6 Strategi Digital Marketing di Tengah Pandemi COVID-19

Harapan adanya perbaikan ekonomi di tahun 2020 menjadi sirna akibat munculnya pandemi global Virus Corona (COVID-19). Virus yang berasal dari Cina dan menyebar luas ke berbagai negara ini berhasil memporak-porandakan ekonomi dunia dan memicu munculnya krisis baru. Para pelaku bisnis harus melakukan berbagai cara untuk memasarkan jasa atau produknya ke konsumen. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi digital marketing agar bisnisnya dapat bertahan.

World Economic Forum (WEF) memandang pandemi ini mulai menunjukkan dampak ekonomi terhadap dunia. Banyak negara yang memprediksikan ekonominya akan resesi. Dalam hal ini, pertumbuhan ekonomi sejumlah negara akan menjadi negatif. Para pebisnis yang terdampak pandemi ini tidak perlu menunggu waktu untuk perbaikan ekonomi global. Anda sebagai pebisnis atau bekerja sebagai digital marketer membutuhkan strategi digital marketing saat pandemi corona yang berbeda dari biasanya.

Dilansir dari banyak sumber, berikut ini beberapa strategi digital marketing di Tengah pandemi COVID-19 yang dapat Anda terapkan:

1. Pastikan Bisnis Bisa Ditemukan Online

search

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pandemi ini membuat banyak orang beraktivitas bahkan bekerja di rumah aja, tentu jadi lebih banyak orang yang mengakses internet dari rumah. Lalu lintas pencarian online juga terus meningkat signifikan beberapa bulan terakhir dan akan terus naik selama masih berada di rumah masing-masing. Semua orang berburu informasi terbaru melalui gadget masing-masing, termasuk belanja online, yang juga jadi cara untuk menghabiskan waktu. Pastikan bisnis Anda mudah ditemukan di media sosial, bahkan di halaman-halaman utama mesin pencarian online.

2. ​Optimalkan Internet

optimalkan-internet

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Meski di rumah aja, banyak orang-orang masih melakukan pembelian barang dan selalu membutuhkan sesuatu. Untuk itu, Anda masih punya banyak peluang untuk memasarkan sesuatu. Sekarang  lebih banyak orang yang aktif membuka internet saat berada di rumah daripada yang berada di dalam mobil, ini saat yang tepat untuk memanfaatkan internet. Internet tak hanya digunakan untuk update informasi berita, melainkan juga untuk berhubungan sosial, dan yang pasti melakukan kegiatan jual-beli. Optimalkan Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi digital marketing saat pandemi agar Anda lebih “tampil” di internet dan ada di halaman hasil pencarian Google.

3. ​Manfaatkan Sosial Media

social-media

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Imbauan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan, seperti belajar dari rumah, ibadah di rumah, bekerja dari rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi penyebaran Virus Corona. Tak sedikit juga orang yang mencari hiburan di dalam rumah, seperti mulai dari berlangganan film atau series, hingga lebih sering bermain media sosial. Nah, Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan lebih mengoptimalkan media sosial sebagai media marketing Anda. Anda dapat membuat template untuk Instagram story, giveaway, atau membuat mini games yang akan meningkatkan brand awareness calon konsumen. Jangan lupa, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan juga ya.

4. ​Jadi Brand yang Tanggap Situasi

brand

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Berilah transparansi kepada konsumen Anda mengenai upaya yang dilakukan dalam situasi pandemi ini. Contohnya, jika Anda punya bisnis di bidang kuliner, sampaikan bahwa Anda telah melakukan sesuai prosedur seperti chef dan tim yang menyiapkan makanan wajib memakai sarung tangan, masker, dan kotak makan yang higienis. Atau jika Anda memiliki bisnis offline, sampaikan kepada pelanggan bahwa Anda kini membuka layanan online untuk mendukung kegiatan di rumah aja.

5. ​Coba Gunakan Iklan Berbayar

pay-per-click

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Banyaknya orang di rumah aja berdampak pada traffic internet yang menjadi tinggi. Kesempatan dan peluang terbuka ini bisa Anda manfaatkan untuk beriklan. Naiknya traffic berarti naiknya pengguna internet. Apabila dihitung, membandingkan harga yang harus Anda bayarkan dan peluang iklan menarik pengguna, harga iklan menjadi murah. Anda juga bisa memanfaatkan pay-per-click (PPC). Jadi, jangan lupa pertimbangkan iklan berbayar sebagai salah satu strategi digital marketing saat pandemi COVID-19 ini ya.

6. ​Siapkan Strategi untuk Bangkit Lagi

bisnis-sukses

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pandemi COVID-19 pasti akan berakhir juga. Saat masa itu tiba, Anda harus menyiapkan strategi untuk kembali bangkit. Mempersiapkan budget dan ide untuk iklan di luar ruang adalah langkah yang sudah bisa dipersiapkan dari sekarang untuk kembali membuat gebrakan brand Anda nantinya. Lakukan juga penyesuaian strategi digital marketing saat pandemi COVID-19 dengan rencana digital marketing setelah pandemi. Terpuruk dan bangkit lagi, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan yang baik ini ya.

​Itulah 6 strategi digital marketing di tengah pandemi COVID-19. Ingat, bahwa Anda tidak menghadapi kesulitan ini sendirian. Jangan panik, ayo coba atur kembali manajemen keuangan dan strategi bisnis Anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat! (Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi