Belanja Makanan Tetap Aman dan Higienis Selama Pandemi, Ini Tipsnya!

Di situasi pandemi ini, banyak orang merasa khawatir untuk belanja makanan atau kebutuhan pokok lainnya. Padahal stok makanan harus tetap terpenuhi. Ya, mau tidak mau Anda harus tetap pergi membeli stok bahan makanan ke pasar atau supermarket.

Mau pergi ke pasar, supermarket atau membeli makanan siap saji, ketiganya sama-sama berisiko untuk tertular COVID-19. Untuk itu, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan saat memutuskan untuk ke luar rumah. Supaya belanja makanan bisa tetap aman dan higienis, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:

1. Siapkan Daftar Belanja

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Catat daftar belanja Anda tentang apa saja yang dibutuhkan di pasar atau supermarket, sehingga Anda bisa mendapatkan semuanya tanpa membuang banyak waktu. Baiknya, beli bahan makanan untuk 1-2 minggu sekaligus agar tidak terlalu sering pergi ke luar rumah.

​2. Gunakan Masker dan Sarung Tangan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pastikan untuk selalu menggunakan masker saat berada di pasar. Sarung tangan juga bisa bermanfaat untuk meminimalkan kontak langsung dengan permukaan benda yang mungkin terkontaminasi virus. Satu lagi, jangan lupa membawa hand sanitizer ya.

​3. Menjaga Jarak

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Salah satu pencegahan penularan COVID-19 yang efektif adalah dengan saling menjaga jarak. Ingatlah untuk selalu menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain saat berada di pasar atau supermarket. Selain itu, usahakan jangan sentuh wajah dengan tangan.

​4. Mencuci Tangan dengan Sabun

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Sebagian besar supermarket biasanya mengharuskan Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk. Pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah dari supermarket selama 20 detik. Jika tidak tersedia, gunakan hand sanitizer.

​5. Transaksi dengan Non Tunai

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Jika memungkinkan, baiknya gunakan pembayaran menggunakan cashless atau berbasis aplikasi untuk menghindari penyebaran virus melalui uang tunai. Jika Anda terpaksa menggunakan uang tunai atau kartu untuk membayar, segera bersihkan tangan.

​6. Bersihkan Bahan Makanan yang Baru Dibeli

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Untuk membersihkan kemasan bahan makanan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer, alkohol, atau tisu basah dengan bahan antibakteri. Sedangkan untuk membersihkan sayur dan buah, Anda bisa mencucinya dengan air mengalir dan sabun khusus untuk makanan selama kurang lebih 20 detik. Hindari mencuci bahan makanan dengan detergen atau disinfektan ya.

Itu lah tips belanja makanan tetap aman dan higienis selama pandemi. Jika terlalu khawatir ke luar rumah, Anda juga bisa belanja makanan secara online. Saat terpaksa harus ke luar rumah, pastikan daya tahan tubuh Anda kuat dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi, olahraga dan istirahat cukup. Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen seperti Propolis Platinum dan K-Sauda VCO.

Propolis Platinum merupakan produk lebah yang kaya akan senyawa bioflavonoid. Kandungan bioflavonoid seperti quercetin dan aterpilin C di dalamnya menjadikannya salah satu bahan alami yang penting dikonsumsi untuk memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh.  Sementara itu, K-Sauda VCO mengandung thymoquinone dalam habbatussauda dan asam laurat di dalam VCO (Virgin Coconut Oil). Keduanya merupakan gabungan super dalam menghadapi serangan mikrooganisme termasuk virus. 

Pastikan jaga daya tahan tubuh tetap optimal di masa pandemi ini. Lengkapi nutrisi sehat Anda dengan kebaikan suplemen Propolis Platinum dan K-Sauda VCO(Jabbar/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi