Tips Perawatan Rambut ala Salon yang Bisa Dilakukan di Rumah

Rambut adalah mahkota, mungkin pepatah tersebut sudah tidak asing lagi didengar. Tak heran jika seseorang terutama perempuan menghabiskan biaya dan waktunya untuk melakukan perawatan rambut di salon demi menjaga kesehatan dan keindahan rambut. 

Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini, mungkin pergi ke salon menjadi hal yang dipertimbangkan oleh banyak orang. Ya, banyak orang khawatir pergi ke salon karena takut tertular Virus Corona. Imbas pandemi COVID-19 juga membuat sebagian besar salon tutup untuk sementara. Eits, tak perlu khawatir, Ladies. Meski di rumah aja, Anda tetap bisa merawat rambut seperti di salon. Simak tips perawatan rambut ala salon yang bisa dilakukan di rumah berikut ini:

1. ​Nutrisi Rambut Sebelum Keramas

Pernah mendengar istilah pre-pooPre-poo adalah ritual sebelum mencuci rambut dengan sampo untuk memberikan nutrisi yang lebih lengkap. Pre-poo dilakukan dengan mengoleskan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun secara merata di area kepala. Oleskan 1-2 sendok makan minyak selama kurang lebih 2 jam sebelum mencuci rambut, sambil dipijat agar rambut indah ala salon makin lembut. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan K-Desert Miracle Extra Virgin Olive Oil yang merupakan minyak zaitun dengan tingkat kemurnian yang tinggi. Minyak zaitun ini juga kaya akan vitamin, sehingga baik untuk nutrisi rambut dan kulit kepala.

2. ​Spa dengan Handuk Hangat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Treatment ini berguna untuk membuka pori-pori kulit kepala, sehingga nutrisi dalam minyak dapat terserap maksimal ke dalam kulit kepala. Manfaat lain menggunakan handuk hangat di kepala adalah membuat kepala lebih rileks. Celupkan handuk Anda ke dalam air hangat dan peras, lalu bungkus handuk tersebut ke kepala Anda. diamkan selama 6 sampai 8 menit.

3. ​Bilas Rambut dengan Air Hangat di Awal

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Setelah spa dengan handuk hangat, lakukan pembilasan rambut dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuka kutikula rambut, sehingga sampo yang diaplikasikan akan menyerap dengan sempurna. Sama seperti di salon yang memiliki pilihan air hangat dan dingin, karena kedua jenis air tersebut memang memberikan manfaat yang berbeda pada rambut.

4. ​Gunakan Sampo yang Tepat

Pilih sampo yang cocok dengan jenis rambut Anda. Jika rambut Anda rontok dan menunjukkan tanda-tanda kebotakan, Anda bisa mencoba K-BeauCareline Hair Rejuve Shampoo. Kandungan ekstrak ginseng di dalamnya mampu menutrisi kulit kepala, serta membantu mengatasi kebotakan. Selain berfungsi sebagai sampo, K-Beaucareline Hair Rejuve Shampoo juga berguna sebagai conditioner yang bisa melembapkan dan menutrisi helaian rambut. Aplikasikan sampo, Jangan lupa untuk menggosok kulit kepala secara perlahan. Setelah itu ratakan penggunaan sampo.

5. ​Bilas Rambut dengan Air Dingin

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Saat melakukan pembilasan, untuk membersihkannya, lebih direkomendasikan menggunakan air dingin, karena membantu proses penutupan kutikula rambut, sehingga rambut akan lebih lembut saat kering.

6. ​Gunakan Hair Tonic

Setelah rambut setengah kering, aplikasikan hair tonic pada kulit kepala. Semprotkan hair tonic pada kulit kepala dan akar rambut 4-5 kali. Pijat lembut agar tonic menyerap sempurna. Untuk memaksimalkan perawatan rambut agar menjadi lebih lebat, Anda bisa menggunakan K-BeauCareline Hair Rejuve Tonic. Bahan alami seperti multi peptide, ekstrak ginseng dan multivitamin di dalamnya menjadi formula sempurna untuk mencegah rambut rontok.

7. ​Aplikasikan Serum

Setelah menggunakan hair tonic, aplikasikan serum pada ujung rambut agar rambut tetap lembap. Untuk melengkapi rangkaian perawatan, Anda bisa menggunakan K-BeauCareline Hair Rejuve Serum. Acetyl tetrapeptide-3 yang terkandung di dalamnya membantu merawat rambut yang tipis dan mudah rontok, sehingga mendukung pertumbuhan rambut yang baru. Setelah pemakaian Hair Rejuve shampoo dan Hair Rejuve Tonic, pastikan rambut dalam keadaan kering. Teteskan 2 pompa pipet K-BeauCareline Hair Rejuve Serum di kulit kepala yang bermasalah. Pijat dengan lembut dan ulangi dua kali sehari.

8. ​Gunakan Hair Styling

​Sudah hampir jadi! Last but not leasthair dryer atau catokan bisa Anda gunakan untuk membentuk tampilan rambut ala salon. Jika Anda berambut lurus, gunakan hair dryer dan sisir blow supaya tampilan rambut lebih memiliki volume dan mengembang. Jika rambut Anda keriting atau mengembang dan ingin tampilan rambut yang lurus, disarankan untuk menggunakan catokan setelah rambut dikeringkan dengan hair dryer. Nah, untuk wanita berhijab atau pria, cukup gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut untuk tampilan lebih segar.

Itu lah 8 tips perawatan rambut ala salon yang bisa dilakukan di rumah. So, mau rambut sehat dan cantik ala salon ternyata bisa dilakukan di rumah saja kan? Yuk, manjakan diri Anda dengan perawatan rambut ala K-BeauCareline Hair Rejuve Series, selamat mencoba! (Venny/Jody/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi