Kenali Apa Itu Kandungan Salicylic Acid dan Manfaatnya

Salicylic acid atau asam salisilat adalah asam nabati yang dipanen dari sumber botani seperti pohon willow putih. Asam ini adalah asam beta hidroksi atau yang kita dengar sebagai BHA dalam produk skincare. Salicylic acid lebih larut dalam minyak, sehingga dapat menembus lebih dalam ke dalam pori-pori kulit, untuk membuka sumbatan dalam pori pori, dan tentunya bermanfaat untuk mengatasi beragam gangguan kulit.

Melansir dari allure.com, Randy Schueller, dermatologis asal Chicago menjelaskan, “salicylic acid adalah beta hydroxy acid, yang berarti bagian hidroxy molekul dipisahkan dari bagian asam dengan dua atom karbon, sebagai lawan dari asam alfa hidroxy di mana mereka dipisahkan oleh satu atom karbon.” Salicylic acid sendiri sudah digunakan sejak 2 ribu tahun lalu yang kini banyak ditemukan dalam kandungan produk-produk kecantikan.

​Lalu apa saja sih manfaat kandungan salicylic acid? Berikut informasi selengkapnya yang dikutip dari dari berbagai sumber:

1. Mengobati jerawat

berjerawat

​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Zat ini memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat. Terlebih, salicylic acid juga cocok untuk diaplikasikan ke jerawat whitehead dan blackhead, meskipun jenis jerawat ini suka mengumpat di pori-pori wajah.

​2. Mengeksfoliasi kulit

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Dilansir dari laman How Stuff Works, salicylic acid berfungsi sebagai eksfoliator sel kulit mati yang menjadi penyebab umum munculnya jerawat. Sue Ann Wee, dermatologis di New York City juga mengatakan, bahwa salicylic acid dapat menyembuhkan dengan menyingkirkan sel kulit mati, serta membantu memusnahkan komedo hitam.

​3. Membersihkan lapisan kulit secara optimal

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Fungsi lainnya dari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid adalah mendapatkan kulit bersih. Pasalnya, salicylic acid dapat membersihkan kulit hingga ke beberapa lapisan di bawah kulit. Tidak heran jika salicylic acid juga dikenal sebagai deep cleanser agent.

​4. Mencegah produksi sebum berlebih

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Menggunakan produk yang mengandung salicylic acid di dalamnya dapat mencegah jerawat semakin parah. Hal ini disebabkan oleh salicylic acid yang ampuh dalam mengurangi produksi sebum berlebih. Apalagi, minyak menjadi salah satu penyebab umum dari jerawat.

Nah, salah satu perawatan wajah yang memiliki kandungan salicylic acid adalah K-Care Olive Love. Produk ini memiliki beberapa rangkaian untuk perawatan harian serta mingguan, yaitu milk cleanser, facial wash, toner, moisturizer dan peel off mask.

K-Care Olive Love

Selain salicylic acid, kandungan dalam rangkaian produk K-Care Olive Love antara lain: olive oil, castor oil, tea tree oil, dan lemon extract. Kandungan tersebut tentu bermanfaat untuk mengangkat minyak dan kotoran yang menempel pada wajah yang dapat mengakibatkan jerawat. Lemon extract di dalamnya pun dapat membuat wajah Anda kembali bersih dan segar.

Yuk, gunakan rangkaian perawatan wajah dengan K-Care Olive Love agar kulit wajahmu lebih sehat dan terbebas dari jerawat. (Venny/Rahma)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi