Penyebab Badan Mudah Pegal dan Nyeri Otot, Atasi dengan Cara Ini

Badan pegal dan nyeri otot merupakan keluhan yang kerap terjadi pada bagian sendi atau otot. Keluhan ini berupa rasa tidak nyaman atau nyeri yang biasanya timbul di area bahu, punggung, lengan, lutut hingga pergelangan kaki.

Rasa pegal dan nyeri otot bisa terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligamen, tulang dan otot. Jika hanya terjadi sesekali mungkin wajar, apalagi jika banyak beraktivitas fisik. Namun jika sering terjadi, apa penyebabnya? Dilansir dari berbagai sumber, keluhan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Olahraga Berlebihan

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Perlu Anda ingat, lakukanlah olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh. Bila tidak biasa atau memaksakan diri, olahraga berat seperti angkat beban bisa membuat seluruh otot, sendi dan ligamen menegang. Kondisi ini bisa menyebabkan badan pegal, kram dan nyeri otot terutama saat bangun tidur.

​2. Mengangkat Beban Berat

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ketika mengangkat beban yang terlalu berat, otot di punggung berkontraksi atau menegang. Hal ini yang membuat area tersebut menjadi pegal dan nyeri otot. Selain itu, memindahkan barang dengan posisi tubuh yang salah juga bisa menyebabkan badan pegal dan nyeri di bagian punggung.

​3. Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pada saat berdiri, beban tubuh dipusatkan pada sendi-sendi tungkai, terutama lutut. Hal ini yang membuat lutut akan terasa pegal dan nyeri otot. Sementara itu, duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan badan pegal karena sendi tidak digerakkan. Apalagi jika posisi duduknya salah, di mana sendi tertentu pada tulang belakang tertekuk atau harus menopang tubuh dalam posisi yang tidak nyaman.

​4. Posisi Tidur yang Buruk

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Beberapa posisi tidur bisa menyebabkan ketegangan pada punggung bagian bawah, pinggul dan leher. Kasur yang tidak sepenuhnya menopang berat badan atau bentuk tubuh juga bisa menyebabkan Anda terbangun dengan sakit punggung atau nyeri pinggang.

Itu lah 4 penyebab badan mudah pegal dan nyeri otot. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat saat weekday, pastikan ambil waktu untuk beristirahat saat libur. Anda bisa beristirahat seharian di rumah, melakukan hobi, ataupun pergi ke spa untuk pijat dan memanjakan diri. Perlu Anda tahu, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri, terutama pada otot.

Risiko badan pegal dan nyeri otot juga bisa dikurangi dengan gerakan olahraga ringan, terlebih jika Anda menggunakan aksesoris gelang K-Ion Nano WristbandJadi aksesoris gelang yang dilengkapi dengan material high quality rubber. Gelang kesehatan ini dibuat dengan bahan karet dengan kualitas terbaik, awet dan tahan lama.

Kebaikan 7 batuan alami (Ultimate 7 in 1) di dalamnya bekerja secara sinergis membantu melancarkan aliran darah dan membuang kelebihan racun di dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko badan pegal dan nyeri otot. Tidak hanya itu, gelang ini juga menambah kepercayaan diri saat memakainya. K-Ion Nano Wristband cocok dikombinasikan dengan gaya sporty dan casual. Yuk, temani kegiatan olahraga dan rutinitas sehari-hari Anda dengan aksesoris gelang K-Ion Nano Wristband! (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi