Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Agar Awet Muda

Munculnya noda hitam, kulit mulai kendur dan keriput sebelum waktunya menjadi tanda penuaan dini yang bisa jadi disebabkan oleh kurangnya produksi kolagen pada kulit.

Kolagen adalah bentuk protein yang terdapat pada jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan sistem pencernaan. Zat ini juga membantu memperbaiki sel-sel, menjaga elastisitas kulit dan membantu pergantian sel kulitmati.

Selain karena usia, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab turunnya produksi kolagen pada kulit, di antaranya sebagai berikut yang dikutip dari berbagai sumber:

  • Paparan Matahari
sunlight

(Foto: ​https://www.freepik.com)

Paparan sinar UV dari matahari yang berkepanjangan dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin. Akibatnya, kulit kehilangan kelenturan, sehingga menjadi kendur dan keriput.

  • Mengonsumsi Gula Berlebih

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Gula dalam darah akan menempel pada protein untuk membentuk molekul baru bernama Advanced Glycation End products (AGEs). Molekul ini bisa merusak kolagen dan elastin.

  • Kurang Asupan Vitamin C

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Kurang asupan vitamin C akan menurunkan kadar kolagen dalam tubuh, yang kemudian berpotensi menimbulkan berbagai masalah pada kulit, misalnya kulit kasar dan kering.

  • Merokok

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Nikotin juga menyebabkan pembuluh darah di lapisan terluar kulit menyempit, merusak aliran darah ke kulit Anda dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, pucat atau bernoda. Garis-garis halus dan keriput dapat mulai terlihat.

  • Kurang tidur

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat berpengaruh pada penuaan dini dan kulit yang tampak kusam. Hal ini diduga terjadi karena dampak kurang tidur pada sistem kekebalan tubuh, sehingga merusak kolagen di dalam kulit.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Di antaranya dengan cara mengonsumsi makanan yang memicu produksi kolagen, seperti makanan yang mengandung zat asam amino esensial yang ditemukan pada susu, daging, telur, dan ikan serta mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C.

Selain itu, menggunakan skincare yang tepat juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan produksi kolagen. Kamu bisa menggunakan pelembap Original Raw Black Jam dalam skincare harianmu.

ORIGINAL RAW BLACK JAM

Produk unggulan dari K-Link ini mengandung beberapa jenis ganggang (alga) biru, hijau dan cokelat di dalamnya, kaya akan protein dan mineral yang membuat kulit kencang. Kandungan zat besi yang 58 kali lebih banyak dari sayuran bayam dan 18 lebih tinggi dari daging dalam pelembap ini juga membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, Original Raw Black Jam mengandung vitamin A, C dan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas, melawan tanda penuaan dan mengurangi masalah pada kulit. Dengan tekstur gel dan cair ini memudahkan Original Raw Black Jam meresap pada jaringan kulit dan mengikat nutrisi pada jaringan kulit.

Pelembap dari Korea ini dapat membantu meningkatkan sel lemak dan kolagen pada jaringan kulit yang memberikan efek mengisi kulit, sehingga kulit terlihat berisi, kenyal dan tampak awet muda. Yuk, tingkatkan produksi kolagen yang bikin kulit wajah tampak awet muda dengan menggunakan Original Raw Black Jam! (Diah/Isti/Rahma)


Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Akademi Inspiradzi