Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

Sebagian dari kita pasti pernah mengalami kulit wajah yang mengelupas. Hal ini tentu mengganggu penampilan, sehingga mengurangi rasa percaya diri seseorang. Perlu diketahui sebelumnya bahwa kulit wajah yang mengelupas adalah proses normal yang terjadi sebagai respons tubuh untuk membuang lapisan kulit mati.

Namun, proses kulit wajah yang mengelupas terkadang diikuti dengan gejala seperti ruam, gatal dan kering yang membuat seseorang semakin tidak nyaman dengan kondisi tersebut.

Lantas, apa sih yang menjadi penyebab kulit wajah terkelupas? Berikut uraiannya yang dikutip dari laman alodokter.com:

1. Terbakar Sinar Matahari

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Jika terlalu sering terkena sinar matahari, kulit akan memerah, terasa sakit dan panas ketika disentuh. Beberapa hari kemudian, lapisan kulit yang rusak akan mengelupas dan kulit mulai sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini mungkin membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

​2. Kulit Terlalu Kering

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Bagi yang memiliki masalah kulit kering, kamu berisiko tinggi mengalami pengelupasan kulit, terutama jika terus-menerus terkena air panas, cuaca sangat panas dan dingin, sinar matahari, serta penggunaan produk skincare atau make up yang mengandung zat iritatif.

​3. Alergi

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Beberapa orang mengalami alergi pada kulit. Ketika kulit wajah bersentuhan dengan alergen (zat pemicu alergi), kulit bisa bereaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang ditimbulkan mungkin bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam atau melepuh.

​4. Atopik Dermatitis (Eksim)

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Eksim bersifat kronis (jangka panjang) dan cenderung sering kambuh secara berkala. Penyebab eksim tidak bisa diketahui secara pasti, tapi sering dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri Staphylococcus aureus, dan faktor genetik.

​5. Produk Skincare atau Makeup yang Tidak Cocok

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Produk perawatan wajah yang tidak cocok juga bisa menyebabkan kulit mengelupas sebagai reaksi iritasi terhadap bahan yang terkandung di dalamnya. Dalam bidang kedokteran, keadaan kulit seperti ini dinamakan dermatitis kontak iritan, yaitu suatu inflamasi atau peradangan pada kulit yang timbul akibat zat iritan kimiawi.

Memilih produk skincare atau makeup yang tepat, penting untuk mencegah terjadinya pengelupasan kulit. Sebaiknya, hindari penggunaan produk yang mengandung, alkohol, benzoil peroksida dan parfum, karena akan membuat semakin kering. Terkait dalam hal ini,K-Beaucareline Whitening Series menjadi salah satu pilihan skincare yang tepat. Selain dapat mencegah dan mengatasi pengelupasan kulit wajah, skincare ini juga membantu mencerahkan kulit wajah.

K-Beaucareline Whitening Series menggunakan bahan aktif dari Spanyol yang bekerja mengurangi dampak-dampak ekstrem seperti pengelupasan, bruntusan, iritasi, dan efek negatif lainnya.  Berikut kandungan lainnya yang terdapat dalam K-Beaucareline Whitening Series.

  • Panthenol
    Kandungan yang membantu mengontrol efek negatif yang ditimbulkan oleh stres oksidatif pada kulit, seperti kemerahan, garis-garis halus, dan kulit kasar.
  • Caviar Lime Pearl Extract
    Kandungan yang berfungsi untuk menginduksi pengelupasan kulit lembut untuk kulit yang lebih halus.
  • Hamamelis virginiana (witch hazel) extract
    Kandungan yang dapat membantu memperbaiki kulit yang pecah, dan melawan bakteri.
  • Ethyl Ascorbic Acid
    Kandungan yang terbukti efektif untuk mencerahkan kulit.
  • Collagen
    Kandungan yang bertindak sebagai agen pelindung, pelembap, anti penuaan dan anti-stres.
  • Plankton Extract
    Kandungan yang dapat meningkatkan kecerahan kulit secara keseluruhan.
  • Niacinamide(vit b3)
    Kandungan yang memiliki sifat anti jerawat. Memperkuat perlindungan kulit, membantu menjaga agar kulit tetap terhidrasi, membantu menyeimbangkan kondisi kulit yang disebabkan oleh age spots, membantu menghilangkan bekas noda jerawat dan membantu menyehatkan kulit yang bermasalah.
  • Chromabright 
    Formula yang telah disempurnakan pada skincare ini dapat membantu mencerahkan kulit dan merataan warna kulit.

Dengan berbagai kandungan tersebut, K-Beaucareline Whitening Series menjadi skincare tepat untuk mencegah, membantu mengatasi pengelupasan kulit wajah serta mencerahkan kulit wajah! (Firly/Isti/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi