Kenali Ciri Ruam Kulit yang Jadi Gejala COVID-19

Baru-baru ini, seorang public figure asal Indonesia terkena COVID-19 dengan gejala yang tak biasa. Seperti kita ketahui, gejala yang pada umumnya terjadi yaitu batuk, demam dan sesak napas, namun ia mengalami kondisi ruam kulit di beberapa bagian tubuhnya.

Para ahli menyatakan bahwa gejala COVID-19 yang satu ini kerap tak disadari banyak orang. Sebenarnya, ruam kulit seperti apa yang bisa menunjukkan seseorang terkena COVID-19? Dikutip dari laman The Sun dan para ahli dari King’s College London, berikut ini 8 jenis gejala ruam kulit COVID-19 yang perlu diwaspadai:

1. Urtikaria

​(Foto: https://www.tribunnewswiki.com/)

Ruam kulit bisa menjadi gejala COVID-19, jika tiba-tiba muncul benjolan pada kulit yang datang dan pergi cukup cepat selama berjam-jam. Benjolan ini juga biasanya terasa sangat gatal. Benjolan ini juga bisa melibatkan bagian tubuh mana pun, seringkali dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau telapak kaki, dan dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata. Ruam ini dapat muncul sejak awal infeksi, tetapi juga dapat berlangsung lama setelahnya.

​2. Ruam Seperti Cacar Air atau Biang Keringat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Area kecil dengan benjolan merah gatal dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, terutama di bagian siku, lutut, punggung tangan dan kaki. Kondisi ruam ini bisa bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

​3. Kondisi Jari Tangan dan Kaki Membengkak

​(Foto: https://www.consultant360.com/)

Kondisi ini menyebabkan benjolan kemerahan dan keunguan di jari tangan atau kaki. Bisa jadi terasa sakit tetapi biasanya tidak menyebabkan gatal. Jenis ruam ini paling spesifik untuk COVID-19, lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda dengan penyakit tersebut, dan cenderung muncul di kemudian hari.

​4. Pityriasis Rosea

​(Foto:​ https://www.mayoclinic.org/)

Pityriasis rosea bisa bersifat musiman, namun biasanya terjadi pada musim gugur dan dingin. Kondisi ruam ini biasanya menyerang seseorang dengan usia muda, tetapi lebih banyak orang yang melaporkan pola ini selama pandemi COVID-19.

​5. Eksim Leher dan Dada

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Ruam ini muncul di leher dan di bagian anterior dada di tempat yang terpapar sinar matahari. Umumnya berwarna merah muda dan sangat gatal. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja selama atau setelah infeksi, dan biasanya berlangsung cukup lama.

​6. Mulut

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kondisi bibir mungkin terasa sakit dan bisa menjadi kering dan bersisik saat pulih. Nyeri di dalam mulut juga bisa terjadi.

​7. Purpuric

​(Foto: https://www.clinicaladvisor.com/)

Pola ini mudah dikenali karena muncul dengan tanda beberapa bintik merah tua atau keunguan. Dapat menyebabkan bercak seperti memar. Bercak ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah kecil yang dangkal dengan pendarahan di kulit.

​8. Exanthem

​(Foto: https://dermnetnz.org/)

Pola umum ini terlihat pada infeksi virus dengan ruam simetris yang terdiri dari banyak bercak kemerahan atau benjolan di seluruh tubuh. Biasanya disertai gejala penyakit virus, seperti demam, batuk, dan malaise. Menuruh ahli, pasien yang diduga mengidap COVID-19 bisa datang dengan pola ini, tetapi mungkin tidak memiliki gejala lain.

Itu lah beberapa tanda ruam kulit yang jadi gejala COVID-19. Tetap waspada dengan melakukan 4M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan imunitas dengan pola makan sehat. Jangan lupa lengkapi juga dengan kebaikan nutrisi pada K-C Susu Skim Bubuk dan Propolis Platinum.

K-C Susu Skim Bubuk mengandung bahan utama, seperti skim bubuk, omega-3 dan kolostrum. Kebaikan kolostrum di dalamnya bekerja merangsang kelenjar getah bening (limfe) untuk menghasilkan sel b dan sel t untuk memproduksi imunoglobulin G (IgG) sebagai antibodi untuk membantu melawan virus. Selain itu, kandungan vitamin E pada susu ini juga bersifat antioksidan untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh melawan infeksi bakteri maupun virus.

Selanjutnya ada Propolis Platinum. Propolis cair bebas alkohol ini berasal dari Brazil dengan kualitas grade terbaik. Kebaikan bioflavonoid di dalamnya bekerja membantu memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Di masa pandemi, menjaga daya tahan tubuh tetap optimal itu wajib. Pastikan selalu sedia K-C Susu Skim Bubuk dan Propolis Platinum ya, Mitra K-LINK. (Angga/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi