Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata, Generasi Milenial Wajib Tahu!

Mata menjadi salah satu panca indra yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Di era digital seperti sekarang, menjaga kesehatan mata bisa menjadi lebih sulit dari sebelumnya. Terlebih jika Anda adalah generasi milenial yang sering menghabiskan waktu di depan komputer, smartphone dan perangkat gadget lainnya.

Tenang, tak perlu khawatir berlebihan. Sebagai generasi milenial, Anda tetap bisa kok menjaga kesehatan mata. Ingat, jangan menunggu sampai usia lanjut untuk mulai menjaga kesehatan mata. Karena semakin cepat Anda merawat fungsi mata, semakin cepat juga manfaat yang akan didapatkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara menjaga kesehatan mata untuk Anda generasi milenial:

1. Pola Makan Sehat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pastikan sediakan selalu sayuran hijau, dedaunan, salmon, tuna, dan telur yang mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng dan vitamin A, C, dan E dalam pola konsumsi harian Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas penglihatan tetap jelas dan menangkal masalah mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

​2. Hindari Rokok

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Tahukah Anda, rokok juga bisa berdampak buruk bagi penglihatan? Perokok aktif berisiko tinggi mengalami degenerasi makula, katarak, bahkan kebutaan. Untuk itu, hindari rokok guna menjaga kesehatan mata sejak masih muda. Jika Anda bukan perokok, pastikan untuk hindari asap rokok dari orang sekitar. Ya, perokok pasif bisa sama bahayanya dengan perokok aktif.

​3. Tetap Terhidrasi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Mengonsumsi  banyak air bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Hal tersebut juga bisa mencegah masalah kekeringan di area sekitar mata karena kadar asupan air yang tinggi.

​4. Berikan Pelindung Layar

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Beri filter atau pelindung dari sinar yang terlalu terang. Kurangi juga tingkat kecerahan di perangkat komputer atau gadget Anda.

​5. Rumus 20:20:20 dan Relaksasi Mata

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Setiap 20 menit menatap layar gadget, istirahatkan mata selama 20 detik, pandanglah benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Anda juga bisa mencoba relaksasi mata. Caranya, gosok-gosok kedua tangan lalu letakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis Anda.

​6. Gunakan Sunglasses

Jangan lupa kenakan selalu sunglasses (kacamata hitam) saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat matahari tengah terik. Hal ini dilakukan agar mata terhindar dari paparan sinar UV secara langsung.

Pada jangka panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari berisiko mengakibatkan katarak dan masalah mata lainnya. Sebelum membeli sunglasses, pastikan pilih sunglasses dengan fitur UV protection seperti K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses. Metode Vacuum Forming pada sunglasses ini membantu melindungi mata dari bahaya negatif sinar UV.

Bagian depan lensanya dilengkapi dengan teknologi REVO, yang berperan membantu memblok sinar UV. K-Ion Nano Premium 7 Sunglassesmengandung kebaikan ion negatif untuk meningkatkan sistem imunitas, memperkuat fungsi tubuh, dan menambah suplai oksigen di sekitar mata agar mata tidak mudah lelah dan tetap nyaman.

Ekspresikan gaya Anda dengan dua varian model, ada Half-Rim Frames dan Wayfarer Frames. Pilihan warna yang tersedia di antaranya Dark Black GoldDark CaféDark RedShine Tortoise dan Dark Black Mirror. Hei generasi milenial, selagi muda, pastikan jaga selalu kesehatan mata dengan langkah di atas. Kacamata K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses siap temani aktivitas Anda! (Dedi/Jody) 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi