6 Rutinitas Menyenangkan yang Bikin Daya Tahan Tubuh Kuat

Sudah memasuki penghujung tahun 2020, tapi angka kasus COVID-19 masih terus meningkat. Tentu saja semua orang harus tetap waspada dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik dan yang tak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh.

Selain dapat terhindar dari virus, menjaga daya tahan tubuh juga membuat Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Menurut ahli kesehatan, daya tahan tubuh cenderung menurun ketika seseorang mengalami kecemasan hingga stres. Meskipun harus waspada, bukan berarti Anda harus cemas, ya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 rutinitas menyenangkan yang bisa bikin daya tahan tubuh menjadi kuat. Rutinitas ini bisa Anda lakukan dengan mudah, lho.

1. Olahraga Ringan

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Olahraga teratur dan sedang dapat mengurangi peradangan dan membantu regenerasi sel kekebalan Anda secara teratur. Contoh olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, berenang dan lintas alam ringan. Kebanyakan orang harus menargetkan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu.

​2. Tidur yang Cukup

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam. Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami Anda. Selain itu, Anda mungkin tidur lebih banyak saat sakit untuk memungkinkan sistem kekebalan Anda melawan penyakit dengan lebih baik.

​3. Tetap Terhidrasi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Hati-hati dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, serta fungsi jantung dan ginjal Anda. Untuk mencegah dehidrasi, baiknya minum cukup cairan setiap hari untuk membuat urin Anda berwarna kuning pucat. Air dianjurkan karena bebas kalori, aditif dan gula. Meskipun teh dan jus juga menghidrasi, baiknya batasi asupan jus buah dan teh manis karena kandungan gulanya yang tinggi.

​4. Tertawa

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Robert R. Provine, profesor bidang psikologi dan neurosains di University Of Maryland mengatakan, bahwa beberapa kajian menunjukkan kemampuan menggunakan humor bisa meningkatkan antibodi untuk memerangi infeksi dan menaikkan sel-sel imun tubuh. Mungkin Anda bisa mencoba hal ini dengan cara menonton film komedi agar bisa tertawa.

​5. Video Call dengan Orang Tersayang

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Mengurung diri di rumah selama berminggu-minggu dan tidak ketemu orang lain selain keluarga pastinya membuat bosan. Agar lebih happy, cobalah menghibur diri dengan sering video call bersama sahabat, rekan kerja atau pacar. Semoga kondisi ini bisa cepat berakhir dan bisa bertemu secara langsung.

​6. Mencoba Hal Baru

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

​Semenjak pandemi banyak hal berubah, termasuk rutinitas bekerja dari rumah. Anda bisa jadikan momen ini untuk mencoba hal baru, lho. Misalnya dengan ikut kursus online, mencoba resep baru, atau belajar bahasa asing. Ya, banyak hal baru yang bisa dilakukan saat di rumah, dan hal ini bisa menurunkan tingkat kecemasan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Itu lah 6 runtinitas menyenangkan yang bisa bikin daya tahan tubuh menjadi kuat. Selain dengan kebiasaan di atas, Anda juga wajib mengonsumsi makanan bergizi dan melengkapinya dengan susu seperti K-C Susu Skim Bubuk. Susu ini mengandung zat antibodi tinggi dan immunoglobulin. Lalu yang tak kalah penting, K-C Susu Skim Bubuk mengandung kebaikan kolostrum yang memiliki zat kekebalan 10-17 kali lebih banyak dari susu matang (mature).

Kebaikan kolostrum di dalamnya terbukti mampu merangsang kelenjar getah bening (limfe) untuk menghasilkan lebih banyak sel B dan sel T. Kedua sel ini kemudian memproduksi Immunoglobulin G (IgG) yang dikenal sebagai antibodi atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis patogen, termasuk bakteri dan virus. Selain itu, kolostrum pada susu ini juga mengandung enzim Lysosim yang mempunyai fungsi anti bakteri dan membantu menghambat pertumbuhan berbagai macam virus.

Pastikan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga di masa pandemi, lengkapi rutinitas menyenangkan Anda dengan rutin mengonsumsi K-C Susu Skim Bubuk, salam sehat! (Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi