4 Tips Memilih Kacamata untuk Mengemudi

Cahaya matahari yang silau memberikan tantangan tersendiri bagi pengemudi kendaraan bermotor saat melakukan perjalanan. Agar mata tidak silau, penggunaan kacamata hitam pun sering menjadi pilihan utama bagi pengendara mobil atau motor.  

Ketika memilih kacamata, banyak yang tidak menyadari beberapa pilihan kurang cocok dipakai saat mengemudi. Beberapa jenis tak memungkinkan cahaya masuk ke mata dan mengganggu visibilitas. Pemilihan kacamata untuk mengemudi harusnya tak boleh sembarangan, lantaran harus disertai spesifikasi khusus agar mata terproteksi dengan baik. Lalu, bagaimana cara memilih kacamata yang tepat untuk mengemudi? Simak ulasan di bawah ini:

Memiliki Fitur Proteksi


(Foto : alicdn.com)

Sun visor bisa mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Namun, posisi sun visor bawaan di mobil terkadang kurang ideal. Untuk mengurangi paparan matahari, Anda bisa menggunakan kacamata anti UV atau polarized. Jika mata minus atau plus, maka Anda perlu menggunakan kacamata baca tapi dengan lensa khusus.  Menghadapi silau matahari dengan kacamata anti UV dinilai dapat meningkatkan pandangan pengemudi, menjaga waktu reaksi dan mengurangi risiko kecelakaan.

Sesuaikan Lensa dengan Kebutuhan

(Foto : https://www.specsavers.co.za/)

Kacamata mengemudi juga dapat digunakan dengan resep dokter, sehingga tidak masalah jika Anda membutuhkan lensa anti UV atau polarized untuk kacamata rabun jauh. Ya, Anda hanya tinggal menyesuaikan lensa kacamata untuk kebutuhan mata minus atau silinder.

Perhatikan Warna Lensa yang Pas

(Foto : alicdn.com)

Warna lensa bisa sangat mempengaruhi performa pandangan mata. Jika kaca mobil menggunakan kaca film yang gelap, baiknya pilih lensa yang lebih berwarna. Misalnya biru muda, merah muda atau cokelat muda. Sebaliknya jika kaca film mobil tidak terlalu gelap, maka lebih baik pilih lensa kacamata dengan warna hitam. Cara ini berfungsi untuk mengurangi silau saat berkendara.

Pilih Ukuran Sesuai Bentuk Wajah

(Foto : https://webassets.inman.com/)

Pastikan kacamata Anda berada di posisi yang sempurna. Jangan sampai turun dari hidung. Jika merosot, Anda perlu sedikit membungkuk, tentu ini cukup mengganggu karena harus memperbaiki kembali posisinya. Kacamata harus berukuran pas, tapi jangan pula terlalu ketat. Jika terlalu ketat, Anda akan merasakan sakit pada belakang telinga bahkan menjadi pusing di kepala.

Itulah 4 tips memilih kacamata untuk mengemudi. Nah, bagaimana dengan sunglasses Anda, apa sudah cocok digunakan untuk berkendara? K-Link Indonesia merekomendasikan K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses untuk menemani perjalanan Anda. Fitur proteksi pada kacamata ini membantu penglihatan Anda lebih nyaman.

K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses dilengkapi lensa anti UV dan anti blue light. Bagian depan lensa menggunakan teknologi REVO yang efektif memblok sinar UV. Ditambah metode Vacuum Forming yang efektif melindungi mata dari bahaya negatif sinar UV. K-Ion Nano Premium 7 Sunglasses memiliki desain ergonomis dengan dukungan frame yang solid menambah kenyamanan bagi penggunanya. Pilihan model frame Half-Rim dan Wayfarer cocok digunakan saat mengemudi atau menemani aktivitas outdoor Anda!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi