Ini Penyebab Tubuh Mudah Sakit saat Musim Hujan

 

Di penghujung tahun 2020, beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami musim hujan. Kondisi cuaca yang tidak menentu, angin kencang, banjir hingga suhu dingin bisa saja membuat daya tahan tubuh menurun dan menjadikan tubuh mudah sakit.

Musim hujan dikenal sebagai musim rawannya penyakit yang membuat pertumbuhan jamur, virus dan bakteri. Saat daya tahan tubuh lemah, penyakit seperti flu, demam, diare, tifus hingga penyakit kulit bisa saja menyerang tubuh Anda. Ya, saat musim hujan tiba, tubuh Anda bisa menjadi mudah sakit. Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi, apa penyebabnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penyebab tubuh mudah sakit saat musim hujan:

1. Perubahan Suhu

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Perubahan suhu menjadi ekstrem bisa terjadi saat musim hujan tiba. Suhu udara saat hujan tentu berbeda ketika belum hujan. Seperti pada siang hari dan tidak hujan, cuaca pasti cenderung panas. Lalu mendadak turun hujan, maka suhu pun ikut mengalami penurunan. Artinya, tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan drastis. Kondisi ini akan langsung memengaruhi sistem imun tubuh.

​2. Kekurangan Sinar Matahari

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Musim hujan membuat sinar matahari tertutup awan tebal. Padahal sinar matahari baik bagi tubuh, terutama di pagi hari. Ya, matahari bisa membunuh berbagai jenis virus, serta jadi sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan kerja berbagai enzim dalam tubuh. Daya tahan tubuh Anda juga bisa menurun saat kekurangan sinar matahari.

​3. Minimnya Aktivitas Fisik

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Tidak bisa dipungkiri, saat musim hujan sebagian orang kurang melakukan aktivitas fisik dan lebih memilih untuk bersantai atau bermalas-malasan. Padahal dengan bergerak dan rutin olahraga, daya tahan tubuh Anda bisa tetap terjaga. Ya, kurangnya aktivitas fisik bisa membuat tubuh Anda mudah sakit.

​4. Perkembangan Virus dan Bakteri Lebih Mudah

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kondisi lingkungan yang cenderung lembap saat musim hujan membuat virus dan bakteri penyebab penyakit lebih cepat berkembang. Anda juga harus mewaspadai hewan perantara penyakit seperti nyamuk yang bisa lebih mudah berkembang biak.

Untuk mencegah berbagai penyakit di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Simak ulasannya di bawah ini:

  • Tetap terhidrasi, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  • Istirahat cukup, usahakan tidur selama 7-8 jam per hari.
  • Cegah kuman penyebab penyakit dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.
  • Hindari konsumsi makanan yang tidak higienis.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan vitamin.

Asupan vitamin untuk mejaga daya tahan tubuh di musim hujan bisa Anda dapatkan pada vitamin C. Selain dari sayuran dan buah-buahan, kebaikan vitamin C juga bisa Anda dapatkan pada suplemen seperti K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kombinasi vitamin C dan ekstrak teh hijau pada K-Vit C Plus Teavigo berperan membantu mencegah kerusakan jaringan dan menjaga kadar radikal bebas tetap normal di dalam tubuh.

Nutrisi yang tak boleh ketinggalan terdapat pada K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant. Kombinasi spirulina dengan ekstrak buah blackcurrant di dalamnya tinggi akan vitamin C. Gabungan kedua bahan ini menciptakan rasa yang nikmat, dan tentu saja siap untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Jangan kalah dengan penyakit! Pastikan kondisi tubuh Anda tetap sehat saat musim hujan. Yuk, jaga daya tahan tubuh dengan tips di atas, lengkapi juga kebutuhan vitamin C harian dengan K-Vit C Plus Teavigo dan K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant! (Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi