5 Tips Membuat Email Marketing yang Menarik

Tanpa sebuah strategi pemasaran (marketing) bisnis tidak akan dikenal oleh konsumen. Kegiatan marketing berguna sebagai media penguat sebuah brand atau bisnis. Saat ini, marketing dan promosi menjadi sebuah keharusan bagi pelaku bisnis agar usahanya berkembang. Jenis kegiatan marketing juga sangat bervariasi, mulai dari promosi lewat media sosial, memasang iklan di televisi atau radio, hingga ke email marketing.

Apa Anda sudah mengenal email marketing, seperti apa itu? Ya, email marketing merupakan salah satu channel digital marketing untuk melakukan promosi melalui email. Cara ini dinilai efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran, karena biaya yang dikeluarkan cukup murah dan dapat langsung mengarah ke konsumen yang ditargetkan.

Email marketing memberikan benefit hubungan antar konsumen dengan perusahaan menjadi lebih personal. Di era digital, konsumen menjadi aset yang harus dilibatkan, dengan begitu konsumen akan tetap setia untuk menggunakan produk dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain. Pada intinya, jika pelanggan sudah terbiasa dan menyukai konten yang Anda kirim, mereka akan lebih mudah untuk dibujuk membeli atau hanya sekedar berpartisipasi dengan campaign yang Anda buat.Namun, untuk memanfaatkan email marketing yang menarik, tentu perlu beberapa strategi khusus. Email berbeda dengan platform media sosial, sehingga membutuhkan pendekatan yang juga berbeda. Berikut ini 5 tips membuat email marketing yang menarik spesial untuk Anda:

1. Buat Konten Ucapan Selamat Datang untuk Pelanggan Baru

congratulations

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Pertama, jangan lupa kirim konten berisi ucapkan selamat datang untuk konsumen yang baru berlangganan email marketing Anda. Isi konten ucapan selamat datang menimbulkan kesan bahwa perusahaan Anda telah memberikan sentuhan personal sehingga menciptakan kesan baik di masa yang akan datang. Baiknya isi kalimat awal supaya terlihat lebih kasual dan mudah dibaca, sehingga tak terkesan melakukan promosi berlebihan. Anda juga bisa menyisipkan penawaran berupa voucher potongan harga (diskon).

2. ​Informasikan Promo yang Sedang Berjalan

informasikan-promo

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Untuk mendapat perhatian banyak pelanggan, cobalah untuk kirim email marketing berisi promo yang sedang berjalan. Cara ini cukup efektif untuk menjangkau customer. Biasanya mereka cenderung lupa atau menunggu promosi hingga detik terakhir saat sudah mengumpulkan uang yang cukup. Akan tetapi, mengirim kampanye di awal masa penayangan saja masih kurang powerfull. Jadi, Anda masih harus mengingatkan konsumen terkait berbagai promo yang sedang berjalan.

3. ​Gunakan Copy dan Gambar yang Menarik

copywritter

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Email marketing akan gagal jika isi dari email tersebut tidak dapat membuat konsumen tertarik. Mulailah isi email Anda dengan menarik, ringkas dan sesuai dengan karakter brand Anda. Buat kalimat ajakan yang meyakinkan pelanggan untuk bertindak sesuai dengan call to action (CTA) yang ditampilkan di dalam email Anda. Letakan informasi yang paling penting di bagian awal email, dan membahas detailnya di bagian selanjutnya. Sampaikan pesan Anda melalui gambar yang menarik. Gunakan gambar yang benar-benar bisa menambahkan value di email Anda, dan bisa menyampaikan pesan dengan lebih baik daripada hanya sekadar teks biasa.

4. ​Edukasi Pelanggan

education

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Produk dengan kualitas baik tidak akan banyak berguna di pasaran jika calon pengguna tidak memahami apa yang sedang mereka beli. Untuk itulah, diperlukan edukasi terkait pengetahuan produk. Jadi, selain menciptakan produk berkualitas, Anda juga perlu melakukan edukasi kepada calon pembeli produk. Salah satu cara untuk mengedukasi konsumen adalah dengan mengirimkan artikel. Ya, cara ini banyak dikembangkan oleh perusahaan berbasis teknologi.

5. ​Berikan Penawaran Khusus dan Giveaway

Berikan Penawaran Khusus dan Giveaway

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Siapa yang tidak menyukai diskon atau gratisan? Tentu jawabannya adalah semua orang menginginkannya, begitu juga dengan konsumen. Anda dapat memberikan tawaran eksklusif melalui email marketing, seperti bundling produk dengan harga lebih murah, diskon khusus member, atau bonus produk untuk 10 pembeli pertama. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan giveaway.

Dilansir dari id.techinasia.com, giveaway adalah salah satu strategi pemasaran yang populer dan efektif, terutama di era media sosial sekarang. Menurut data dari Google Primer, sekitar 75 persen partisipan giveaway kemungkinan akan menjadi konsumen di masa depan.

Itulah 5 tips membuat email marketing yang menarik. Hal yang tak kalah penting untuk Anda pelajari adalah mengenali kebiasaan calon pelanggan, mengelompokkan profil user, dan juga mengevaluasi dengan mengukur hasilnya. Bagaimana, sudah tertarik membuat email marketing yang menarik? Pastikan Anda ikut memanfaatkan email marketing untuk mendapat lebih banyak pelanggan. Semoga artikel ini bermanfaat (Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi