Kacamata Berembun saat Menggunakan Masker? Atasi dengan Tips Ini

Di masa pandemi semua orang dianjurkan menggunakan masker saat ke luar rumah dan melakukan rutinitas, khususnya ketika berinteraksi dengan banyak orang. Ya, memakai masker sudah menjadi protokol wajib yang harus dilakukan dalam melakukan pencegahan penularan Virus Corona.

Namun tahukah Anda, bagi orang yang menggunakan kacamata, penggunaan masker bisa menimbulkan sedikit masalah. Pasalnya, lensa kacamata sering berembun karena udara pernapasan yang keluar dari celah masker. Hal ini tentu saja bisa mengganggu penglihatan, lho. Supaya penglihatan Anda tidak terganggu, berikut ini tips agar kacamata tak berembun saat menggunakan masker:

1. Lipat Masker di Bagian Atas

​(Foto: https://www.wowkeren.com)

Sebelum memutuskan memakai masker, baiknya lipat masker ke dalam kira-kira 1 cm untuk bagian atas masker. Pilih masker yang bisa merekat di hidung pada bagian atas masker. Jika bagian atas masker melekat di hidung, maka udara dari hidung tidak akan mengarah ke mata yang bisa menyebabkan kacamata berembun. Setelah itu, Anda bisa tenang selama memakai masker dan tidak membuat kacamata berembun.

​2. Tambahkan Tisu di Dalam Masker

​(Foto: ​https://www.irenebrination.com/)

Untuk menerapkan cara ini, Anda harus pilih masker dengan kantung filter. Tisu tersebut berguna untuk menyerap kelembapan dari napas dan menghalangi kondensasi. Caranya, lipat tisu menjadi persegi panjang lalu selipkan di bagian dalam masker. Pastikan tisu itu terletak di atas jembatan hidung Anda ya.

​3. Cuci dengan Sabun dan Air

​(Foto: ​https://www.pel-eyewear.com/)

Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan dalam jurnal medis menemukan, dokter yang kacamatanya berkabut karena masker bedah mampu menghilangkan embun pada lensa dengan air sabun sebelum melakukan operasi. Sebelum menggunakan masker, cuci dulu kacamata dengan sabun dan air, lalu biarkan kacamata mengering atau bisa dikeringkan dengan menggunakan tisu yang lembut.

​4. Gunakan Plaster Pada Masker

​(Foto: ​​Twitter/)

Anda bisa melakukannya dengan menempelkan masker di sekitar pangkal hidung menggunakan plester olahraga atau medis. Pastikan plester yang Anda pilih aman untuk kulit. Jangan gunakan lakban atau selotip. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif tetapi ingin menggunakan cara ini, sebaiknya gunakan plester yang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

​5. Ganti dengan Lensa Anti Kabut

Terakhir, yang bisa Anda lakukan adalah mengganti lensa kacamata dengan fitur anti kabut. Biasanya, tersedia berbagai tingkatan kemampuan lensa untuk menahan embun pada lensa kacamata.

Itu lah beberapa tips agar kacamata tak berembun saat menggunakan masker. Solusi praktis lain untuk menikmati penglihatan bebas embun, Anda bisa menggunakan kacamata K-Ion Nano Premium 5. Kacamata kesehatan ini berperan memancarkan energi Anion (Ion Negatif) dan Far Infrared Rays dalam bentuk partikel nano yang baik untuk kesehatan mata.

K-Ion Nano Premium 5 dilengkapi dengan 3 fitur lensa, salah satunya lapisan Anti-Fog (kabut). Lensa ini membantu melindungi penglihatan saat terjadi kabut, uap ataupun embun. Fitur lensa blue ray dan anti sinar UV pada kacamata ini juga membantu memberikan perlindungan terhadap radiasi gadget dan pantulan sinar UV. So, mata Anda akan aman dan nyaman di segala kondisi!(Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi