Selain Meningkatkan Fungsi Otak, Ini Ragam Manfaat DHA dan EPA bagi Anak

Siapa sih yang tidak mau punya anak cerdas, tentu semua orang tua menginginkannya. Untuk memiliki buah hati yang cerdas, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Bukan hanya sekadar cara mendidik dan pola asuh, Anda juga harus mendukungnya dengan memberikan nutrisi yang tepat, seperti DHA dan EPA untuk meningkatkan fungsi otak si kecil.

DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) adalah nutrisi yang merupakan bagian dari asam lemak omega-3. Sementara itu, omega-3 sendiri adalah komponen yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung, daya tahan tubuh hingga meningkatkan fungsi otak. DHA dan EPA akan membantu meningkatkan fungsi otak anak, kemampuan belajar dan daya ingatnya.

Dilansir dari sehatq.com, setiap harinya anak membutuhkan sekitar 0,12 – 1,3 gram DHA dan EPA. Keduanya bisa didapatkan dari berbagai makanan yang saat ini sudah banyak tersedia, seperti pada ikan kakap putih, ikan salmon, udang, rumput laut dan sebagainya. Namun tahukah Anda, selain untuk meningkatkan fungsi otak anak, DHA dan EPA memberikan manfaat lain, di antaranya:

1. Membantu Melawan Penyakit Autoimun

Kondisi ini terjadi saat sistem imun tubuh bukannya menyerang virus atau bakteri penyebab penyakit, tapi malah menyerang sel sehat dan membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan. Omega-3, termasuk DHA dan EPA, dinilai bisa membantu mengurangi gejala dan keparahan penyakit ini, terutama jika diberikan sejak dini saat masih usia anak-anak.

​2. Mengurangi Keparahan Asma

Omega-3 sendiri dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan asma pada anak. Sebuah penelitian dilakukan pada 29 orang anak dengan riwayat asma, disebutkan bahwa mengonsumsi minyak ikan selama 10 bulan secara teratur terbukti bisa meringankan gejala asma yang muncul.

​3. Membantu Penyerapan Vitamin

Jangan khawatir jika tubuh anak sulit mencerna vitamin yang masuk ke dalam tubuh secara maksimal. Nyatanya, dengan mengonsumsi DHA dan EPA bisa membantu penyerapan vitamin yang hanya dapat larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K.

​4. Baik untuk Otak dan Mata

Penelitian menjelaskan hubungan antara manfaat DHA dan EPA dengan ketajaman mata dan pembentukan otak. DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata. DHA dan EPA juga berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif serta pembentukan otak secara menyeluruh pada si kecil. Pada otak orang dewasa, DHA dan EPA bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Itu lah ragam manfaat DHA dan EPA bagi anak selain dari meningkatkan fungsi otak. Sumber DHA dan EPA juga bisa Anda dapatkan pada suplemen atau multivitamin seperti K-Kids. Terlebih jika anak tergolong picky eater atau memiliki alergi terhadap makanan yang merupakan sumber DHA dan EPA. K-Kids mengandung nutrisi lengkap seperti omega-3 (kaya DHA), cod liver oil, vitamin A dan vitamin D untuk memelihara kesehatan serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Kebaikan omega-3 di dalamnya berasal dari ikan salmon yang tinggi kandungan DHA dan EPA untuk meningkatkan fungsi otak, sehingga si kecil tumbuh sehat dan cerdas. Anda juga bisa menjaga kesehatan mata anak dengan kacamata K-Ion Nano Kids, terlebih di masa pandemi yang mengharuskan anak sekolah dengan cara daring. Kandungan ion negatif dan sinar infra merah jarak jauh di dalamnya membantu mengurangi radiasi, memaksimalkan suplai oksigen ke area mata dan mencegah mata kering, sehingga kesehatan mata si kecil bisa terjaga.

Jadi tunggu apa lagi, mulai dari sekarang, lengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan kebaikan K-Kids. Jaga juga kesehatan mata si kecil dengan K-Ion Nano Kids(Angga/Jody)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi