Kemampuan Otak Menurun Usai Libur Panjang? Mungkin Ini Penyebabnya

Tinggal beberapa minggu lagi, kita akan sampai di penghujung tahun 2020, di mana kita akan menikmati waktu libur panjang dengan cuti bersama. Apakah Anda sudah merencanakan destinasi liburan? Atau masih bingung? Ya, kegiatan berlibur itu sangat spesial, apalagi jika dilakukan bersama pasangan, keluarga dan teman-teman.

Selain bisa menyegarkan kembali otak yang sudah penat, liburan juga berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Namun, libur panjang ternyata tidak sepenuhnya berdampak baik, karena bisa juga menurunkan kemampuan otak. Mengapa hal itu bisa terjadi? Dilansir dari Klikdokter.com, berikut ini penyebab kemampuan otak menurun usai libur panjang:

1. Beban Kerja Lebih Banyak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kondisi ini biasa terjadi saat Anda mengambil cuti liburan di hari biasa. Beban pekerjaan bisa saja tetap diberikan kepada Anda, meski memiliki batas waktu yang cukup panjang. Anda pun akan menyadari bahwa realita tidak seindah liburan panjang yang telah dijalani.

​2. Sulit Mengubah Kebiasaan yang Telah Dirasakan Otak dan Tubuh

​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat mengambil banyak waktu luang untuk relaksasi, Anda akan bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat dari biasanya. Seperti, saat bangun lebih siang atau memiliki jadwal kegiatan yang tidak terlalu tertata. Saat kembali bekerja, Anda bisa kesulitan mengubah perilaku dan butuh beradaptasi kembali secara mental maupun fisik.

​3. Otak Jarang Diasah Selama Liburan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Saat sekolah atau bekerja, Anda akan selalu terlatih dalam hal pekerjaan. Hal tersebut tentu tidak terjadi saat liburan. Saat otak “berlibur”, tubuh juga akan merasa malas. Otak menangkap bahwa Anda hanya ingin bersantai saja.

​Oleh sebab itu, penting untuk mengantisipasi hal itu terjadi.Anda tidak mau kan kemampuan otak jadi menurun hanya karena aktivitas libur panjang di penghujung tahun. Nah, berikut ini tips untuk menghindarinya:

  • Bersihkan Rumah Sebelum Pergi Liburan 
    Saking semangatnya liburan, Anda mungkin menunda untuk merapikan rumah dan berencana melakukannya saat pulang. Padahal, melihat rumah kotor justru bikin moodturun. Baiknya, sempatkan waktu untuk menyapu, mengepel lantai dan wewangian di rumah. Hal-hal ini membuat Anda merasa “disambut” saat kembali ke rumah.
  • Berikan Jeda Waktu Setelah Liburan dan Masuk Kantor atau Sekolah 
    Jika memungkinan, beri diri sendiri waktu beberapa hari sebelum kembali ke rutinitas biasa. Anda bisa mengisi waktu dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari, mencuci baju atau membersihkan rumah.
  • Rencanakan Aktivitas yang Menyenangkan saat Kembali 
    Usai liburan, rencanakan aktivitas sederhana yang menyenangkan dan tidak menguras kantong. Seperti menonton film, makan siang bersama kerabat atau olahraga. Hal ini bisa Anda lakukan dalam jangka waktu 1 bulan setelah liburan, tak perlu tergesa-gesa.
  • Menulis Jurnal Travelling 
    Kenangan indah saat liburan bisa jadi memudar setelah beberapa waktu. Anda bisa mengakalinya dengan menuliskan pengalaman liburan Anda di dalam sebuah jurnal. Jurnal travelling bisa menampung inspirasi yang Anda dapat selama perjalanan dan bisa bangkitkan motivasi untuk travelling lagi.

Selain dengan tips di atas, pastikan juga tubuh Anda bugar saat kembali ke rumah. Anda bisa melakukan gerakan olahraga ringan, istirahat yang cukup, makan tepat waktu dan lengkapi asupan nutrisi untuk otak dengan K-SagePlus. Suplemen ini memiliki kandungan utama berupa akar sage merah (Salvia Miltiorrhiza).

Kebaikan nutrisi di dalamnya membantu meningkatkan imunitas tubuh dan melebarkan arteri untuk meningkatkan aliran darah ke otak, jantung dan organ tubuh lainnya. Konsumsi K-SagePlus 1-2 kapsul setelah makan setiap hari membantu meningkatkan kesehatan, fungsi kognitif dan kecerdasan otak. Ayo move on dari liburan panjang. Siapkan diri Anda untuk semangat dan lebih produktif lagi saat kembali. Pastikan kebaikan nutrisi untuk otak terpenuhi dengan K-SagePlus, otak jadi lebih fresh(Donny/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi