permukaan benda mati. Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan. Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan sarung tangan saat bepergian dengan kendaraan umum.

3. ​Tutup Mulut saat Batuk atau Bersin

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pastikan terapkan etika saat batuk atau bersin di kendaraan umum. Tutup mulut saat batuk atau bersin dengan tisu atau sapu tangan. Cara ini bertujuan agar semburan droplet tidak menyebar dan tidak langsung terkena telapak tangan Anda. Dengan begitu, risiko penyebaran virus dapat berkurang.

4. ​Jaga Jarak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Usahakan untuk menjaga jarak fisik dengan mengatur tempat duduk supaya berjauhan dengan penumpang lainnya. Jaga jarak setidaknya minimal 1 meter. Baiknya bepergian menggunakan kendaraan umum di luar jam sibuk. Sehingga Anda bisa meminimalkan diri untuk saling bersentuhan dengan orang lain.

5.​Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Anda sering tidak sadar menyentuh wajah saat naik kendaraan umum? Nyatanya, wajah juga menjadi sumber kuman dan kotoran, lho. Menggaruk pipi, mengucek mata, menggosok hidung menjadi kegiatan yang mungkin berpotensi menularkan Virus Corona di kendaraan umum. Ya, mata, hidung dan mulut menjadi jalur termudah bagi virus dan bakteri untuk memasuki tubuh. Sebelum menyentuh area wajah, pastikan telapak tangan Anda sudah dibersihkan dengan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

6. ​Segera Cuci Tangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Setelah turun dari kendaraan umum, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah tiba di tempat tujuan. Atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol setelah naik kendaraan umum. Intinya selalu terapkan pola hidup bersih ya.

Itu lah 6 tips aman naik kendaraan umum saat new normal. Selain pola hidup bersih, Anda juga wajib menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dilengkapi dengan food supplement. Yuk, tingkatkan daya tahan tubuh di masa new normal dengan food supplement seperti K-Sauda VCO dan K-Honey 5 in 1.

K-Sauda VCO merupakan food supplement yang diformulasikan dari bahan alami pilihan, seperti minyak habbatussauda, minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) dan vitamin E. Virgin Coconut Oil (VCO) pada K-Sauda VCO mengandung asam laurat dan kaprat yang diubah menjadi monolaurin dan monokaprin untuk menghambat proses perkembangan virus dan bakteri. Sementara habbatussauda mengandung thymoquinonenigelon dan asam lemak tak jenuh yang bersifat sebagai antivirus untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

K-Honey 5 in 1 mengandung madu murni, royal jelly, ekstrak buah anggur, ekstrak buah delima dan ekstrak buah kurma. Nutrisi dan fruktosa di dalamnya membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh. Selain itu, kandungan ekstrak buah pada K-Honey 5 in 1 tinggi akan vitamin A, C, dan E yang dikenal sebagai antioksidan untuk mencegah bahaya radikal bebas. Yuk, pastikan tetap aman saat naik kendaraan umum. Mulai aktivitas di masa new normal dengan pola hidup bersih dan sehat, lengkapi juga dengan K-Sauda VCO dan K-Honey 5 in 1(Jabbar/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi